.

Sabtu, 04 Februari 2017

Efek Rumah Kaca

Menurut Wikipedia Efek rumah kaca merupakan proses pemanasan permukaan suatu benda langit (terutama planet atau satelit) yang disebabkan oleh komposisi dan keadaan atmosfernya.
Efek rumah kaca dapat digunakan untuk menunjuk dua hal berbeda: efek rumah kaca alami yang terjadi secara alami di bumi, dan efek rumah kaca ditingkatkan yang terjadi akibat kegiatan manusia (lihat juga pemanasan global). 
Secara general efek rumah kaca merupakan peristiwa memantulnya kembali panas yang dipantulkan bumi ke angkasa kembali kebumi karena adanya gas yang memiliki sifat seperti kaca sehingga panas bumi meningkat.
Penyebab efek rumah kaca disebabkan karena meningkatnya konsentrasi gas karbon dioksida (CO2) dan gas-gas lainnya di atmosfer. Meningkatnya konsentrasi gas CO2 ini disebabkan oleh banyaknya pembakaran bahan bakar minyak, batu bara dan bahan bakar organik lainnya yang melebihi kemampuan tumbuhan-tumbuhan dan laut untuk menyerapnya.
Dampak Negatif Meningkatnya suhu permukaan bumi akan mengakibatkan adanya perubahan iklim, terganggunya hutan dan ekosistem lainnya, sehingga mengurangi kemampuannya untuk menyerap karbon dioksida di atmosfer. Pemanasan global mengakibatkan mencairnya gunung-gunung es di daerah kutub yang dapat menimbulkan naiknya permukaan air laut. Efek rumah kaca juga akan mengakibatkan meningkatnya suhu air laut sehingga berakibat kepada beberapa pulau kecil tenggelam di negara kepulauan , yang membawa dampak perubahan yang sangat besar.


Link
Wardhana, Wisnuarya. 2010. Penyebab Rumah Kaca dan Dampaknya. http://www.pengertianpakar.com/2015/04/pengertian-dan-proses-terjadinya-efek-rumah-kaca.html#
Informasi Pendidikan. 2015. Pengertian dan Penyebab Rumah Kaca. http://www.informasi-pendidikan.com/2015/09/pengertian-dan-penyebab-rumah-kaca.html
Sahabat Sayanda. Pengertian Efek Rumah Kaca dan Penanggulangannya. https://www.sayanda.com/efek-rumah-kaca/
Academia. Makalah: Efek Rumah Kaca. https://www.academia.edu/8849783/Makalah_efek_rumahkaca
Glacomelli, gene A. Pengertian Efek Rumah Kaca. https://id.wikipedia.org/wiki/Efek_rumah_kaca

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.