.

Minggu, 12 Januari 2020

Teknologi Hijau Ramah Lingkungan

Oleh: Rosa Amaria Putri (@P09-Rosa)

Abstrak
Definisi teknologi berdasarkan beberapa kamus terkemuka di dunia (Dictionary.com,dan Meriam Webster) anatara lain: Cabang penegtahuan yang berhubungan dengan penciptaan dan penggunaan sarana teknis dan keterkaitannya dengan kehidupan,masyarakat,dan lingkungan;Penerapan pengetahuan untuk tujuan praktis;Proses ilmiah atau industry ,penenmuan,metode atau sejenisnya,Penggunaan ilmju pengetahuan dalam industry,teknik,dan sebagainya,untuk menemuksn hal-hal ysng berguns stsu untuk memecahkan masalah (MW,2016,dan DC,2016).terdapat konsep-konsep,prinsip,ruang lingkup ,dan penerapan di berbagai Negara.
Kata Kunci
            Teknologi hijau,konsep teknologi hijau,ruang lingkup teknologi hijau.
       I.            Pedahuluan
Berdasarkan catatan Karyo (2009),teknologi hijau muncul sebagai konsekuensi hadirnya formulasi komisi PBB,World commission on Environment and Development (WCED),atau yang lebih dikenal sebagai Brundtland Commission tahun 1987 mengenai pembangunan berkelanjutan.Teknologi hijau adalah teknologi yang penggunaannya minim penggunaannya minim menggunakan sumberdaya alam,termasuk sumberdaya energy,mineral,air dan material,serta minim menimbulkan dampak negatif bagi lingkungan dan manusia.
     II.            Permasalahan
Masih banyak manusia yang kurang kesadaran dalam hidup dialam ini,masih banyak pabrik-pabrik yang nakal membuang limbah kimia ke aliran sungai,atau tempat yang dilalui banhyak makhluk hidup,kurangnya kesadaran bahwa kita sebagai makhluk hidup masih membutuhkan alam yang sehat,energy yang positif,udara yang segar.
  III.            Pembahasan
Pengertian
            Teknologi hijau merupakan salah satu upaya untuk menjaga kelestarian dan berkelanjutan kehidupan di planet bumi ini. Kelestarian atau keberlanjutan ( sustainabilitas) yang dapat diartikan sebagai perihal pemenuhan kebutuhan masyarakat secara berkelanjutan dimasa depan tanpa merusak sumber daya alam , atau pemenuhan kebutuhan saat ini tanpa mengurangi kemampuan generasi mendatang untuk memenuhi kebutuhan mereka sendiri.
Konsep
·         Konsep Berkelanjutan, dimana kebutuhan masyarakat secara terus-menerus dapat dipenuhi tanpa merusak atau menghabiskan  sumberdaya alam.
·         Konsep daur ulang, dimana dalam proses produksi manufaktur dirancang sedemikian rupa supaya dapat di daur ulang atau digunakan kembali.
·         Konsep pengurangan limbah dan polusi, dimana pola produksi dan monsumsi diubah sedemikian rupa sehingga hanya menghasilkan seminimal mungkin limbah dan polusi.
·         Konsep Inovasi, dalam hal selalu berupaya mengembangkan teknologi alternatif.
·         Konsep Viabilitas,intinya ialah bagaimana kegiatan produksi dan konsumsi ramah lingkungan senntiasa terpelihara keberadaannya.
·         Konsep Edukasi, upaya untuk meningkatkan pemahaman masyarakat secara keseluruhan melalui pendidikan dan pelatihan.
Prinsip Utama
·         Kenyamanan Sosial,hakikat dari pengembangan dan penerapan teknologi antara lain untuk menumbuhkan kenyamanan dalam kehidupan masyarakat.
·         Ekonomis, penerapan teknologi hijau sedapat munglin harus rendah biaya dengan nilai manfaat yang seopyimal mungkin.
·         Ramah lingkungan, teknologi bersih dan ramah lingkungan .

  IV.            Kesimpulan dan Saran
Teknologi hijau yang ramah lingkungan akan membawa dampak positif bagi terhadap orang-orang yang bekerja di pabrik,maupun masyarakat sekitarnya.
Saran saya adalah Indonesia perlu membuat teknologi hijau yang inovatif dan terbarukan.
    V.            Daftar Pustaka
Hidayat, A A; kholil, Muhamad. 2018. Kimia dan Pengetahuan Lingkaran Industri. Yogyakarta: Penerbit  Wahana Resolusi.

