.

Minggu, 11 Oktober 2020

Pencemaran Limbah Industri

 

 

Nama:Yongky Putra(@R04-Yongki)

PENCEMARAN LIMBAH              INDUSTRI

ABSTRAK

 


Pencemaran,kita sudah mengetahui pencemaran merupakan sesuatu lingkungan yang bersih akan menjadi tercemar.Pencemaran adalah dimasukkannya sesuatu yang dapat menyebabkan materi awalnya menjadi berkeadaan tidak baik dan menyimpang dari fungsi yang sebenarnya. Sementara itu sesuatu yang dapat menyebabkan pencemaran ini sangat beragam, yakni bisa berupa makhluk hidup, zat, energi maupun komponen- komponen lain. Sesuatu yang menyebabkan pencemaran ini biasanya disebut dengan limbah. Limbah ini dapat kita temukan dalam keseharian kita. bahkan apa saja aktivitas manusia, sangat berpotensi menghasilkan limbah.Limbah dibagi menjadi dua,Limbah rumah tangga dan Limbah industri,Limbah pabrik/industri pencemaran nya bisa melalui udara,air,ataupun tanah.Limbah pabrik dibagi menjadi 3 antara lain:1.)Limbah Cair merupakan limbah sisa-sisa produksi dari pabriknya yang bentuknya cair,2.)Limbah padat Merupakan buangan dari hasil industri yang berbentuk padat seperti lumpur maupun bubur yang berasal dari suatu proses pengolahan,3.)Limbah gas merupakan sumber alami maupun dari hasil aktivitas yang berbentuk molekul-molekul gas.Dan ada beberapa dampak dari pencemaran limbah industry antara lain:1.)Dampak dari pencemaran limbah industri terhadap lingkungan hidup yaitu rusaknya kualitas lingkungan kita,terutama diperairan sebagai salah satunya kebutuhan manusia dan mahluk hidup yang lain.Gangguan terhadap perairan sangat merugikan kualitas dari air serta manfaatnya.Limbah industri yang dibuang keperairan akibatnya bagi lingkungan disekitar perairan tersebut.Karena limbah tersebut mempunyai bahan-bahan yang berbahaya yang dibuang keperairan salah satunya limbah berbahaya dan beracun.Jika Pencemaran limbah industri dibiarkan terus menerus dinegara Indonesia ini,maka kelangsungan kehidupan mahluk hidup diperairan akan terancam.2.)Untuk menanggulangi pencemaran agar tidak terus menerus terjadi maka Limbah industri diperlukan Peraturan-peraturan seperti UU No.32 Tahun 2009 Tentang Perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup.

Kata Kunci:Limbah Industri,Perairan.

PENDAHULUAN

lingkungan hidup perlu di jaga kelestariannya sehingga tetap mampu menunjang pelaksanaan pembangunan yang berkelanjutan, bahwa dengan meningkatnya pembangunan di segala bidang, khususnya pembangunan di bidang industri, semakin meningkat pula jumblah limbah yang di hasilkan termasuk yang berbahaya dan beracun yang dapat membahayakan lingkungan hidup dan kesehatan manusia, Pencemaran limbah juga dapat dihindari apabila masing-masing pihak bisa menjaga kelestarian alam ini. Di dalam kegiatan industri dan teknologi air yang telah digunakan (air limbah industri) tidak boleh langsung dibuang ke lingkungan (ke sungai) karena dapat menyebabkan pencemaran. Jadi, apabila telah melampaui ambang batas baku mutu lingkungan harus diproses kembali melalui teknologi agar dapat dikembalikan ke lingkungan. Oleh sebab itu manusia dalam upayanya memperoleh kualitas dan kenyamanan hidup yang lebih baik, perlu untuk memperhatikan hal-hal yang nantinya dapat membuat terjadinya kerusakan lingkungan. lingkungan hidup yang telah kita rusak, dapat segera dilakukan proses rehabilitasi agar mencegah terjadinya kerusakan yang lebih parah lagi.

