.

Minggu, 11 Oktober 2020

Bahan Kimia Dalam Pasta Gigi

 

Bahan Kimia Dalam Pasta Gigi

Disusun oleh : Kevin Adnan Husain (@S07-Kevin )



ABSTRAK

Pada artikel ini yaitu kurang nya pemahaman tentang ilmu kimia, hal ini menyebabkan orang- orang masih menganggap bahwa bahan kimia adalah bahan yang berbahaya seperti pembuatan bom . Artikel ini disusun bertujuan agar orang- orang tau manfaat bahan kimia dalam kehidupan sehari - hari.Bahan kimia yang anda akan temui di kehidupan sehari-hari ada di pasta gigi ada beberapa kandungan zat kimia di dalam nya seperti: Triclosan, Natrium Lauril Sulfat, Pemanis buatan, Fluorida, Formaldehida. Bahan – bahan tersebut akan memberikan manfaat jika digunakan sesuai dengan takarannya. Segala sesuatu tidak baik jika digunakan berlebihan.

 

Kata kunci : Pasta gigi, Dampak negatif

 

 

PENDAHULUAN

Pasta gigi adalah sejenis pasta yang digunakan untuk membersihkan gigi, biasa di gunakan dengan sikat gigi. Di indonesia, pasta gigi sering disebut Odol. Sebenarnya Odol adalah salah satu merek pasta gigi asal Jerman yang dibawa oleh para tentara belanda. Walaupun merek ini sudah berpuluh- puluh tahun tidak beredar lagi di indonesia, akhirnya nama Odol telah menjadi nama pengganti untuk pasta gigi.

Pasta gigi juga terdapat banyak manfaat di dalam nnya seperti, menghilangkian bau mulut, bakteri, dan beberapa noda yang ada di dalam gigi. Di beberapa pasta gigi sekarang banyak beragai rasa seperti rasa mint untuk orang dewasa sedangkan rasa yang untuk anak-anak seperti, strawberry, jeruk dan anggur. Bahan kimia yang anda akan temui di kehidupan sehari-hari ada di pasta gigi.

PERMASALAHAN

Permasalahan penyakit gigi yang dikeluhkan oleh masyarakat adalah gigi berlubang ,penyakit ini disebabkan oleh bakteri yang berkembang biak di mulut bakteri tersebut menghasilkan asam yang dapat mengikis lapisan gigi, sehingga membuat gigi menjadi lubang. Sering juga makan- makanan manis dapat membuat gigi berlubang semakin parah, penyakit ini diakibatkan oleh pola makan seperti makanan yang melekat pada gigi yang tidak bersifat membersihakn gigi.

Didalam pasta gigi memiliki dampak negatif bagi tubuh seperti:

1.      Tricolsan

Tricolsan adalah bahan kimia yang dipasarkan dengan klaim antibakteri serta membantu melawan gingivits atau radang gusi.

Namun, tricolsan mempengaruhi resistensi antibiotik tubuh dan memicu gangguan endokrin , yang dapat menyebabkan malformasi  tulang hingga kemungkinan langka perkembangan kanker.

2.      Natrium Lauril Sulfat

Bahan kimia ini memecahkan fosfolipid pada lidah sehingga meningkatkan rasa pahit.

3.      Pemanis buatan

Aspartam yang digunakan untuk mempermanis pasta gigi dari asam aspartat dan fenilalanin.

Fenilalanin terpecah menjadi metanol yang mana memiliki efek yang fatal bagi tubuh jika keracunan.

4.      Fluorida

Zat kimia ini dapat menyebabkan neurologis dan endokrin dalam tubuh kita. Anak-anak yang menelan pasta dalam jumlah besar saat menyikat gigi dapat beresiko terserang fluorosis gigi.

5.      Formaldehida

Banyak merek pasta gigi mengandung formaldehida, bahan pengawet umum yang menghentikan proses penguraian pada organisme yang membusuk.

 

HASIL & PEMBAHASAN

Pasta gigi sudah menjadi kebutuhan sehari-hari, setiap hari paling tidak pasta gigi digunakan minimal dua kali untuk membersihkan gigi. Pasta gigi mempunyai banyak rasa dan juga dijual dalam berbagai fungsinya ,seperti pasta gigi dengan fungsi memutihkan gigi, membersihkan dan melindungi gigi dari bakteri, membuat mulut terasa segar, mencegah gigi berlubang.

 

KESIMPULAN

Kesimpulan nya adalah bukan berarti pasta gigi sangat mengancam kesehatan orang-orang yang hendak sikat gigi. Zat-zat kimia yang terkandung dalam pasat gigi nyatanya bisa dimanfaatkan untuk hal selain menyikat gigi, seperti membasmi jerawat dan membersihkan sepatu.

 

DAFTAR PUSTAKA

https://www.okadoc.com/id-id/blog/kesehatan/penyakit-gigi-dan-mulut-segala-usia/

https://id.wikipedia.org/wiki/Pasta_gigi

https://aceh.tribunnews.com/2020/02/06/di-balik-manfaatnya-merawat-gigi-kandungan-pasta-gigi-ternyata-punya-dampak-negatif-bagi-kesehatan?page=all

https://hellosehat.com/hidup-sehat/gigi-mulut/mengenal-kandungan-dalam-pasta-gigi-dan-fungsinya/#gref

2 komentar:

  1. judul artikelnya bagus, tetapi setiap paragraf harus menjorok kedalam dan tidak perlu dispasi antar paragraf

    BalasHapus
  2. Menurut pendapat saya, keseluruhan sudah bagus. Namun pada bagian daftar pustaka tidak menggunakan sistem penulisan NaTaJuKoPe yang sudah ditentukan oleh dosen sebagai syarat.

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.