Markom,Ruzian;Hassan,Norizan.2014. KELESTARIAN ALAM SEKITAR DAN PEMBIAYAAN TEKNOLOGI HIJAU DARI PERSPEKTIF UNDANG-UNDANG SYARIAH.Dalam http://jurnalkanun.dbp.my/wordpress/wp-content/uploads/2014/11/7-Kelestarian-Alam-Sekitar1.pdf Abstrak
            Kimia Hijau dikenal juga sebagai Kimia Berkelanjutan (Sustainable Chemistry).Dalam hal ini Kimia Hijau merupakan konsep dan pemikiran mengenai kimia untuk menyelamatkan lingkungan dari pencemaran . Kimia Hijau bukanlah canbang ilmu baru, namun merupakan cara pandanng atau strategidalam kaitannya dengan pemanfaatan kimia.Limbah kimia/limbah apapun dengannya ada konsep Kimia Hijau bisa diubah/diolh menjadi limbah yang tidak merugikan bahkan limbah bisa didaur ulang.Bahan-bahan yang digunakan lebih alami yang tidak akan merugikan makhluk hidup maupun alam.Energi yang dihasilkan konsep Kimia Hijau lebih positif dan menjadi energy yang sehat.Biaya yang dikeluarkan bisa di minimalisir.Dampak negatif yang dikeluarkan oleh bahan-bahan,limbah yang tidak sehat akan dikendalikan/adanya pengendalian karena konsep Kimia Hijau.
Kata Kunci
Limbah,bahan,biaya,,energy,dampak,pengendalian
       I.            Pedahuluan
Kimia Hijau merupakan paradigma yang relatif baru, dengan focus pada upaya mengoptimalkan kegiatan perancangan proses, produk dan pasca produk yang bisa memperkecil bahkan menihilkan pemakaian dan pembentukan bahan kimia beracun dan berbahaya.
     II.            Permasalahan
Masih banyak manusia yang kurang kesadaran dalam hidup dialam ini,masih banyak pabrik-pabrik yang nakal membuang limbah kimia ke aliran sungai,atau tempat yang dilalui banhyak makhluk hidup,kurangnya kesadaran bahwa kita sebagai makhluk hidup masih membutuhkan alam yang sehat,energy yang positif,udara yang segar.
  III.            Pembahasan
Prinsip 7-9
·         Penggunaan bahan baku ( bahan dasar atau bahan mentah) terbarukan
·         Mengurangi tahapan reaksi atau derivatif
·         Katalis
Prinsip 10-12
§  Rancangan untuk degradasi (peruraian)
§  Analisis seketika (real time)
§  Minimalisir potensi kecelakaan
·          
  IV.            Kesimpulan dan Saran
Konsep kimia hijau berupaya membuat langkah-langkah kreatif dan inovatif,Kimia Hijau ingin membangun prinsip hijau dimana alam menjafi sehat,lingkungan menjadi asri dan manusia,hewan,tumbuhan mendapatkan dampak yang positif.
Saran saya adalah bangkitkan kesadaran dalam diri agar selalu bisa menjaga,dan mearwat lingkungan dan alam sekitar kita,karena jika alam dan lingkungan rusak kita juga mendapatkan dampak yang negatif.
    V.            Daftar Pustaka
Hidayat, A A; kholil, Muhamad. 2018. Kimia dan Pengetahuan Lingkaran Industri. Yogyakarta: Penerbit  Wahana Resolusi.

Nasir,M;S,P,Edy.2015. MANAJEMEN PENGELOLAAN LIMBAH INDUSTRI.Dalam http://journals.ums.ac.id/index.php/benefit/article/viewFile/2313/1575 (akses 12 Januari 2020)

Sulistyono. PENGGUNAAN PRODUK PLASTIK DARI PETROKIMIA DENGAN BAHAN DASAR MINYAK DAN GAS BUMI MANFAAT DAN BAHAYANYA BAGI KESEHATAN DAN LINGKUNGAN.Dalamhttp://www.pusdiklatmigas.esdm.go.id/file/T7_Penggunaan_Plastik___Sulistyono.pdf (akses 12 Januari 2020)

Kementerian Perindustrian.2012. KEBIJAKAN PENGEMBANGAN INDUSTRI HIJAU.Dalam http://www.iesr.or.id/files/2apr_WORKSHOP_ENERGI.pdf (akses 12 Januari 2020)

Nurhayati,D,N.2013. BAHAN KIMIA DALAM KEHIDUPAN.Dalam https://nanikdn.staff.uns.ac.id/files/2013/10/Bahan-Kimia-aditif-guru.pdf
(akses 12 Januari 2020)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.