.

Senin, 12 November 2018

DAMPAK PENCEMARAN UDARA


Oleh : Muhammad Irvin R (K01-Irvin)

Abstrak : Pencemaran udara yaitu rusaknya / terkontaminasi nya udara yang ditimbulkan oleh zat ,energy atau aktifitas lain yang disebabkan oleh manusia sehingga menimbulkan udara yang tidak sehat serta polusi dan udara menjadi sangat berbahaya untuk di hirup ke dalam tumbuh serta bisa menimbulkan penyakit penyakit lainnya.

Kata Kunci : udara , pencemaran ,dampak

Isi : Sumber pencemaran udara terdiri dari dua sumber yaitu :
1.      Sumber pencemaran udara alamiah, misalnya akibat letusan gunung berapi. Bisa juga kebakaran hutan, nitfrikasi dan denitfrikasi biologi

2.      Sumber pencemaran udara dari manusia . sumber pencernaan jenis ini misalnya dari transportasi , emisi pabrik. Zat penyebab pencemaran udara yang bersumber dari kegiatan manusia antara lain karbon monoksida , oksida sulfur , oksida nitrogen , partikulat ,hidrokarbon ,dan oksida fotokimia termasuk ozon .

Macam macam pencemaran udara yaitu :

1.      Pencemaran udara primer subtansi pencemaran ditimbulkan langsung dari sumber pencemaran . karbon monoksida adalah salah satu pencemar udara primer karena ia merupakan hasil pembakaran .

2.      Pencemaran udara sekunder yaitu subtansi pencemar terbentuk dari subtansi pencemar pencemar primer di atmosfer . pembentukan ozon di dalam proses fotokimia adalah contoh pencemaran sekunder . atmosfer adalah sebuah system yang kompleks dinamik dan rapuh .
Ada banyak sekali rupa gangguan kesehatan yang akan ditimbulkan dari adanya polusi udara ini, secara lebih lengkap dan jelas, berikut ini merupakan dampak dari adanya polusi udara:

§  Terjadinya gangguan pernafasan seperti misal gangguan paru- paru
§  Mengganggu kesehatan kulit, sehingga kulit akan nampak kusam, elastisitas merosot, penuaan dini, keruput dini, flek hitam, hingga penyakit kanker kulit.
§  Menyebabkan kambuhnya penyakit asma
§  Menimbulkan penyakit batuk
§  Mengganggu pandangan (misalnya asap kebakaran hutan yang ada di Sumatera)
§  Menimbulkan stress dan juga cepat naik emosi
§  Memicu terjadinya hujan asam.
§  Menimbulkan terjadinya pemanasan global
§  Mengganggu pertumbuhan tanaman

Kesimpulan
           Jadi sebagaimana efek yang di berikan oleh pencemaran udara sangat lah berbahaya baik dari kesehatan dan alam sekitar. Untuk itu marilah kita mencegah atau manggulanginya supaya dampak dari pencemaran udara berkurang dan menjadikan udara yang lebih sehat dan berkualitas baik .

Daftar Pustaka
Anonym. 2017. Pencemaran udara :penegrtian ,penyebab ,dampak ,polutan , dan penaggulangannya
Anonym. 2016. Polusi udara penyebab dampak dan solusi
Sugiarti. Jurnal chemica vol. 10 nomor 1 2009. Gas pencemaran udara dan pengaruh bagi kesehatan
Afif Budiyono. Berita dirgantara vol 2, no. 1 2001. Pencemaran udara : dampak pencemaran udara









Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.