.

Sabtu, 27 Januari 2018

Kimia Terkini : Penerapan Bioteknologi di Bidang Kesehatan

Oleh : Ardian Sarwo Adi Sutrisno (@G03-Ardian)

Abstrak
Ilmu Kimia yang merupakan suatu ilmu yang mempelajari suatu materi dan perubahannya memiliki peranan yang penting bagi kesehatan. Bioteknologi yang merupakan salah satu cabang ilmu Kimia yaitu Bioteknologi memiliki peranan dalam bidang kesehatan yaitu seperti pembuatan vaksin, antibodi monoklomal, dan hormon insulin.

Kata Kunci : Ilmi Kimia, Kesehatan, Bioteknologi



Ilmu Kimia merupakan suatu ilmu yang mempelajari mengenai suatu materi dan perubahannya. Menurut Hidayat dan Kholil (2017) materi meliputi zat murni atau koalisi dari beberapa zat murni (campuran).
Kimia sangat memiliki andil yang besar dalam kehidupan kita sehari-sehari. Seperti dalam tubuh kita sendiri banyak terjadi reaksi kimia yang berlangsung.
Dewasa ini seiring dengan perkembangan teknologi, ilmu kimia juga terus mengalami perkembangan dan dimanfaatkan untuk berbagai bidang salah satunya pada bidang Kesehatan. Beberapa peranan ilmu kimia dalam bidang kesehatan antara lain adalah sebagai berikut:

  1. Penelitian virus dan senyawa baru yang memiliki manfaat maupun kerugian bagi tubuh manusia
  2. Melakukan proses riset pembuatan obat-obatan jenis baru
  3. Meneliti makanan dan minuman yang beredar di masyarakat untuk mengetahui apakah makan dan minuman tersebut layak dikonsumsi bagi kesehatan atau memiliki dampak baik/buruk bagi kesehatan.
  4. Bahan-bahan kimia untuk obat-obatan
  5. Ilmu kimia diperlukan untuk peramuan obat-obat yang berasal dari zat-zat maupun bahan-bahan kimia

Tentunya masih banyak lagi peranan ilmu kimia di bidang kesehatan selain diatas.
Dalam perkembangannya ilmu Kimia dibagai menjadi beberapa cabang seperti Kimia Analisis, Biokimia dan Bioteknologi.

Peran Kimia Bioteknologi dalam bidang Kesehatan
Menurut Hidayat dan Kholil (2017) bahwa bioteknologi mempelajari pemanfaatan makhluk hidup seperti bakteri, fungi, virus dan sebagainya, maupun produk dari makhluk hidup tersebut (enzim, dan sebagainya) dalam proses produksi untuk menghasilkan produk tertentu.
Beberapa conton penggunaan Bioteknologi dalam bidang kesehatan adalah
a. Pembuatan hormon insulin

Melalui rekayasa genetik bakteri sel E-choli dapat menghasilkan insulin yang mirip dengan insulin manusia. Insulin ini bermanfaat untuk mengobati penderita diabetes. Insulin ini terbukti lebih baik dibanding insulin hewani dan tidak menimbulkan efek negatif pada tubuh manusia
b. Antibodi Monoklonal

Seperti yang kita ketahui bersama, antibodi berperan penting dalam kekebalan tubuh yang berfungsi untuk melawan dan melindungi tubuh dari bakteri. Antibodi monoklonal yaitu antibodi yang diperoleh dari penggabungan sel penghasil antibodi dengan sel yang terkena penyakit. Seperti contohnya, pebuatan sel hibridoma yang berfungsi untuk menyerang sel-sel kanker tanpa merusak sel – sel yang sehat. Sel ini dihasilkan dari sel tumor yang mampu memperbayak diri dengan cepat dan sel limpa manusia yang mengandung antibodi.
c. Pembuatan Vaksin

Vaksin dihasilkan dari mikrobia yang berfungsi untuk kekebalan tubuh jika disuntikan ke dalam tubuh manusia

Daftar Pustaka
Hidayat, Atep Afia dan Muhammad Kholil.2017. Kimia Industri dan Teknologi Hijau. Pantona Media.
http://pengayaan.com/peranan-ilmu-kimia-dalam-kesehatan-dan-kedokteran/ diunduh 27 Januari 2017
https://biosejati.wordpress.com/2012/04/02/penerapan-bioteknologi-di-bidang-kesehatan/ diunduh 27 Jaunari 2017


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.