.

Minggu, 18 November 2018

Pencemaran Air Dapat Merusak Ekosistem Mahkluk Hidup


Dibuat oleh : Karlen Alfani Ariesta ( @K07-Karlen )

Abstrack : Water is one source of life. Water also has a vital function in life. This is because almost all compilers of the human body are water. In addition, water is used for daily needs such as for bathing, washing clothes and cooking utensils as well as for irrigation, etc.


Kata Kunci : Pencemaran, pencemaran air, dan air.

Isi :
Air merupakan salah satu sumber kehidupan. Air juga memiliki fungsi yang sangat vital dalam kehidupan. Hal ini dikarenakan hampir seluruh penyusun tubuh manusia adalah air. Selain itu, air digunakan untuk kebutuhan sehari – hari seperti untuk mandi, mencuci baju dan peralatan masak serta untuk pengairan dan lain – lain.

https://www.google.co.id/url?sa=i&source=images&cd=&cad=rja&uact=8&ved=2ahUKEwjrnLq67dzeAhUGbo8KHT9OBs4QjRx6BAgBEAU&url=https%3A%2F%2Fwww.mnn.com%2Fearth-matters%2Fwilderness-resources%2Fstories%2Fnew-ocean-garbage-patch-discovered&psig=AOvVaw2D8_6e7m3FTkglIQMOs7f4&ust=1542593138653027

Pencemaran air adalah, perubahan zat atau kandungan di dalam air baik itu air yang ada di sungai, danau maupun air di lautan luas bahkan saat ini juga sudah terdapat pencemaran pada air tanah. Penyebab dari pencemaran air ini lebih banyak diakibatkan oleh ulah manusia. Hal ini tentunya sangat berbahaya jika dibiarkan saja dan tidak mendapatkan pencegahan karena air baik itu di dalam sungai, danau, laut dan air tanah merupakan salah satu bagian dari siklus hidrologi. Ada berbagai fungsi dari air yang sangat membantu kehidupan manusia karena selain bisa menjadi sumber dari kehidupan juga mampu membungan segala sedimen dan juga polutan.
Ada beberapa sumber pencemaran air, antara lain ; limbah indsutri biasanya dari pabrik, limbah pertanian, dan limbah rumah tangga. Hal ini disebabkan ketika ada berbagai polutan atau limbah yang masuk ke dalam air maka bakteri pembusuk harus bekerja lebih keras dan membutuhkan oksigen lebih banyak sehingga kandungan oksigen di dalam air dapat berkurang drastis dan membuat makhluk hidup di sekitarnya menjadi kekurangan oksigen dan bisa menimbulkan berbagai jenis penyakit serta berujung pada kematian. Selain dampak tersebut jika berbagai limbah terus dibuang ke dalam air maka bisa menyumbat aliran air itu sendiri sehingga dapat menjadi penyebab banjir pada musim hujan.

Lalu, ada beberapa penyebab pencemaran air antara lain ;
1.      Adanya peningkatan kandungan nutrient yang terjadi pada air sehingga mengarah pada adanya esutrofikasi
2.      Adanya pembuangan sampah organik, yang biasanya dihasilkan oleh limbah rumah tangga seperti halnya air comberan yang dibuang begitu saja ke air dapat membuat oksigen di dalam air menjadi berkurang dan terganggu sehingga makhluk hidup air juga akan mengalami gangguan pada kehidupannya serta ruang publik untuk kehidupan. Jika ini terus berlanjut maka akan dapat menyebabkan kerusakan ekosistem air.
3.      Industri yang membuang limbahnya secara sembarangan ke dalam air, padahal di dalam limbah tersebut terdapat berbagai zat kimia yang sangat berbahaya seperti logam berat, minyak, nutrein, limbah organic dan juga padatan. Seperti halnya pada limbah rumah tangga, limbah industri ini juga memiliki efek termal yaitu mampu menghilangkan oksigen di dalam air yang mampu merusak ekosistem air. Selain itu jika air sudah bercampur dengan limbah zat kimia maka tidak bisa digunakan lagi oleh semua makhluk hidup termasuk manusia karena sudah tidak aman lagi dan memiliki racun di dalamnya.
Nah disamping penyebab – penyebab diatas ada beberapa akibat dari pencemaran air;
1.      Pencemaran dapat menyebabkan banjir
2.      Pencemaran air juga dapat menyebabkan erosi tanah serta media lainnya yang sangat berbahaya bagi kehidupan manusia
3.      Terjadinya kelangkaan air karena air sudah mengalami pencemaran dan tidak dapat digunakan lagi nantinya

