.

Sabtu, 11 Februari 2017

Polusi Udara


Udara merujuk kepada campuran gas yang terdapat pada permukaan bumi. Udara tidak tampak mata, tidak berbau, dan tidak ada rasanya. Kehadiran udara hanya dapat dilihat dari adanya angin yang menggerakan benda. Udara termasuk salah satu jenis sumber daya alam karena memiliki banyak fungsi bagi makhluk hidup.
Kandungan elemen senyawa gas dan partikel dalam udara akan berubah-ubah dengan ketinggian dari permukaan tanah. Demikian juga massanya, akan berkurang seiring dengan ketinggian. Semakin dekat dengan lapisan troposfer, maka udara semakin tipis, sehingga melewati batas gravitasi bumi, maka udara akan hampa sama sekali.
Apabila makhluk hidup bernapas, kandunganoksigen berkurang, sementara kandungankarbon dioksida bertambah. Ketika tumbuhanmenjalani sistem fotosintesa, oksigenkembali dibebaskan.
Pencemaran udara adalah kehadiran satu atau lebih substansi fisik, kimia, atau biologidi atmosfer dalam jumlah yang dapat membahayakan kesehatan manusia, hewan, dan tumbuhan, mengganggu estetika dan kenyamanan, atau merusak properti.
Pencemaran udara dapat ditimbulkan oleh sumber-sumber alami maupun kegiatan manusia. Beberapa definisi gangguan fisik seperti polusi suara, panas, radiasi atau polusi cahaya dianggap sebagai polusi udara. Sifat alami udara mengakibatkan dampak pencemaran udara dapat bersifat langsung dan lokal, regional, maupun global.
Pencemaran udara di dalam ruangan dapat mempengaruhi kesehatan manusia sama buruknya dengan pencemaran udara di ruang terbuka.
Hal- hal- yang memacu adanya polusi udara :
1. Asap Pabrik
2. Asap Kendaraan
3. Asap Rokok
4. Asap Kebakaran Hutan
5. Penebangan Liar
6. Asap vulkanik atau letusan gunung API
7. CFC Dari kebocoran alat pendingin

Mencegah terjadinya polusi 
1. Stop Kebakaran Hutan 
2. Membuat jalur hijau di Kota 
3. Melakukan reboisasi
4. Naik Kendaraan ramah lingkungan seperti krl, sepeda 
5. Menturangi merokok
6. Mengurangi penggunaan pendingin ruangan

Sumber: www.Wikipedia.com/polusiudara


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.