.

Senin, 05 Februari 2018

Material Kimia yang "Bisa Terbang"



Oleh                     : Bayu Prayudha (@G14-Bayu)

Abstrak                :
               Seiring dengan berkembangnya desain dan teknologi pesawat terbang yang makin canggih, kebutuhan akan material yang makin baik juga semakin meningkat. Penerbangan telah memberikan mobilitas, fleksibilitas dan keekonomian dalam memindahkan manusia dan barang yang jauh lebih tinggi dari pada moda transportasi lain.
               Penggunaan material struktur pesawat terbang yang ringan sangatlah penting. Pada pesawat terbang transport sub-sonic modern, payload hanya sekitar 20% dari berat total dan 80% adalah berat kosongnya dan separuhnya adalah bahan bakar. Dapat dikatakan bahwa penambahan berat dapat meningkatkan penggunaan bahan bakar, yang berhubungan langsung dengan biaya operasional.

Kata Kunci          : Aviasi, komposit, pesawat terbang, industri

Isi                          :
               Menurut Achzab (2014), struktur dan material dalam perancangan pesawat terbang sangatlah penting. Dan yang terpenting keduanya harus seringan mungkin. Semakin sedikit berat pesawat terbang, semakin ringan kerja mesin pesawat terbang itu sendiri. Di masa lalu, pesawat biasanya terbuat dari logam ringan seperti aluminium, tapi hari ini para insinyur menemukan material komposit dalam desain mereka. Komposit adalah salah satu material kimia penyusun struktur pesawat terbang.


Komposisi Material Pesawat
Sumberhttps://i0.wp.com/aeroengineering.co.id/

               Menurut Wiratama (2017), berikut adalah material-material yang biasa digunakan untuk membangun konstruksi pesawat terbang.
a)       KOMPOSIT
Material komposit saat ini telah banyak digunakan dalam dunia dirgantara karena kekuatan serta kekauannya terhadap beratnya yang lebih tinggi dibandingkan dengan baja dan aluminim. Selain itu, komposit dapat dibentuk kontur yang aerodinamis dengan lebih fleksibel dibandingkan bahan lainnya karena dibentuk menggunakan cetakan.
Material komposit yang sering digunakan pada industry dirgantara adalah carbon fiber, boron, fiberglass serta Kevlar. Tidak hanya bahan dasar tersebut pada struktur pesawat terbang untuk memperoleh paduan karakteristik yang sempurna.
b)       GLASS FIBRE (SERAT KACA)
Serat kaca adalah material yang umum digunakan sebagai serat. Namun, teknologi komposit saat ini telah banyak menggunakan karbon murni sebagai serat. Serat karbon memiliki kekuatan yang jauh lebih baik dibanding serat kaca, tetapi biaya produksinya mahal.
c)        POLIMER
Selain serat kaca (glass fibre), polimer yang biasanya menjadi matriks juga dapat dipakai sebagai serat penguat. Contohnya, Kevlar merupakan serat polimer yang sangat kuat dan dapat meningkatkan toughness dari material komposit. Kevlar dapat digunakan sebagai serat dari produk komposit untuk struktur ringan yang handal, misalnya bagian kritis dari struktur pesawat terbang.
d)       ALUMINIUM ALLOY
Pada penerbangan komersil, aluminium digunakan hampir 80% dari keseluruhan penggunaan material struktur. Material aluminium disini tentu berbeda dengan aluminium yang kita temui pada kehidupan sehari-hari pada peralatan dapur maupun dekorasi, aluminium untuk struktur pesawat terbag dipadu dengan beberapa bahan campuran (tembaga, magnesium, seng, dan mangan) yang dapat meningkatkan kekuatan, kekakuan, serta ketangguhannya.

               Menurut Windela (2017), bahan bakar pesawat terbang merupakan zat kimia yang tak kalah pentingnya. Berikut adalah bahan bakar yang umum digunakan di dunia aviasi.
a)       AVTUR
Avtur merupakan singkatan dari Aviation Turbine Fuel. Dalam dunia penerbangan internasional, bahan bakar ini juga disebut dengan Jet A-1. Bahan dasar untuk membuat avtur adalah minyak tanah. Jika anda pernah memasak dengan menggunakan kompor minyak, maka minyak tanah itulah yang menjadi bahan dasar pembuatan Avtur.
b)       AVGAS
Avgas merupakan singkatan dari Aviation Gasoline, yakni sejenis bensin yang diolah secara khusus guna keperluan penerbangan. Sifat bahan bakar ini mudah terbakar, bahkan disuhu normal. Avgas juga cepat sekali menguap. Maka hanya pesawat yang memiliki ruang pembakaran dalam saja yang dapat menggunakan bahan bakar ini.



Daftar Pustaka :
Windela. (2017). Jenis Bahan Bakar Pesawat Terbang. Dalam https://ilmuterbangsite.wordpress.com/2017/08/11/jenis-bahan-bakar-pesawat-terbang/

Wiratama, Caesar. 2017. Material Pada Pesawat Terbang. Dalam https://aeroengineering.co.id/2017/03/material-pada-pesawat-terbang/

Achzab, Asharudin. 2014. Desai Sebuah Pesawat : Dari Hitungan menjadi Benda Terbang. Dalam http://blog.buaya-instrument.com/desain-sebuah-pesawat-dari-hitungan-menjadi-benda-terbang.html

Obaradai. 2015. Komposit Pada Industri Penerbangan Dewasa Ini. Dalam http://obaradai.com/index.php/2015/07/12/komposit-pada-industri-penerbangan-dewasa-ini/




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.