.

Selasa, 11 September 2018

Lingkungan Disekitar Industri Kimia



Oleh : 
Karlen Alfani Ariesta
( @ProyekK01 , @K07-Karlen )

Abstrak
Industri kimia adalah, perindustrian yang merujuk kepada industri yang terlibat dalam produksi zat kimia. Industri ini menggunakan proses kimia, termasuk reaksi kimia untuk membentuk zat baru, pemisahan berdasarkan sifat seperti kelarutan atau muatan ion, dan metode - metode lain.

Kata Kunci
Industri ,industri kimia ,dan pencemaran lingkungan.

Latar Belakang
Terlebih dahulu kita akan menjabarkan mengenai penegrtian industri , menurut Hidayat dan Kholil ( 2017 )  “ Industri merupakan suatu kelompok usaha dan proses yang mengubah bahan baku menjadi produk yang berguna atau mempunyai nilai tambah , serta produk tersebut dapat digunakan secara langsung oleh konsumen sebagai pengguna akhir dan produk tersebut disebut dengan produk akhir”.
Ada yang memberikan definisi lain , bahwa industri adalah suatu kegiatan pengolahan bahan mentah atau barang setengah jadi menjadi barang yang memiliki nilai tambah.
Lalu apa itu industri kimia ? “Industri kimia merujuk pada suatu industri yang terlibat dalam produksi zat kimia.” Menurut wikipedia ( 2018 )
Dalam perindustrian kimia menghasilkan beberapa produk , yaitu  polimer dan plastik, terutama polietilena, polipropilena, polivinil klorida, polietilena tereftalat, polistirena dan polikarbonat. Menurut blog chemistricks.
Industri kimia juga memproduksi bahan kimia industri , organik dan anorganik, produk keramik, petrokimia, polimer, karet, minyak, lemak, peledak, dan aroma buatan seperti minyak wangi dan sejenisnya.
Dalam pembuatan produk – produk tersebut pasti menggunakan bahan – bahan kimia dan proses kimia ,seperti reaksi kimia dalam bentuk padat,cair,maupun gas . Proses – proses tersebut terjadi didalam sebuah pabrik yang pabrik itu akan mengeluarkan limbah . Limbah tersebut akan mengalir ke sungai ,tanah ,atau air yang dapat menyebabkan sebuah pencemaran lingkungan.

Permasalahan
            Saya akan membahas beberapa permasalahan pencemaran lingkungan disekitar perindustrian kimia ,yaitu pencemaran air ,penyebab dari pencemaran air antara lain limbah bekas pencampuran bahan kimia.
            Biasanya pabrik industri kimia berada di hulu yang limbah nya akan mengalir kesawah lalu air sawah menjadi kotor ,dan sawah pun tidak tumbuh dengan subur.
            Lalu ada lagi pencemaran udara , penyebabnya ialah asap dari proses pencampuran bahan kimia didalam industri tersebut yang akan mengakibatkan udara di sekitar lingkungan tersebut menjadi tidak bagus karena udara disitu akan tercampur dengan zat kimia.

Solusi
Ada beberapa solusi yang dapat mengatasi pencemaran lingkungan disekitar perindustrian kimia , yaitu dengan cara filtrasi ( Penyaringan ) , penyaringan menggunakan media penyaring terutama untuk menjernihkan dan memisahkan partikel-partikel kasar dari limbah cair.
Lalu ada lagi , dengan cara biologi yaitu pemusatan molekul kompleks menjadi molekul sederhana. Proses ini sangan peka terhadap faktor suhu, pH, oksigen terlarut ,dan zat-zat beracun. Mikroorganisme yang digunakan untuk pengolahan limbah adalah bakteri, algae atau protozoa.

Kesimpulan
            Jadi kesimpulannya, lingkungan di sekitar perindustrian kimia sangatlah tercemar sehingga perlu perhatian dari pemerintah untuk mekakukan tindakan yang lebih baik lagi dalam meningkatkan pelestarian lingkungan sekitar perindustrian kimia.

Daftar Pustaka


8 komentar:

  1. @K03-Syaiful
    Judul menarik. cara penulisannya benar sesuai dengan isinya dan lengkap. Mind map nya mudah di mengerti dan kreatif. Kontennya kutip sesuai dengan sumbernya.
    Nilai: 78

    BalasHapus
  2. @K02-Erlangga

    Judul hebat, penulisan sudab sangat baik sudah seusai isi konten dari judulnya,kutipan sudah baik dan jelas darimana sumbernya, kreatif sekali

    Nilai: 78

    BalasHapus
  3. ( @K08-Ryan )
    Judul : menarik perhatian
    Tata tulis : tersusun rapih
    Konten : masih harus di perbaiki
    Mind map : sudah bagus
    Nilai : 75

    BalasHapus
  4. Judul : Sudah bagus dan menarik
    Tata tulis : kurang rapih lebih baik untuk penulisannya rata kanan kiri agar terlihat rapih
    Konten : menarik
    Mind mapnya : cukup bagus
    Nilai : 77

    BalasHapus
  5. @K05-Risza

    Judul mudah dimengerti.
    Penulisan sudah sangat rapi.
    Kutipan sudah jelas beserta narasumbernya.

    Nilai:78

    BalasHapus
  6. @K25-Syahida

    1.judul yang menarik
    2.tata tulis : sangat menarik dan daftar pustaka sangat lengkap
    3. Sangat kutipan
    4.sangat kreatif dan menarik

    Nilai :80

    BalasHapus
  7. @K09-Nia

    Artikelnya bermanfaat, tata tilis juga sudah baik, sumbernya pun tertulis jelas dari mana. Nilai 78

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.