.

Senin, 15 Oktober 2018

Reduce Light Pollution!

Oleh : Muhammad Bayu Adji (@J17-Bayu)


Kimia lingkungan merupakan bidang ilmu yang mempelajari proses kimia dalam lingkungan yang dipengaruhi aktivitas manusia.
Pencemaran lingkungan merupakan efek dari perubahan yang tidak diinginkan dalam lingkungan, yang secara langsung berpengaruh buruk terhadap kondisi tumbuhan, hewan dan manusia. Kondisi lingkungan sangat berpengaruh dengan tingkat kesejahteraan dan kesehatan populasi manusia

Kata Kunci : pencemaran, lingkungan sehat, kimia lingkungan

Apa Itu Pencemaran Cahaya?
Pencemaran cahaya merupakan salah satu jenis polusi. Definisi dari polusi cahaya adalah "dampak buruk akibat cahaya buatan manusia". Polusi cahaya biasanya berarti intensitas cahayanya terlalu besar. Polusi cahaya adalah efek samping dari industrialisasi. Polusi cahaya berasal dari pencahayaan eksterior dan interior bangunan, papan iklan, properti komersial, kantor, pabrik, lampu jalan dan stadion. Polusi cahaya dapat dibagi menjadi dua tipe, yaitu:
·       Cahaya tak menyenangkan yang mengganggu alam atau cahaya rendah
·       Cahaya berlebihan (biasanya di dalam ruangan) yang mengganggu dan berefek pada gangguan kesehatan
Pengaruh lain dari adanya polusi cahaya adalah pertumbuhan industri. Sumber polusi cahaya meliputi cahaya pembangunan exterior dan interior, reklame, properti komersil, kantor, perusahaan, cahaya jalan, dan penerangan tempat olahraga.

Dampak dari Pencemaran Cahaya
1.     Pada Penelitian Astronomi
Langit yang terkena polusi cahaya akan nampak terang sehingga bintang - bintang atau benda - benda langit lain yang seharusnya bisa terlihat menjadi tidak terlihat. Sekarang Komplek Observatorium Bosscha di Lembang mengalami masalah dalam melaksanakan tugasnya melakukan pengamatan bintang. Hal ini dikarenakan oleh cahaya-cahaya lampu yang berasal dari kota Bandung dan desa kecil Lembang. Bintang menjadi tampak berkedip cepat berkas cahayanya, hal ini menandakan turunya kualitas cahaya pada suatu waktu.
2.     Pada Hewan
Serangga yang terbang di sekitar lampu bersama dengan serangga lainnya lama kelamaan akan kelelahan, buta, atau bahkan mati terpanggang karena kepanasan. Sebuah studi di Amerika menemukan bahwa rata-rata setiap lampu jalan di malam hari bisa membunuh sekitar 150 serangga. Jika satu tahun berarti sekitar 54.750 serangga dibunuh oleh sebuah lampu. Bayangkan seandainya ada 50 buah lampu dalam satu kompleks, berarti ada 2.737.500 ekor serangga yang terbunuh dalam satu tahun. Bagaimana pula jika kita hitung juga lampu di seluruh kota, seluruh negara, dan sampai seluruh dunia, pasti akan ratusan juta serangga yang mati.
Pada saat sekarang ini, cahaya benda-benda langit semakin kalah dan redup dengan semakin terangnya cahaya buatan dari perkotaan. (Anonim, 2010) Cahaya buatan dari gedung-gedung pencakar langit telah mengecoh penginderaan burung-burung sehingga banyak burung yang mati menabrak dinding ataupun kaca gedung tersebut, hal ini terjadi di Toronto, lebih dari 1000 ekor dari 89 spesies mati hanya dalam kurun waktu 3 bulan. Penyu yang hendak bertelur yang biasanya mencari pantai gelap semakin sulit mencari tempat yang tepat akibat pemukiman di pinggir pantai. Tumbuhan yang mekar pada malam haripun ikut terganggu aktivitas penyerbukannya. Karena suasana terlalu terang, kupu-kupu menjadi terganggu untuk melakukan penyerbukan. Hal ini sudah jelas bahwa polusi udara menyebabkan ekosistem ikut terganggu. Menurut penelitian, cahaya buatan pada malam hari dapat menurunkan tingkat kualitas air di danau. Dengan menurunnya kualitas air, maka banyak vitoplankton dan zooplankton yang mati. Hal ini menyebabkan ikan-ikan kehilangan makanannya. Jika sudah begitu, rantai makanan akan terganggu. Dengan begini tentu semua pihak akan ikut dirugikan.
3.     Pada Manusia
Terangnya cahaya malam membuat siklus hormon dalam manusia menjadi sedikit berubah, dan perubahan ini memberi kontribusi yang sangat besar terhadap kesehatan dan psikologi manusia. Menurut penelitian di Eropa menunjukkan bahwa ada kaitan antara wanita yang berada di lingkungan berpolusi cahaya dengan kanker payudara. Selain itu masih banyak hal - hal lain yang masih diteliti dampaknya.Ketika kita tidur, tubuh kita menghasilkan hormon Melatonin. Hormon ini banyak manfaatnya, diantaranya untuk mengatur jam tidur dan mencegah stress. Namun, pembentukan hormon ini terhambat dengan adanya cahaya. Jadi, dianjurkan untuk mematikan lampu saat tidur biar sehat dan tidak gampang stres.
4.     Pada Lingkungan
Polusi cahaya memiliki dampak negatif terhadap lingkungan, terutama lingkungan perkotaan malam hari. Polusi cahaya menyebabkan adanya pemborosan energi listrik di perkotaan. Hal ini dikarenakan sumber-sumber polusi cahaya seperti lampu taman, papan reklame, dan sumber-sumber lainnya tidak efektif dalam penggunaan cahaya dan mempengaruhi jumlah energi yang dilepaskan ke lingkungan menjadi tidak efektif.

