.

Sabtu, 03 Februari 2018

KEBISINGAN DAN PENGARUHNYA PADA LINGKUNGAN HIDUP




 
Abstrak :
Angkutan antar kota  adalah angkutan  yang  menghubungkan suatu kota  dengan kota  lainnya baik  yang  berada  dalam  satu  wilayah  administrasi  propinsi atau antar  kota  dalam  propinsi(AKDP), maupunyang berada  di propinsi lain. Pelayanan AKDP,dilakukan dalam jaringan trayek dan prasarana jalan yang dilalui sebagaimana tercantum dalam izin trayek yang telah ditetapkan.Terdapat berbagai jenis moda angkutan yang melayani trayek Makassar-Parepare, yaituBus Damri, Mini Bus,BMA
dan angkutan MPU(Panther, Kijang, Avanza dll). Moda ini  masing-masing  memiliki  kelebihan dan kekurangan,  sehingga  banyak  alternatif  untuk memilih  moda  yang  akan  digunakan  dalam  perjalanannya,  dengan  melihat  segala  atribut  pada  moda  tersebut.
Pendahuluan :
Menurut Atep dan kholil dalam managemen lingkungan dengan berpikir hijau ( 2017) pencemaran suara disebabkan ketika kebisingan yang mengganggu system pendengaran pada telinga, lebih jauh dan dapat menimbulkan masalah psikologis seperti stress, hipertensi, gangguan pendengaran, dan sebagainya. Pencemaran suara bisa di sebabkan oleh mesin di industry, knalpot kendaraan, music keras dan sebagainya.

Kata Kunci : Kebisingan, Pengaruh bising terhadap lingkungan, pencemaran suara
 ISI :
Tidak semua bunyi menimbulkan gangguan pada pendengar. Hal ini tergantung daritingkat tinggi rendahnya ukuran kebisingan yang dihasilkan; dan diukur dalam decibel.Semakin tinggi desibelnya semakin banyak pengaruh yang ditimbulkan. Beberapa catatanpengukuran tingkat decibel yang pernah dilakukan adalah sebagai berikut:
1. Rocket dan sejenisnya menghasilkan kebisingan : 170 desibel.
2. Sirine menghasilkan kebisingan: 150 desibel.
Keduanya berada dalam batas limit ekstrim toleransi pendengaran manusia yangberukuran :
 140 desibel.Batas tekanan suara yang menyulitkan telinga: 120 desibel.
1. Sepeda motor : 110 desibel.
2. K. A. dan stasiun Kereta api bawah tanah di Paris: 90 desibel

Pengukuran suara
Terdapat dua cara untuk mengukur tingkat pencemaran suara yaitu berdasarkan jenis perlakuannya yaitu cara sederhana  dan  cara  langsung,  maksudnya  cara  menggunakan  sound  level  meter  dengan  mengukur  tingkat tekanan bunyi dBA selama 10 menit tiap pengukurannya, pembacaan pengukuran alat setiap lima detik. Cara langsung maksudnya dengan menggunakan sebuah Integrating Sound Level Meter yang mempunyai fasilitas pengukuran  LTM5  yaitu  leq  dengan  lama  pengukuran  tiap  lima detik  selama  interval  10  menit.  Sumber http://www.bimbie.com/pencemaran-suara.html, 23 Agustus 2013)

PENGARUHNYA PADA KESEHATAN
Pada faktor biologi lainnya pernah dilakukan penyelidikan di USA pengaruh kebisinganterhadap pertumbuhan tanaman, dilakukan oleh seorang ahli fisiologi tumbuh-tumbuhan California yaitu W. F. Gericke dengan melakukan percobaan pada suaru green hoyce (rumahtanaman) yang sedang ditumbuhi sejenis tanaman diarahkan kepadanya beberapa suaraberbeda tingkat decibelnya.
 Setelah beberapa bulan dilakukan pengontrolan diperoleh hasilbahwa tanaman yang terkena pengaruh suara dengan tingkat decibel tinggi terjadikematian dan penghambatan pertumbuhan.
PENGARUH PADA KEJIWAAN
Ahli-ahli ilmu jiwa menduga bahwa kadar kepenatan jiwa yang disebabkan olehkesungguhan berfikir atau konsentrasi otak selama satu jam untuk memecahkan soal-soalmatematik yang rumit adalah berkadar 100 unit.Sedangkan kadar kepenatan jiwa yang disebabkan oleh kebisingan adalah 600 unit.Berarti perbandingan kadar kepenatan jiwa yang disebabkan konsentrasi otak dalamsuasana sepi lebih rendah dari kadar kepenatan jiwa karena kebisingan, denganperbandingan yang menyolok 1 : 6.
PENCEGAHAN / SOLUSI
Usaha yang dilakukan di USA untuk mengurangi akibat kebisingan didalam rumah adalahdengan beberapa cara yaitu mengharuskan memakai permadani yang tebal pada yangmenempati flat disebelah atas, dengan memakai/membuat ruangan berkarpet serta soundproof.Langkah-langkah perseorangan lainnya dalah mengurangi kebiasaan membunyikanmusik-musik keras, suara kelakar yang sumbang dan ramai. Dinding dan lantai dengan dilapisibahan penyerap suara seperti permadani akan mengurangi bunyi dan gaung akibat geseranataupun getaran-getaran suara keras lainnya.Serta sound proof. Langkah-langkah perseorangan lainnya adalah mengurangi kebiasaanmembunyikan musik-musik keras, suara kelakar yang sumbang dan ramai, Dinding dan lantaidengan dilapisi bahan penyerap suara seperti permadani akan mengurangi bunyi dan gaungakibat geseran ataupun getaran-getaran suara keras lainnya


Daftar Pustaka :

1.       Handoko Sungging.2010.Kebisingan Dan Pengaruhnya Pada Lingkungan Hidup.Jakarta.
2.       Hidayat dan Kholil, managemen lingkungan dengan berpikir hijau ( 2017) ( Diakses 27-01-2018)
3.       Maryam DKK.2013.Kajian Pencemaran Suara Lalu Lintas Kendaraan Bermotor.Bogor.Jurnal Rekayasa Transportasi.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.