.

Sabtu, 11 Februari 2017

Pengolahan Limbah


        
        
          Saat ini masalah pencemaran air telah menjadi masalah yang serius. Masih banyak orang yang belum peduli dengan lingkungan ini. Maka dari itu jika bukan kita, siapa lagi yang akan menjaga lingkungan ini tetap bersih dan asri. Dalam artikel ini akan di bahas apa saja cara mengolah limbah agar tidak mencemari lingkungan.

         Salah satu penyebab pencemaran air adalah air limbah rumah tangga, yakni air yang berasal dari buangan dapur, kamar mandi, air bekas cucian ataupun kotoran manusia (tinja). Air limbah tersebut harus diolah agar tidak mencemari dan tidak membahayakan kesehatan lingkungan. Air limbah harus dikelola untuk mengurangi pencemaran.
        Beberapa contoh pengolahan air limbah rumah tangga yaitu pengolahan air limbah sistem sanitasi. Sistem Sanitasi adalah sebuah siklus yang mengolah tinja dan urine manusia sebagai sumber daya, tinja berproses sampai terbebas dari mikroba patogenik, tinja yang telah tersanitasi disiklus ulang untuk keperluan pertanian (pemulihan dan penggunaan kembali nutrisi).

         Selain limbah domestik,limbah industri pun sangat berperan mencemari lingkungan. Limbah dari industri terutama yang mengandung bahan-bahan kimia, sebelum dibuang harus diolah terlebih dahulu. Hal tersebut akan mengurangi bahan pencemar di perairan. Dengan demikian, bahan dari limbah pencemar yang mengandung bahan-bahan yang bersifat racun dapat dihilangkan sehingga tidak mengganggu ekosistem. Menempatkan pabrik atau kawasan industri di daerah yang jauh dari keramaian penduduk. Hal ini dilakukan untuk menghindari pengaruh buruk dari limbah pabrik dan asap pabrik terhadap kehidupan masyarakat.

         Cara lain dalam mengolah limbah domestik maupun industri adalah IPAL. IPAL adalah suatu perangkat peralatan teknik beserta perlengkapannya yang memproses / mengolah air sisa proses produksi pabrik, rumah tangga, dll. IPAL sangat bermanfaat bagi manusia serta makhluk hidup lainnya, natara lain:

a. Mengolah Air Limbah domestik atau industri, agar air tersebut dapat di gunakan kembali sesuai kebutuhan masing-masing

b. Membuat air limbah yang akan di alirkan ke sungai tidak tercemar

c.Menjaga kehidupan biota-biota sungai





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.