.

Sabtu, 18 Agustus 2018

PENCEMARAN AIR AKIBAT LIMBAH RUMAH TANGGA @ProyekG06

ABSTRAK
Sungai merupakan salah satu sumber daya alam yang bersifat mengalir dari hulu (pegunungan) ke hilir. Sungai sangat bermanfaat bagi manusia dan juga bermanfaat bagi biota air. Banyaknya pabrik dan industri rumah tangga tentunya menimbulkan dampak positif dan negatif di kalangan masyarakat sekitar. Dampak positif dari banyaknya industri ini, tentunya akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan akan mengurangi angka pengangguran di Indonesia, yang selama ini juga menjadi masalah besar bagi Indonesia. Akan tetapi dampak negatif ini yang menjadi fokus utama karena merugikan masyarakat dan lingkungan  yaitu akan terjadi pencemaran, baik pencemaran air, tanah dan udara. Saat ini air sungai menjadi masalah yang perlu mendapatkan perhatian serius, karena air telah tercemar oleh limbah – limbah dari berbagai hasil kegiatan manusia terutama industri.
PENDAHULUAN
Sebagian besar penduduk tinggal di pinggiran sungai, orang-orang ini selalu membutuhkan air sungai untuk keperluan sehari-hari. Akibat dari sungai yang tercemar ini, tidak sedikit penduduk yang mengalami sakit yang cukup memprihatinkan bahkan sampai meninggal. Limbah industri yang seharusnya diolah untuk tidak mencemari lingkungan, tetapi dibuang ke sungai begitu saja tanpa perlakuan lebih lanjut. Sungguh miris rasanya melihat hal ini yang sebenarnya disebabkan oleh manusia itu sendiri.
Seiring dengan berjalan waktu, berita-berita mengenai pencemaran sungai semakin banyak dan semakin menjadi pusat perhatian. Krisis air juga tejadi di hampir seluruh Pulau Jawa dan sebagian Pulau Sumatera, terutama di kota-kota besar baik akibat pencemaran limbah cair industri, rumah tangga ataupun pertanian. Sungai yang tercemar di Pulau Jawa contohnya yaitu Sungai Citarum, Sungai Cimahi, dan Sungai Cibeureum. Pencemaran sungai di banyak wilayah di Indonesia telah mengakibatkan terjadinya krisis air bersih. Kurangnya kesadaran warga sekitar serta lemahnya pengawasan pemerintah untuk melakukan penegakan hukum yang benar menjadikan masalah pencemaran sungai menjadi hal yang kronis yang semakin lama semakin parah. Diharapkan semua masyarakat dapat bekerja sama untuk memecahkan masalah ini dan dapat menjadikan sungai menjadi lebih bersih seperti dulu.

PEMBAHASAN
Pencemaran air adalah suatu perubahan keadaan di suatu tempat penampungan air seperti danau, sungai, lautan dan air tanah akibat aktivitas manusia. Walaupun fenomena alam seperti gunung berapi, badai, dan gempa bumi juga mengakibatkan perubahan yang besar terhadap kualitas air, hal ini tidak dapat disalahkan sebagai penyebab pencemaran air. Menurut Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 82 Tahun 2001, Tentang Pengelolaan Kualitas Air Dan Pengendalian Pencemaran Air. Pencemaran air adalah masuknya atau dimasukannya makhluk hidup, zat, energi, dan atau komponen lain ke dalam air oleh kegiatan manusia, sehingga kualitas air turun sampai ke tingkat tertentu yang menyebabkan air tidak dapat berfungsi sesuai dengan peruntukannya. Air yang tercemar secara fisik dapat dilihat adanya perubahan dari warna asli, walaupun dapat juga tidak tampak perubahan yang nyata.
Industri-industri di Indonesia semakin berkembang, baik jumlah, teknologi, tingkat produksi maupun limbah yang dihasilkan. Industri-industri khususnya yang berada di dekat aliran sungai cenderung akan membuang limbahnya ke dalam sungai yang dapat mencemari ekosistem air, pembuangan limbah industri ke sungai – sungai dapat menyebabkan berubahnya susunan kimia, bakteriologi serta fisik air. Polutan yang dihasilkan oleh pabrik dapat berupa :
  1. Logam berat : timbal, tembaga, seng dan lain-lain.
  2. Panas air yang tinggi temperaturnya sulit menyerap oksigen yang pada akhirnya akan mematikan biota air.
Jumlah aliran air limbah yang berasal dari industri sangat bervariasi tergantung dari jenis dan besar kecilnya industri, pengawasan pada proses industri, derajat penggunaan air, derajat pengolahan air limbah yang ada. Limbah industri yang tidak diolah terlebih dahulu sangat mencemari air sungai. Jenis limbah ini bergantung pada jenis industrinya, misalnya zat warna dari pabrik tekstil, sampah organik dari pabrik pulp/kertas, dan merkuri dari industri tertentu. Pembuangan limbah cair ke perairan berpotensi mencemari lingkungan. Akibatnya senyawa raksa, merkuri yang terlarut dalam air masuk melalui rantai makanan dari mikroorganisme ke ikan kemudian ke manusia yang mengkonsumsinya. Ini merupakan salah satu penyebab kematian.
Oleh karena itu dibutuhkan kesadaran dari semua masyarakat untuk mencegah hal ini terjadi. Banyak hal yang bisa kita lakukan sebagai cara penanggulangan pencemaran air antara lain:
  1. Sadar akan kelangsungan ketersediaan air dengan tidak merusak atau mengeksploitasi sumber mata air agar tidak tercemar.
  2. Tidak membuang sampah ke sungai.
  3. Mengurangi intensitas limbah rumah tangga.
  4. Melakukan penyaringan limbah pabrik sehingga limbah yang nantinya bersatu dengan air sungai bukanlah limbah jahat perusak ekosistem.
  5. Pembuatan sanitasi yang benar dan bersih agar sumber-sumber air bersih lainnya tidak tercemar.
Dengan cara ini akan berhasil jika semua pihak dapat ikut serta untuk tidak mencemari sungai kita bersama.
KESIMPULAN
Pencemaran air adalah masuknya suatu zat, energi maupun komponen lainnya baik berupa makhluk hidup maupun benda mati ke dalam air yang menyebabkan penurunan kualitas air sehingga air tidak dapat berfungsi sebagai mana mestinya. Umumnya, air yang tercemar memiliki beberapa ciri yaitu seperti perubahan warna, rasa, bau, dan menjadi keruh. Sungai merupakan salah satu sumber air yang dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan hidup makhluk hidup sehari – hari. Manfaat sungai sangat vital untuk semua makhluk hidup. Usaha pelestarian sungai dapat dimulai dari hal yang terkecil seperti tidak membuang sampah sembarangan hingga ke yang terbesar yaitu tidak membuang limbah langsung ke sungai. Jika kualitas sungai baik, kesehatan makhluk hidup juga menjadi baik, karena sungai juga merupakan salah satu sumber mata air.

DAFTAR PUSTAKA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.