PERUMUSAN MASALAH

1. Bagaimanakah dampak dari pencemaran limbah terhadap lingkungan hidup ?

PEMBAHASAN

A.Dampak Pencemaran Limbah Pabrik Terhadap Lingkungan Hidup

Sebagian besar industri membuang limbahnya ke perairan macam polutan yang di hasilkan mungkin berupa polutan organik (berbau busuk), polutan anorganik (berbui dan berwarna). Pemerintah menetapkan tata aturan untuk mengendalikan pencemaran air untuk limbah industri, karena limbah dari industri mengandung polutan organik dan anorganik, maka air limbah tersebut tidak bisa langsung di buang ke sungai, tetapi harus diolah terlebih dahulu sebelum di buang ke sungai agar tidak terjadi pencemaran, Limbah industri hendaknya diproses dahulu dengan teknik pengolahan limbah, dan setelah memenuhi syarat baku mutu air buangan baru bisa dialirkan ke selokanselokan atau sungai. Dengan demikian akan tercipta sungai yang bersih dan memiliki fungsi ekologis. Tindakan yang perlu dilakukan oleh masyarakat yaitu; pembuatan kolam pengolah limbah cair. Pencemaran limbah sangat berbahaya bagi biota di perairan berbagai jenis ekosistem mengalami keracunan. Setiap spesies yang berada di perairan berbeda – beda ada spesies yang tahan terhadap pencemaran dan ada juga yang tidak tahan terhadap pencemaran yang terjadi di perairan. Setiap ekosistem selalu beradaptasi dengan tempatnya. Walau pun begitu tingkat adaptasinya terbatas, bila batas tersebut melampaui batas, maka ikan tersebut akan mati. Punahnya sepesis tertentu akan beakibat pada kehidupan manusia dan juga makhluk hidup lainnya. Apa yang akan terjadi jikalau limbah dari pabrik mencemari lingkungan kita ? Negara kita merupakan Negara kepulauan, dan kaya akan kekayaan alam seperti flora dan fauna yang berada di perairan. Semua kejadian pemcemaran yang terjadi terhadap lingkungan hidup pasti akan berdampak pada ekosistem (perairan dan laut), karena limbah cair industri menyebabkan kerusakan lingkungan, dan juga bisa berdampak pada kesehatan manusia.

PENUTUP

A.Kesimpulan

  Dampak dari pencemaran limbah pabrik tahu terhadap lingkungan hidup yaitu rusaknya kualitas lingkungan terutama perairan sebagai salah satu kebutuhan umat manusia dan makhluk hidup lainnya. Rusaknya lingkungan akibat limbah pabrik tahu yang berdampak buruk terhadap kehidupan ekosistem yang berada diperairan dan juga mengancam kesehatan manusia. Ganguan terhadap perairan sangat merugikan kualitas mutu air serta manfaatnya. Limbah tahu membawa akibat bagi lingkungan, karena mempunyai bahan – bahan berbahaya yang dibuang ke perairan salah satunya limbah berbahaya dan beracun. Jika pencemaran limbah tahu dibiarkan terus menerus ditanah air kita, maka kelangsungan hidup ekosistem diperairan pun semakin terancam.Seharusnya Penerapan sanksi hukum memang sudah ada, akan tetapi pelaksanaanya masih lemah karena hal ini dibuktikan dengan masih banyaknya kasus-kasus yang terjadi khususnya pencemaran yang memberikan dampak kerugian yang begitu besar bagi lingkungan dan Negara.Peran pemerintah harus lebih ditegaskan dan disiplinkan lagi karena pemerintah sangat dibutuhkan.

DAFTAR PUSTAKA

Mulyonto H, Sungai Fungsi dan SifatSifatnya, Yogyakarta : GRAHA ILMU, 2007.

Wardhana Wisnu, Dampak Pencemaran Lingkunga, Yogyakarta : Andi, 2001.

Erwin Muhamad, Hukum Lingkungan Dalam Sistem Kebijaksanaan Pembangunan Lingkungan Hidup, Bandung : PT Refika Aditama, 2008.

 

1 komentar:

  1. Artikel ini sudah cukup baik. Tetapi, terdapat penulisan yang terlalu dempet dan tidak dikasih jarak pada bagian abstrak. Sebaiknya sebelum di upload artikel tersebut diperbaiki terlebih dahulu agar yang membaca lebih mudah untuk memahaminya.

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.