.

Minggu, 18 November 2018

IKATAN KIMIA

Oleh : @Kel-K06, @K17-Natalia, @K19-Luthfiah


   A.     Pengertian Ikatan Kimia
Ikatan kimia adalah gaya tarik menarik yang kuat antara atom-atom tertentu bergabung membentuk molekul atau gabungan ion-ion sehingga keadaannya menjadilebih stabil. Dua atom atau lebih dapat membentuk suatu molekul melalui ikatankimia. Ikatan kimia terjadi karena penggabungan atom-atom, yang membentukmolekul senyawa yang sesuai dengan aturan octet.
B.      Jenis-Jenis Ikatan Kimia

1. Ikatan Ion

Ikatan ion terbentuk akibat adanya melepas atau menerima elektron oleh atom-atom yang berikatan. Atom- atom yang melepas elektron menjadi ion positif (kation) sedang atom-atom yang menerima elektron menjadi ion negatif (anion). Ikatan ion biasanya disebut ikatan elektrovalen. Senyawa yang memiliki ikatan ion disebut senyawa ionik. 
Senyawa ionik biasanya terbentuk antara atom-atom unsur logam dan nonlogam. Atom unsur logam cenderung melepas elektron membentuk ion positif, dan atom unsur nonlogam cenderung menangkap elektron membentuk ion negatif. Contoh : NaCl, MgO, CaF2, Li2O, AlF3.


Sifat-sifat fisika senyawa ionik pada umumnya:

1. pada suhu kamar berwujud padat;
2. struktur  kristalnya keras tapi rapuh;
3. mempunyai titik didih dan titik leleh tinggi;
4. larut dalam pelarut air tetapi tidak larut dalam pelarut organik;
5. tidak menghantarkan listrik pada fase padat, tetapi pada fase cair (lelehan) dan larutannya menghantarkan listrik.

       2. Ikatan Kovalen

Ikatan kovalen terjadi karena pemakaian bersama pasangan elektron oleh atom-atom yang berikatan. Pasangan elektron yang dipakai bersama disebut pasangan elektron ikatan (PEI) dan pasangan elektron valensi yang tidak terlibat dalam pembentukan ikatan kovalen disebut pasangan elektron bebas (PEB). Ikatan kovalen umumnya terjadi antara atom-atom unsur nonlogam, bisa sejenis (contoh: H2, N2, O2, Cl2, F2, Br2). Senyawa yang hanya mengandung ikatan kovalen disebut senyawa kovalen.
Berdasarkan lambang titik Lewis dapat dibuat struktur Lewis atau rumus Lewis. Struktur Lewis adalah penggambaran ikatan kovalen yang menggunakan lambang titik Lewis di mana PEI dinyatakan dengan satu garis atau sepasang titik yang diletakkan di antara kedua atom dan PEB dinyatakan dengan titik-titik pada masing-masing atom.


3        3. Ikatan Logam

Ada beberapa definisi tentang ikatan logam, yaitu:
-Ikatan logam adalah suatu kekuatan utama yang menyatukan atom-atomlogam.
-Ikatan logam adalah ikatan kimia dimana gaya antar atomnya terbentukkarena penggunaan elektron bersama-sama tetapi tanpa memiliki arahyang tertentu.-
 -Ikatan logam merupakan akibat dari adanya tarik menarik muatan positifdari logam dan muatan negatif dari elektron yang bergerak bebas.
Ikatan logam terjadi karena adanya delokalisasi elektron. Sebagaimana telahdiketahui bahwa unsur logam mempunyai sedikit elektron valensi sehinggakulit terluar atom logam relatif longgar. Kejadian seperti itu memungkinkanelektron valensi dapat berpindah-pindah. Mobilitas elektron dalam logamsangat bebas, menyebabkan elektron dapat berpindah dari satu atom ke atomlain, atau disebut juga delokalisasi. Elektron-elektron valensi yang mengalamidelokalisasi tersebut membentuk satu awan yang membungkus ion-ion positiflogam di dalamnya.

C.      Geometri Molekul

Geometri molekul berkaitan dengan susunan ruang atom-atom dalam molekul.Molekul diatomik memiliki geometri linear; Molekul triatomik dapat bergeometrilinear atau bengkok; Molekul tetraatomik bergeometri planar (datar sebidang) atau piramida. 
Semakin banyak atom penyusun molekul, semakin banyak pulageometrinya.Geometri molekul dapat ditentukan melalui percobaan. Namun demikian, molekul-molekul sederhana dapat diramalkan geometrinya berdasarkan pemahaman tentangstruktur elektron dalam molekul.

Contoh Soal :
1. Pasangan senyawa di bawah ini yang merupakan senyawa ion adalah …
a.        NaCl dan KBr
b.      CH4 dan NH3
c.       SO2 dan HCl
d.       H2O dan KBr
e.        KCl dan HCl

Jawab: a Syarat ikatan ion: golongan I A / II A berikatan dengan VI A / VII A
Na dan K golongan I A
Cl dan Br golongan VII A

Daftar Pustaka :
Aditya, Joshua. 2014. Makalah Kimia ‘Ikatan Kimia’. (https://www.academia.edu/9027631/MAKALAH_KIMIA_IKATAN_KIMIA, diakses tanggal 18 November 2018)
Krisnadwi. 2017. Ringkasan Matei Ikatan Kimia. (https://bisakimia.com/2017/08/15/ringkasan-materi-ikatan-kimia/, diakses tanggal 18 November 2018)
Anonim. 2016. Ikatan Kimia. (https://ipa-area.blogspot.com/2016/09/materi-kimia-kelas-x-ikatan-kimia.html, diakses tanggal 18 November 2018)
Anonim. 2012. Soal-Soal tentang Ikatan Kimia. (http://mazzaziz-the-alchemist.blogspot.com/2012/06/soal-soal-tentang-ikatan-kimia-dan.html, diakses tanggal 18 November 2018)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.