.

Selasa, 12 September 2017

LAPISAN OZON

@E18-Jevon, @ProyekA02
Oleh: Jevon Anastasius Gunawan


Ozon adalah senyawa dari 3 atom oksigen (O3). Ozon juga merupakan senyawa berwarna biru dengan daya oksidasi yang luar biasa. Oleh sebab itu dalam industri ozon sering digunakan sebagai penghilang bau dan rasa tengik senyawa hidrokarbon. Ozon mudah menyerap sinar UV, terutama diantara 240-280 nm, dan pecah menjadi 1 atom oksigen (O) dan 1 molekul gas oksigen (O2) : O3 + UV → O + O2.


Fungsi Lapisan Ozon
Lapisan ozon mempunyai berbagai fungsi yang sangat penting bagi Bumi. Beberapa fungsi dari lapisan ozon antara lain:
·      Mengatur jumlah atau posri sinar ultraviolet yang masuk ke permukaan Bumi,
·      Melindungi Bumi agar sinar ultraviolet tersebut tidak langsung mengenai permukaan Bumi,
·      Menyerap sinar ultraviolet,
·      Menjaga suhu di Bumi agar tetap stabil,
·      Melindunhgi permukaan Bumi dari benda- benda langit yang jatuh.

Gas-gas yang Menyebabkan Lapisan Ozon Menipis
Penipisan lapisan ozon tidak disebabkan oleh waktu, namun disebabkan oleh berbagai gas yang bisa menyebabkan penipisan pada lapsan ozon tersebut. Beberapa gas yang menyebabkan terjadinya penipisan lapisan ozon antara lain:
·      Chlorofluorocarbon atau CFC,
·      Halons,
·      Karbon tetraklorida,
·      Bromida,
·      Senyawa klorin yang mengandung metil kloroform, dan lain sebagainya yang melepaskan klorin atau bromin ketika pecah.
Gas- gas penyebab terjadinya penipisan lapisan ozon tersebut dapat diproduksi melalui kegiatan sehari- hari maupun penggunaan berbagai alat tertentu, sehingga setiap hari akan terjadi usaha penipisan lapisan ozon. Karena setiap hari terjadi usaha penipisan lapisan ozon, maka secara otomatis hal ini akan membuat lapisan ozon semakin menipis.

Penyebab Menipisnya Lapisan Ozon
1.    Penggunaan kendaraan yang terlalu banyak
Kendaraan sebagai alat transportasi akan menimbulkan asap sebagai bahan penyebab polusi udara. Asap- asap kendaraan akan menyumbangkan polusi udara  yang mengandung berbagai macam gas merugikan yang akan menyebabkan penipisan lapisan ozon. Asap- asap kendaraan tersebut akan naik ke atas hingga kemudia n menyebabkan memanasnya suhu Bumi. Hal ini lama- kelamaan akan menyebabkan penipisan lapisan ozon.
2.    Penggundulan hutan
Penggundulan hutan berrati mengurangi jumlah pohon yang berfungsi sebagai penetralisir udara yang ada di Bumi. Ketika hutan- hutan digunduli maka proses penetralisasi udara akan sulit dilakukan. Selain itu produksi karbon akan sulit dikendalikan, hal itu akan menyebabkan cepatnya proses penipisan lapisan ozon.
3.    Banyaknya asap pabrik
Tidak hanya asap kendaraan saja, asap barik juga akan menyebabkan terjadinya penipisan lapisan ozon. Asap pabrik juga mnegandung gas- gas berbahaya yang menyebabkan suhu Bumi memanas dan akan menyebabkan penipisan  pada lapisan ozon.
4.    Penggunaan AC dan hair dryer secara besar- besaran
AC dan hair dryer adalah 2 benda elektronik yang akan memproduksi banyak sekali gas  CFC. Penggunaan benda tersebut akan memicu pemanasan suhu Bumi sehingga pada akhirnya akan menyebabkan tipisnya lapisan ozon.
5.    Bahan- bahan rumah tangga yang mengandung zat berbahaya
Bahan- bahan rumah tangga, seperti pembersih rumah tangga banyak yang mengandung bahan- bahan kimia. Bahan- bahan kimia ini akan menyumbang pencemar bagi udara yang pada akhirnya akan menyebabkan penipisan lapisan ozon.
6.    Penggunaan pestisida yang berlebihan
Pestisida adalah cairan pembasmi hama yang biasa digunakan dalam pertanian. Pestisida ini mengandung berbagai bahan kimia yang akan menyebabkan penipisan pada lapisan ozon.

Dampak Penipisan Lapisan Ozon
Apabila lapisan ozon semakin tipis akan mengakibatkan beberapa hal sebagai berikut :
1.    Lapisan ozon akan membentuk lubang sehingga makin banyaknya sinar UV yang mencapai bumi, karena untuk tiap 10 persen penipisan lapisan ozon akan terjadi kenaikkan radiasi UV sebesar 20 persen. Hal ini sangat berbahaya terhadap kelangsungan makhluk hidup di bumi. Sinar ultraviolet dalam jumlah banyak dapat menyebabkan:
·      Kanker kulit pada manusia
·      Penyakit katarak pada mata manusia
·      Rusaknya sistem imunisasi tubuh
·      Perusakan genetik atau sel-sel hidup pada manusia dan hewan
·      Kehidupan laut, ekosistem, dan hutan pun akan terganggu bila volume sinar ultra ungu  melebihi batas normal
·      Menurunkan produktifitas pertanian.
·      Dengan banyaknya radiasi gelombang pendek UV-B maka akan memicu reaksi kimiawi di atmosfer bawah, yang dapat mengakibatkan penambahan jumlah reaksi fotokimia yang menghasilkan asap beracun, terjadinya hujan asam dan berakibat naiknya gangguan saluran pernapasan pada manusia.

2.    Gunung-gunung es di kutub utara akan mencair yang mengakibatkan naiknya permukaan air laut dunia. Sehingga lambat laun daratan di bumi pun akan tenggelam.
3.    Kerusakan lapisan ozon juga memiliki pengaruh langsung pada pemanasan bumi yang sering disebut sebagai “Global Warming”. Sebagian besar ozon stratosfer dihasilkan di kawasan tropis dan diangkut ke ketinggian yang tinggi dengan skala besar putaran atmosfer semasa musim salju hingga musim semi. Umumnya kawasan tropis memiliki ozon yang rendah.

Sumber
ilmugeografi.com/fenomena-alam/penyebab-penipisan-lapisan-ozon-dan-efek-rumah-kaca
ithamasithah25.files.wordpress.com/2013/05/jurnal-menipisnya-lapisan-ozon-pengkomp-e1a012016.pdf


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.