.

Senin, 12 November 2018

Pencemaran Udara

Oleh : Faisal Rafi Prayogo
(K06-Faisal)

Abstrak
    Pencemaran udara sangat sulit dihindari pada zaman sekarang ini. Karena sudah banyak sekali polutan yang dihasilkan dari pabrik industri, kendaraan bermotor dan lain sebagainya. Pencemaran udara menurut catatan Salim (2002) adalah masuknya atau dimasukkannya zat, energi dan atau komponen lain ke dalam udara oleh kegiatan manusia, sehingga mutu udara turun sampai ke tingkat tertentu yang menyebebkan atau mempengaruhi kesehatan manusa. Polutan menurut Soedmo (2001) adalah suatu zat atau bahan yang menyebabkan terjadinya polusi.
Kata Kunci : Pencemaran Udara, Polutan
    Dalam udara terdapat berbagai zat seperti sulfur dioksida, karbon dioksida, nitrogen oksida, senyawa organik volatil(VOC), partikulat, ozon, chlorofluorocarbons(CFC), pembakaran hidrokarbon tidak sempurna, lgam berat yang menyebabkan kualtas udara menurun karena zat tersebut. Di Indonesia kualitas udara menurun akibat pembakaran sampah, asap kendaraan dan juga debu. secara umum penyebab pencemaran udara ada 2 secara alami dan buatan manusia. pencemaran udara buatan manusia adalah asap kendaraan, asap rokok, asap pabrik. secara alami adalah debu yang terhembus angin dan juga abu vulkanik dar letusan gunung meletus.
    Jika kita melihat banyak sekali penyebab pencemaran udara yang akan mengakibatkan kepada diri kita sendiri seperti sesak nafas, kesehatan kulit, penyakit asma, penyakit batuk, menggangu pandangan mata jika ada asap, memicu terjadi hujan asam, menimbulkan stress, terjadinya pemanasan global, menganggu pada pertumbuhan tumbuhan.
    Kita sudah mengehatui penyebab pencemaran udara dan akibatnya. kita juga harus tahu cara penanggulangannya seperti :
1. Melakukan penyuluhan kepada masyarakat bahwa udara sangat penting bagi kehidupan kita
2. Menegakkan kembali perundang-undangan tentang lingkungan
3. menggunakan alat atau bahan yang lebih ramah lingkungan agar tidak mengotori udara
4. tidak melakukan penggundulan hutan, jika sudah gundul kita harus melakukan reboisasi.
5. ikut serta dalam menjaga lingkungan terutama udara
6. mengganti bahan bakar kendaraan bermotor menjadi bahan bakar yang ramah lingkungan.
    Itulah setidaknya sedikit cara penanggulangan pencemaran udara walaupun hanya beberapa persen. kita sebagai masyarakat harus menjaga dan melindungi kesehatan lingkungan. karena jika kita tidak memperdulikan atau menjaganya makanya lingkungan kita akan terasa tidak nyaman dan akan kumuh pula.

DAFTAR PUSTAKA
Anonim. 2018. Dengan artikel " Pencemaran Udara – Pengertian, Penyebab, dan Dampak Polusi Udara" dan http://pengertianparaahli.com/pencemaran-udara-dan-polusi-udara/ . Diakses pada 12 Npember 2018.
Anonim. 2017. Dengan artikel "Pencemaran Udara : Pengertian, Penyebab, Dampak, Polutan dan Penanggulangannya" dan https://lingkunganhidup.co/pencemaran-udara-pengertian-penyebab-dampak-solusi/ . Diakses pada 12 Nopember 2018.
As'ari, Fuad. 2018. Dengan artikel "Pencemaran Udara" dan https://pollutiononmyearth.weebly.com/pencemaran-udara.html . Diakses pada 12 Nopember 2018.
Fatwa, Desy. 2015. Dengan artikel "Polusi Udara : Penyebab, Dampak, dan Upaya Menanggulanginya" dan https://ilmugeografi.com/ilmu-bumi/udara/polusi-udara-penyebab-dampak-dan-upaya-menanggulanginya . Diakses pada 12 Nopember 2018.
Hidayat, Atep Afia dan Kholil, Muhammad. 2018. "Kimia dan Pengetahuan Lingkungan Industri" Cetakan 1. Yogyakarta. Penerbit Wahana Resolusi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.