.

Senin, 09 November 2020

PENCEMARAN UDARA INDONESIA

 PENCEMARAN UDARA INDONESIA


Oleh : Marlina Christiaji (@S14-Marlina)

Abstrak

            Permasalahan kualitas udara di Indonesia menjadi salah satu permasalahan yang kerap kali dibahas oleh masyarakat Indonesia. Permasalahan pencemaran udara di Indonesia selalu menjadi topik utama mengenai pencemaran yang ada di Indonesia.Berita mengenai kualitas udara di Indonesia yang terdengar ke telinga masyarakat seringkali membuat masyarakat menganggap negara Indonesia memiliki kualitas udara yang sangat buruk. Penggunaan kendaraan bermotor dan aktivitas manusia lainnya adalah salah satu penyumbang terbesar polutan yang menjadi permasalahan yang cukup kompleks bagi negara Indonesia. Pencemaran yang dampak berdampak buruk bagi keadaan lingkungan dan kesehatan manusia ini cukup mengakhawatirkan, apabila tidak diatasi dengan tepat dan cepat maka permasalahan ini dapat menjadi masalah yang sangat serius dan membawa dampak sangat buruk bagi kehidupan masyarakat Indonesia.

Abstract

The issue of air quality in Indonesia is one of the problems that is often discussed by the Indonesian people. The problem of air pollution in Indonesia has always been the main topic of pollution in Indonesia. News about air quality in Indonesia that is heard in the ears of the public often makes people think that Indonesia has very bad air quality. The use of motorized vehicles and other human activities is one of the biggest contributors to pollutants, which is a quite complex problem for the Indonesian state. This pollution, which has a negative impact on the environment and human health, is quite alarming. If it is not addressed properly and quickly, this problem can become a very serious problem and have a very bad impact on the lives of Indonesian people.

Kata kunci : Pencemaran udara, polutan, dampak

Pendahuluan

Pencemaran lingkungan atau Environmental poIution adalah efek dari perubahan yang tidak diinginkan dalam lingkungan, yang secara langsung berpengaruh buruk terhadap kondisi lingkunga, tumbuhan, hewan dan manusia. Pencemaran adalah suatu peristiwa penyebaran bahan kimia dengan kadar tertentu yang bisa mengubah keadaan keseimbangan pada suatu daur materi dalam lingkungan atau keseimbangan lingkungan baik itu keadaan strukturnya maupun fungsinya yang nantinya dapat mengganggu kesejahteraan atau kelangsungan hidup manusia (Ramdhoni, 2015).

Salah satu masalah pencemaran yang cukup berbahaya di Indonesia adalah pencemaran udara. Hasil dari aktivitas manusia seperti memasak, kendaraan bermotor terlebih lagi kegiatan industri menyebabkan terlepasnya bahan kimia dalam jumlah besar ke udara yang akan menyebabkan pencemaran udara. Polutan udara banyak dihasilkan oleh penggunaan bahan bakar minyak, kayu, batu bara dan lain-lain. Tingginya kadar polutan di udara akan berdampak buruk bagi kesehatan pernafasan manusia dan lingkungan.

Kualitas udara di Indonesia yang di nilai buruk membuat masyarakat menjadi khawatir akan dampak-dampak dari pencemaran udara di negara Indonesia, terlebih lagi di perkotaan segala aktivitas manusia sudah banyak menggunakan alat-alat yang menghasilkan polutan dengan jumlah yang cukup besar. Alat-alat yang digunakan untuk memudahkan aktivitas manusia malah menghasilkan polutan yang sangat meresahkan masyarakat.

Negara Indonesia menjadi peringkat 6 dari 98 negara dengan kualitas udara terburuk di dunia pada tahun 2019. Kualitas udara atau Indeks Kualitas Udara (AQI) tersebut dihitung berdasarkan pengukuran partikulat ( PM2.5 dan PM 10), Ozon (O 3), Nitrogen Dioksida (NO2), Sulfur Dioksida (SO 2) dan emisi Karbon Monoksida (CO). indinesia memiliki rata-rata AQI sebesar 141 dengan kota paling bersih yaitu Denpasar, Bali dan kota paling berpolusi Tanggerang Selatan,Banten.

Pandemi Covid-19 yang menjadi pusat perhatian diseluruh penjuru dunia mulai masuk ke Indonesia sejak awal tahun 2020, pandemi yang mengharuskan berkurangnya aktivitas manusia ternyata membawa suatu perubahan pada kualitas udara Indonesia yang terjadi seiringan dengan berkurangnya aktivitas manusia yang menjadi penyumbang polutan terbesar bagi pencemaran udara di Indonesia.

Permasalahan

1.     Apa yang di maksud dengan pencemaran udara?

2.     Bagaimana kualitas udara di Indonesia?

3.     Bagaimana dampak pencemaran udara terhadap lingkungan?

4.     Bagaimana pengaruh covid-19 terhadap kualitas udara di Indonesia?

Pembahasan

Pencemaran adalah suatu peristiwa penyebaran bahan kimia dengan kadar tertentu yang bisa mengubah keadaan keseimbangan pada suatu daur materi dalam lingkungan atau keseimbangan lingkungan baik itu keadaan strukturnya maupun fungsinya yang nantinya dapat mengganggu kesejahteraan atau kelangsungan hidup manusia. Pencemaran udara adalah adanya substansi fisik, kimia, atau biologi di atmosfer dengan jumlah yang akan membahayakan kesehatan manusia, hewan, dan tumbuhan. Pencemaran udara terjadi atas timbulnya sumber polutan alami ataupun polutan yang dihasilkan oleh aktivitas manusia.

