.

Sabtu, 18 Agustus 2018

12 KONSEP KIMIA HIJAU

12 KONSEP KIMIA HIJAU
Oleh:Anggi Yos Indra (G13-ANGGI)








ABSTRAK
Green Chemistry mengembangkan inovasi proses kimia yang menggeser, menambah/mengurangi atau memperbaharui proses kimia tradisional-konvensional menjadi lebih ramah terhadap lingkungan maupun manusia tanpa meninggalkan prinsip-prinsip optimasi proses produksi.
KEY WORD :
PENDAHULUAN
Green Chemistry adalah penerapan prinsip penghilangan dan pengurangan senyawa berbahaya dalam desain, pembuatan dan aplikasi dari produk kimia. Aspek Green Chemistry adalah meminimalisasi zat berbahaya, penggunaan katalis reaksi dan proses kimia, penggunaan reagen yang tidak beracun, penggunaan sumber daya yang dapat diperbaharui, peningkatan efisiensi atom, penggunaan pelarut yang ramah lingkungan dan dapat didaur ulang

PEMBAHASAN
Prinsip-prinsip tersebut mencakup konsep sebagai berikut: 
        perencanaan dalam prosesnya untuk memaksimalkan jumlah bahan baku yang berakhir di produk;
        penggunaan bahan yang aman dengan zat yang ramah lingkungan, termasuk pelarutnya, bila memungkinkan; 
        desain dalam proses agar menghasilkan efisiensi energi;
        cara terbaik dalam pembuangan limbah : tidak membuat limbah sejak awal
Dua belas prinsip yang dimaksudkan yaitu : 
1.       lebih baik mencegah adanya limbah daripada membersihkan atau memroses limbah setelah dihasilkan.
2.       metode sintetis seharusnya dirancang untuk memaksimalkan penggabungan semua bahan yang digunakan dalam proses, ke produk akhir.
3.       Bagaimanapun metodologi praktis, sintetis seharusnya dirancang untuk memakai dan membuat zat yang memiliki sedikit atau tidak ada toksisitas (racun/polusi) bagi kesehatan manusia dan lingkungan.
4.       Produk kimia seharusnya dirancang untuk menjaga keefektifan fungsinya
5.       Pemakaian zat tambahan (semisal pelarut, pemisah zat, dll ) sebisa mungkin tidak berbahaya bila digunakan.
6.       Untuk kebutuhan energi, mereka harus memperhatikan dampak lingkungan hidup dan ekonomi dan pemakaian energy tersebut harus diminimalisir. Metode sintetis harus dilakukan pada batas suhu dan tekanan minimal.
7.       Bahan mentah atau pelet harus terbarukan daripada pemakaiannya menguras dari sisi teknis dan ekonomi. 
8.       Mengurangi turunan (turunan yang tidak perlu) (grup penghalang, proteksi / deprotection, modifikasi sementara) sebisa mungkin harus dihindari.
9.       Reagen katalitik (seselektif mungkin) merupakan yang paling baik untuk reagen stoikiometrinya.
10.   Produk kimia harus dirancang sedemikian rupa sehingga pada akhir fungsi mereka tidak bertahan lama dalam lingkungan dan kemudian hancur menjadi tidak berbahaya (degradasi produk). 
11.   Metodologi analisis harus dikembangkan lebih jauh hingga hasil analisisnya memungkinkan didapat secara real-time, pengawasan dan pengendalian inprocess sebelum pembentukan bahan berbahaya.
12.   Zat dan bentuk zat yang dipakai dalam proses kimia seharusnya dipilih untuk meminimalisir kemungkinan bencana akibat bahan kimia, termasuk tumpahan, ledakan, dan kebakaran.

KESIMPULAN
Penerapan Green Chemistry pada aktivitas dan proses produksi yang dilakukan secara konsisten dan tepat, dapat mengurangi bahkan menghilangkan senyawa beracun yang berdampak manusia, biosfir, dan lingkungan sekitar. Pentingnya gerakan ini didukung semua pihak terutama kalangan industri dan pemerintah. Green Chemistry memang tidak akan menyelesaikan semua masalah polusi , energi dan pangan. Tetapi peranannya mampu memberikan kontribusi yang sangat besar terhadap kelestarian hidup jangka panjang (sustainable development)

DAFTAR PUSTAKA
Muryanto, St dan Hadi, S.D. 2006. Mengintegrasikan Green Chemistry Ke Dalam Program Studi S1 Bidang Sains Dan Teknik. Proceeding. Universitas Negeri Semarang. Semarang.
Palgunadi J. Kimia Hijau “New But Old Stuff” Yang Sedang Trendi. http:www.al chemysukma.blogspot.com. Diakses : 22 Maret 2013.
Purnomo H. 2006. Dasar-Dasar Ilmu Lingkungan. IKIP PGRI Semarang. Semarang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.