.

Sabtu, 18 Agustus 2018

Pencemaran air


Pencemaran Air



Abstrak

Pencemaran air adalah suatu perubahan keadaan di suatu tempat penampungan air seperti danau, sungai, lautan dan air tanah akibat aktivitas manusia. Menurut Keputusan Menteri Negara Kepedudukan dan Lingkungan Hidup No.02/MENLH/I/1998, yang dimaksud dengan polusi/pencemaran air adalah masuk/dimasukkannya makhluk hidup, zat, energi, dan atau komponen lain kedalam air/udara oleh kegiatan manusia atau oleh proses alam, kurang atau tidak dapat berfungsi lagi dengan peruntukannya.

Keywords : pencemaran air, zat, energi

Penyebab pencemaran air

1.      Limbah manusia
Berdasarkan data dari WHO tahun 2013, ternyata 780 juta penduduk tidak memiliki akses terhadap air bersih. Sedangkan 2,5 miliar ternyata tidak memiliki sanitasi yang layak. Dari data tersebut sudah dapat diduga bahwa sebagian limbah manusia memasuki Kawasan perairan tanpa mengalami pengolahan terlebih dahulu, sehingga terjadi pencemaran terhadap air permukaan dan air bawah tanah.
2.      Limbah Nutrisi
Bersamaan dengan sisa sisa pemupukan dari lahan pertanian, limbah yang dialirkan ke perairan seperti laut, sungai dan danau, akan menjadi sediaan unsur hara atau nutrisi yang berlebih bagi jenis jenis alga dan plankton yang bersifat biotoksin, sehingga mendominasi permukaan air yang dikenal dengan harmful algal bloom.
3.      Air Limbah
Limbah cair merupakan limbah yang berwujud cair. Limbah cair terlarut dalam air, selalu berpindah, dan tidak pernah diam. Contoh limbah cair adalah air bekas cucian, air bekas pencelupan warna pakaian, dll.
4.      Limbah Kimia
Beberapa contoh limbah kimia yang menimbulkan pencemaran air adalah polychlorinated biphenyls (PCB), cadmium (Cd), merkuri (Hg), Timbal (Pb), dan Arsen (As)
5.      Limbah Radioaktif
Limbah dibebaskan dan limbah tingkat yang sangat rendah (VLLW), mengandung bahan radioaktif yang dianggap tidak berbahaya bagi orang lain ataupun sekitar; Limbah tingkat rendah (LLW) dihasilkan dari rumah sakit dan industry, serta siklus bahan nuklir; Limbah tingkat menengah (ILW) mengandung jumlah radioaktif yang tinggi; Limbah tingkat tinggi (HLW) muncul dari pembakaran uranium sebagai bahan bakar di reaktor nuklir.
6.      Limbah minyak
Minyak yang merembes ke dalam tanah dapat menutupnya supllai oksigen dan meracuni mikroorganisme tanah sehingga mengakibatkan kematian mikroorganisme.
7.      Limbah plastic
Limbah plastic mengancam keberadaan air tanah, terutama dengan kemampuannya menghalangi infiltrasi air hujan masuk ke dalam pori pori tanah

Dampak Pencemaran air
1.      Kesehatan manusia
2.      Kerusakan ekosistem
3.      Kematian hewan
4.      Biaya ekonomi

Cara Menanggulangi Pencemaran Air
1.      Pendidikan
2.      Hukum
3.      Ekonomi

Daftar pustaka

Hidayat, A.A. 2011. Penghancuran Ekosistem Global. Open Content ITS.
Kristanto, P. 2002. Ekologi Industri. Penerbit Andi. Yogyakarta
NOAA. Harmful Algal Bloom (HAB). National oceanic and Atmospheric Administration.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.