Pencemaran udara yang terjadi akibat substansi polutan yang diakibatkan langsung dari sumber pencemaran udara disebut dengan polutan primer, seperti karbon monoksida karena karbon monoksida merupakan hasil dari pembakaran. Selain polutan primer terdapat juga polutan sekunder yang substansi polutannya terbentuk dari reaksi polutan primer di atrmosfer, seperti ozon.

Pencemaran yang terjadi di Indonesia banyak diakibatkan oleh aktivitas manusia, seperti kendaraan bermotor, pembakaran atau kegiatan memasak, hingga kegiatan industri. Polutan yang dihasilkan oleh kegiatan manusia tersebut sangat besar dan berpengaruh terhadap masalah pencemaran yang terjadi di Indonesia.

Kualitas udara di Indonesia termasuk kedalah golongan yang tidak sehat bagi kelompok sensitif dimana konsentrasi PM 2.5 di Indonesia pada tahun 2019 mencapai 5kali lipat diatas rekomendasi paparan dari WHO. Particulate matter (PM) 2.5 merupakan partikel halus di udara yang memiliki ukuran 2.5 mikron atau lebih kecil dari itu. Indonesia menjadi posisi 6 dari 98 negara yang dinilai memiliki kualitas udara terburuk di dunia pada tahun 2019 dengan AQI sebesar 141, Indeks Kualitas Udara atau AQI dihitung berdasarkan pengukuran partikulat ( PM2.5 dan PM 10), Ozon (O 3), Nitrogen Dioksida (NO2), Sulfur Dioksida (SO 2) dan emisi Karbon Monoksida (CO). Di Indonesia Denpasar,Bali menjadi kota terbersih sedangkan kota berpolusi di Indonesia merupakan Tanggerang Selatan, Banten.

Rendahnya kualitas udara di Indonesia berdampak buruk bagi lingkungan dan kesehatan manusia. Pencemaran udara sangat berdampak buruk bagi Kesehatan pernafasan manusia, tidak hanya menyebabkan masalah pada pernafasan manusia namun pencemaran udara juga dapat menyebabkan masalah jantung dan kanker. Anak-anak yang ada didaerah dengan paparan polutan udara yang tinggi besar kemungkinan untuk menderita pneumonia dan asma. Selain berdampak pada Kesehatan manusia, pencemaran udara secara langsung berdampak pada pemanasan global dimana terjadi peningkatan suhu diseluruh dunia, terjadinya hujan asam, penipisan lapisan ozon hingga membuat hewan terkena racun akibat bahan kimia beracun di udara.

Pandemi covid-19 yang masuk ke negara Indonesia sejak awal tahun 2020 ternyata membawa dampak baik bagi kualitas udara di negara Indonesia. Pandemi covid-19 mengharuskan manusia untuk mengurangi aktivitasnya, terlebih lagi dengan diadakannya PSBB disejumlah wilayah di Indonesia. Seperti kondisi kualitas udara di Jakarta yang sebelum merebaknya virus ini masuk kedalam kondisi tak sehat, namun sejak 10 maret 2020 kondisi kualitas udara Jakarta masuk kedalam tahap moderat yang berarti kualitas udara di Jakarta tidak menimbulkan bahaya besar bagi Kesehatan namun hanya bisa membuat iritasi bagi Sebagian orang yang memiliki sensitivitas kulit dan saluran pernafasan.

Kesimpulan

            Pencemaran udara menjadi salah satu pencemaran yang paling berbahaya. Pencemaran udara membawa dampak yang cukup buruk bagi Kesehatan dan keadaan lingkungan, hal ini cukup meresahkan masyarakat Indonesia karena negara Indonesia masuk kedalam golongan negara dengan kualitas udara yag buruk. Dampak dari pencemaran udara itu sendiri sangat banyak, mulai dari asma, pneumonia, jantung hingga kanker. Sedangkan bagi lingkungan akan menyebabkan pemanasan global, penipisan ozon hingga matinya hewan akibat bahan kimia beracun di udara. Namun, pandemi covid-19 membawa dampak baik bagi kualitas udara di Indonesia karena berkurangnya aktivitas manusia selama pandemi covid-19. Jagalah lingkungan agar terhindar dari pencemaran udara dan pencemaran lingkungan lainnya, kesadaran masyarakat menjadi poin utama bagi hilangnya pencemaran di dunia.

Daftar Pustaka

https://katadata.co.id/muhammadridhoi/berita/5e9a41f5c6609/jakarta-lakukan-psbb-atasi-covid-19-ini-dampaknya-ke-polusi-udara

https://youtu.be/uJ-INJqndV8

https://www.kompas.com/skola/read/2020/01/17/140000269/pencemaran-udara-dampak-dan-solusi


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.