.

Kamis, 15 November 2018

Air lagi air lagi

Oleh : Arnando (@J14-Arnando, @proyekJ07)
Definisi Pencemaran Air
Pada dasarnya pencemaran air ini merupakan tercampurnya zat atau unsur yang dimana pencampuran tersebut menyebabkan kondisi air menjadi buruk dan berbahaya bagi kelangsungan mahluk hidup.
Tempat-tempat pencemaran air ini juga ada di beberapa tempat, misalnya seperti sangai, laut, danau, dan sejumlah besar lingkungan perairan. Pada dasarnya jika dalam keadaan yang optimal alam sendiri bisa memperbaiki sistem yang sudah tercemar oleh polutan tadi, sehingga tidak membahayakan mahluk hidup Seperti halnya ketika kalian sedang menuangkan air kopi atau sebuah tinta hitam kedalam perairan seperti sungai ataupun danau, maka air atau tinta itupun akan hilang seketika. Disitulah terjadinya pembersihan air dari polutan yang masuk kedalamnya. Sebab air kopi dan tinta tidaklah memiliki kandungan kimia yang tidak begitu membahayakan untuk mahluk hidup. Dan pada tingkat seperti itu tidak mungkin bahan-bahan tersebut dapat menyebabkan sebuah masalah yang dapat mengganggu kehidupan. Akan tetapi karena volume dari polutan tersebut melebihi batas kemampuan alam sendiri, menjadikan alam tidak bisa mengolah dan menetralkan polutan tersebut, dan jadilah sebuah pencemaran air yang sangat parah. Yang dimana pencemaran tersebut menjadi pengganggu atau perusak siklus lingkungan dan kehidupan.

Penyebab pencemaran air

  1. Pencemaran Air akibat sampah
  2. Pencemaran Air akibat kegiatan pertanian
  3. Pencemaran Air akibat limbah industri

Dampak Pencemaran air
Beberapa orang berpendapat bahwa aktivitas manusia yang tak bisa terhindarkan ketika mereka berpendapat bahwa jika mereka ingin mendapatkan sejumlah pendapatan yang tinggi polusi atau pencemaran mestilah tidak dapat dihindari. Dengan kata lain polusi merupakan sebuah kejahatan yang harus dilakukan jika mereka ingin membuat suatu kemajuan. Dengan alasan perekonomian mereka merusak stabilitas alam dengan apa yang mereka jalankan. Seperti beberapa akibat dari pencemaran air berikut ini:

Musnahnya spesies
Karena dampaknya yang sangat hebat dari pencemaran ini mengakibatkan matinya sebuah spesies yang sangat penting bagi keberlangsungan alam. Seperti predator air yang memakan plankton maupun hewan parasit yang lainya yang menyebabkan keseimbangan lingkungan terganggu.

Gangguan siklus keseimbangan alam
Oleh sebab banyaknya predator yang mati karena limbah tersebut mengakibatkan membeludaknya hama yang tidak dapat dikendalikan. Karena hal itu bisa menyebabkan gangguan mulai dari jaring-jaring makanan dan mengganggu sistem rantai makanan.

Media penyebaran penyakit
Karena rusaknya rantai makanan tadi di karenakan adanya pencemaran air, dampak yang lebih signifikan adalah air yang sudah tercemar tersebut menjadi wadah untuk menyebarkan penyakit.


Pencegahan pencemaran air
Dalam kasus pencemaran lingkungan seperti ini tidak ada cara yang langsung mudah untuk digunakan. Ada beberapa faktor yang menyebabkan proses itu sulit mulai dari pendidikan, perekonomian, dan hukum. Dari beberapa problematika tersebut menjadikan alasan utama kenapa terjadinya pencemaran lingkungan.

Pendidikan cinta lingkungan
Membuat orang tersadar akan pentingnya cinta lingkungan sangatlah sulit. Bahkan di negara-negara yang sudah maju saja kesulitan untuk menangani kasus ini, pentingnya pendidikan cinta lingkungan sangatlah di butuhkan. Terutama sedari awal mengajarkan kepada generasi muda untuk mencintai dan merawat alam untuk bisa dijadikan bekal untuk masa depan. Bukan hanya itu saja pengkampanyean cinta lingkungan di masyarakat sendiri jugalah penting.

Penguatan peraturan dan hukum
Salah satu solusi yang bisa digunakan untuk mengurangi polusi atau pencemaran ini merupakan menggukan media hukum sebagai tameng utama. Karena banyaknya pelanggaran yang terjadi di kalangan dunia industri bukan hanya di Indonesia bahkan di lintas negara sangatlah banyak. Penggunaan peraturan perundang-undangan yang ketat dan hukum yang tajam adalah salah satu cara untuk memberikan efek jera kepada pelaku pencemaran lingkungan.

Pengawasan perusahaan industri
Selain penggunaan peraturan dan hukum terkadang masih bisa terjadi celah yang digunakan oleh pengusaha perindustrian. Maka dari itu melakukan pengawasan secara langsung terhadap usaha industri adalah salah satu cara yang bagus untuk menekan jumlah polutan yang di keluarkan oleh sentra industri tersebut.Selain itu juga pengawasan itu juga bisa menjadi sarana pengontrolan zat yang tidak bisa di buang secara langsung atau bisa dikatakan zat yang harus di olah terlebih dahulu.

Kampanye reboisasi
Ini merupakan salah satu faktor yang sangat penting dimana pelaksanaan penghijauan yang harus di gencarkan dimana-mana. Karena dengan penggunaan pohon ini merupakan salah satu sarana untuk meminimalisir terjadinya pencemaran dan bencana lanjutan. Karena sebab banyak pohon yang di tebang sirkulasi air mulai terganggu, hingga selain menjadikan keadaan semakin parah di bagian pencemaran bisa juga menjadikan bencana yang membahayakan mahluk.Bencana yang bisa di akibatkan salahnya adalah terjadinya banjir dan erosi bahkan terjadi longor karena jarang ada penguat dalam sistem tanah yang di aliri oleh air.

Daftar Pustaka
Anonymous (2010). Pencemaran Air. From http://id.wikipedia.org/wiki/Pencemaran_air/ , diakses 13 November 2018.
Anonymous (2008). Water Pollution. From http://en.wikipedia.org/wiki/Water_pollution/ , diakses 13 November 2018.
Faruq, Umar (2010). Makalah Pencemaran Air. From http://henithree.student.umm.ac.id/ 2010/01/23/makalah-pencemaran-air/, diakses 13 November 2018.
Kartika (2010). Makalah Polusi Air. From http://k4rti3k4.student.umm.ac.id/2010/01/22/ makalah-polusi-air/, diakses 13 November 2018.
Meitina, Nunung (2008). Polusi Air Oleh Logam. From http://empatbelas.forumotion.com /artikel-f20/polusi-air-oleh-logam-t531.htm/, diakses 13 November 2018.
Firman, Muhammad (2009). Cara Atasi Polusi Air Di Negara Berkembang. From http://teknologi.vivanews.com/news/read/68548-cara_atasi_polusi_air_di_negara_ berkembang/, diakses 13 November 2018.
Chandrataruna, Ahmad (2010). Apa Penyebab Polusi Air?. From http://id.shvoong.com/ exact-sciences/astronomy/2011490-apa-penyebab-polusi-air/, diakses 13 November 2018

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.