.

Senin, 15 Oktober 2018

PENCEMARAN AIR


Air merupakan suatu kebutuhan utama dalam kelangsungan kehidupan manusia. Setiap harinya manusia pasti memiliki kebutuhan akan air bersih, untuk minum, mencuci, atau pun menbersihkan diri dan juga untuk irigasi, binatang, dan tumbuhan. Bisakah kita bayangkan jika air besih tidak ada lagi? Banyaknya pencemaran air dimana-mana membuat kita harus sadar dan mulai untuk berbenah diri.


Pencemaran adalah masuk atau dimasukkannya mahluk hidupzatenergi dan/ atau komponen lain ke dalam air atau udara. Pencemaran juga bisa berarti berubahnya tatanan (komposisi) air atau udara oleh kegiatan manusia dan proses alam, sehingga kualitas air/ udara menjadi kurang atau tidak dapat berfungsi lagi sesuai dengan peruntukkannya.
Untuk mencegah terjadinya pencemaran terhadap lingkungan oleh berbagai aktivitas industri dan aktivitas manusia, maka diperlukan pengendalian terhadap pencemaran lingkungan dengan menetapkan baku mutu lingkungan.
Sementara itu definisi dari pencemaran air adalah kerusakan yang terjadi pada air yang disebabkan adanya perubahan kandungan dalam air baik itu di danau, sungai maupun laut.
Perubahan kondisi air tersebut mempengaruhi tingkat zat air yang menjadikan kondisi air tersebut melewati batas air yang layak untuk digunakan.
Kita bisa lihat dari daerah-daerah yang padat penduduk dimana sungai-sungai sudah tercemar, banyaknya sampah plastik dan rumah tangga yang dibuang di tepi sungai.

Berikut ini adalah beberapa sumber pencemaran air:
·         Limbah industri biasanya dari pabrik
·         Limbah pertanian
·         Limbah rumah tangga
Mengapa berbagai sumber pencemaran air ini berbahaya? Hal ini disebabkan ketika ada berbagai polutan atau limbah yang masuk ke dalam air maka bakteri pembusuk harus bekerja lebih keras dan membutuhkan oksigen lebih banyak sehingga kandungan oksigen di dalam air dapat berkurang drastis dan membuat makhluk hidup di sekitarnya menjadi kekurangan oksigen dan bisa menimbulkan berbagai jenis penyakit serta berujung pada kematian. Selain dampak tersebut jika berbagai limbah terus dibuang ke dalam air maka bisa menyumbat aliran air itu sendiri sehingga dapat menjadi penyebab banjir pada musim hujan.
Salah satu bahan pencemar di laut ada lah tumpahan minyak bumi, akibat kecelakaan kapal tanker minyak yang sering terjadi. Banyak organisme akuatik yang mati atau keracunan karenanya. (Untuk membersihkan kawasan tercemar diperlukan koordinasi dari berbagai pihak dan dibutuhkan biaya yang mahal. Bila terlambat penanggulangan-nya, kerugian manusia semakin banyak. Secara ekologis, dapat mengganggu ekosistem laut.
Akibat dari  pencemaran air :
·         Dapat menyebabkan banjir
·         Erosi
·         Kekurangan sumber air
·         Dapat membuat sumber penyakit
·         Tanah Longsor
·         Dapat merusak Ekosistem sungai
·         Kerugian untuk Nelayan

Cara penanggulangan pencemaran air :
·         Mempertahankan daerah resapan air
·         Tidak membuang sampah sembarangan
·         Tidak menggunakan deterjen dan bahan kimia lainnya secara berlebih
·         Mengubah dari pupuk kimia ke pupuk organik
·         Mengolah limbah cair dari industri atau pabrik
·         Menangkap ikan tanpa bahan peledak

Daftar Pustaka :
Anonim. 2015. Pencemaran Lingkungan. Dalam :https://ilmugeografi.com/ilmu-sosial/pencemaran-lingkungan
Hermawati, Henhen.2009. Pencemaran Air. Dalam : http://hend-learning.blogspot.com/2009/04/pencemaran-lingkungan.html
Wikipedia. Pencemaran. Dalam: https://id.wikipedia.org/wiki/Pencemaran
Wikipedia. Pencemaran Air. Dalam: https://id.wikipedia.org/wiki/Pencemaran_air

Zen, Mas. 2018. Pencemaran Air. Dalam:  https://hamparan.net/pencemaran-lingkungan/#1_Pencemaran_Air



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.