Penanggulangan/ Cara Mengatasi
1.  Mulai dengan saklar lampu. Cara termurah, paling jelas dan paling efektif untuk mengurangi polusi cahaya adalah dengan mulai membalikkan keadaan. Nyalakan lampu saat Anda membutuhkannya, atau gunakan pencahayaan portabel.
2.  Tanyakan kepada perusahaan listrik untuk mengetahui apakah ada kemungkinan ditagih untuk lampu uap sodium jahat di jalan.
3.   Pertimbangkan untuk mengganti lampu luar dengan perlengkapan yang dirancang dengan cerdas dan berkilauan rendah.
4.    Gunakan sensor gerak pada lampu luar ruangan. Pencahayaan menggunakan sensor lebih efisien dibanding menggunakan switch atau timer manual. Saklar yang sensitif gerakan akan menerangi serambi dan trotoar ketika Anda harus bergerak di sekitar setelah gelap. Mereka akan membayar sendiri dalam waktu yang cukup singkat.
5.     Ganti lampu energi tinggi konvensional dengan CFL atau lampu LED yang efisien.



DAFTAR PUSTAKA

2018.Polusi Udara.wikipedia.org dalam https://id.wikipedia.org/wiki/Polusi_cahaya
Atep Afia dan Muhammad Kholil.2018.Kimia dan Pengetahuan Lingkungan Industri.Yogyakarta: Wahana Resolusi
Baskind, Chris.2018.5 ways you can reduce light pollution.mnn.com dalam https://www.mnn.com/your-home/remodeling-design/stories/5-ways-you-can-reduce-light-pollution
Nurfarida, Laila, Yusup, Pawit Muhammad, Komariah, Neneng.2017.Tingkat Pengetahuan Masyarakat Sekitar Observatorium Bosscha Lembang Mengenai Polusi Cahaya. Dalam http://jurnal.unpad.ac.id/jkip/article/view/11327
Pencemaran.wikipedia.org dalam https://id.wikipedia.org/wiki/Pencemaran

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.