Pencemaran air dapat dapat ditanggulangi, pencemaran air adalah persoalan yang terus berkelanjutan karena senantiasa terdapat interaksi antara manusia dengan sumberdaya air. Terdapat tiga strategi untuk menanggulangi pencemaran air, yitu melalui strategi pendidikan, hukum, dan ekonomi ( Woodford, 2015; Hidayat, 2011 ):

1.      Pendidikan
Hampir semua orang berperan dalam pengrusakan ekosistem. Cara berfikir, kebiasaan, sikap dan karakter sebagaian besar manusia belum bersahabat dengan ekosistem. Melalui penerapan pendidikan lingkungan, baik secara formal maupun non formal diharapkan cara berfikir, kebiasaan, sikap dan karakter sebagian besar manusia berubah, menjadi lebih “hijau”, lebih peduli kepada ekosistemnya.

2.      Hukum
Pencemaran air yang terjadi di lautan yang disebabkan indsutri di sebuah negara, akan berdampak terhadap wilayah pesisir negara lainnya. Untuk mengatur persoalan lingkungan yang mungkin timbul lintas negara, maka dibuatlah peraturan mengenai lingkungan yang berlaku global, mulai di Konvernsi Internasional untuk Pencegahan Pencemaran dari Kapal ( 1978 ), Konvensi PBB tentang Hukum Laut ( 1982), Konvensi Perlindungan Lingkungan Lau Atlantik ( 1998 ), dan sebagainnya.

3.      Ekonomi
Sebagian besar ahli lingkungan sudah menyetujui bahwa cara terbaik untuk mengatasi pencemaran lingkungan, termaksuk pencemaran air ialah dengan menerapkan prinsip pencemar membayar. Sebagaimana contoh kasus kapal tenker Exxon Valdez yang menumpahkan minyak di Teluk Alaska,  maka pemilik perusahaan diwajibkan membayar ganti rugi sekaligus membersihkan tumpahan minyak disepanjang wilayah yang terkontaminasi. Lalu begitu pula dalam bidang perdagangan ritel yang ditandai dengan penggunaan kantong plastik ( kresek ) bersifat gratis dan berlimpah, sehinga barang apa pun yang dibeli selalu disertai dengan kantong plastik. Plastik – plastik itu sebagian besar menimbulkan dampak buruk bagi sumberdaya perairan, baik air permukaan maupun air tanah. Oleh sebab itu perlu ada ketentuan bahwa konsumen harus membeli kantung plastik, supaya memiliki nilai ekonomi, dan tidak dibuang sembarangan.

Daftar Pustaka
·         Anonim., “ Pencemaran Air : Pengertian, Sumber, Jenis dan Akibat”, [online], (https://ilmugeografi.com/ilmu-bumi/hidrologi/pencemaran-air ,diakses 17 November 2018 )
·         Anonim., “Pencemaran Lingkungan : Pencemaran Air, Udara dan Tanah”, [online], (https://ilmugeografi.com/ilmu-sosial/pencemaran-lingkungan ,diakses 17 November 2018 )
·         Harmayani, Diana,  Kadek., Kosukartha., “ PENCEMARAN AIR TANAH AKIBAT PEMBUANGAN LIMBAH DOMESTIK DI LINGKUNGAN KUMUH”, Jurnal Permukiman Tanah, Vol. 5, No. 2, Agustus 2007, “ file:///C:/Users/karti/Downloads/3037-1-4248-1-10-20121115.pdf ,diunduh 17 November 2018 “
·         Hidayat , Atep Afia., dan Kholil, Muhammad. 2018. Kimia Industri dan Teknologi Hijau. Jakarta. Wahana Resolusi
·         Nurlita, Shafira., “Penyebab Pencemaran Air Beserta Solusi untuk Mengatasinya !”, [online], (https://www.youtube.com/watch?v=hJuHF7AVxPA&t=11s ,diakses 17 November 2018 )
·         Suryabrata. S., 1998, “Metode Penelitian”,  Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, [online], (http://digilib.unila.ac.id/12831/17/BAB%20III.pdf ,diakses 17 November 2018 )
·         Warlina, Lina., 6  Juni 2004, “ PENCEMARAN AIR: SUMBER, DAMPAK DAN PENANGGULANGANNYA”, [online], (http://www.rudyct.com/PPS702-ipb/08234/lina_warlina.pdf ,diakses 17 November 2018 )



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.