.

Senin, 13 Januari 2020

Pencemaran Lingkungan

Pencemaran Lingkungan yang Disebabkan Oleh Limbah Industri


Oleh : Wening Suciati (@P05-WENING)

Abstrak

Pencemaran tanah atau polusi tanah merupakan kondisi tercemarnya lapisan tanah oleh polutan dan kontaminan. Terjadinya polusi tanah dapat berdampak pada gangguan kesehatan serta kerusakan pada ekosistem. Polusi tanah dapat disebabkan oleh perilaku manusia maupun terjadi oleh alam. 

kata kunci : Pencemaran tanah

Pencemaran tanah adalah keadaan di mana bahan kimia buatan manusia masuk dan merubah lingkungan tanah alami. Pencemaran ini biasanya terjadi karena: kebocoran limbah cair atau bahan kimia industri atau fasilitas komersial; penggunaan pestisida; masuknya air permukaan tanah tercemar ke dalam lapisan sub-permukaan; kecelakaan kendaraaan pengangkut minyak, zat kimia, atau limbah; air limbah dari tempat penimbunan sampah serta limbah industri yang langsung dibuang ke tanah secara tidak memenuhi syarat (illegal dumping).

Penyebab Pencemaran Tanah
Pencemaran tanah bisa diakibatkan oleh beberapa penyebab, diantaranya :
1. Hujan Asam
2. Penggunaan detergen
3. Pembuangan plastik
4. Penggunaan pestisida

Jenis Polutan
Pencemaran tanah juga bisa disebabkan dari berbagai macam polutan. Polutan utama pencemaran adalah agen biologi dan beberapa aktivitas manusia. produk yang berasal dari polutan tanah yang mencemari tanah disebut kontaminan tanah.

1. Agen biologi : Bekerja didalam tanah untuk mengenalkan pupuk kandang dan mencerna lumpur
2. Praktik pertanian : Karena penggunaan pupuk, pestisida, kotoran sebagian tanah tercemar
3. Pola radioaktif : Zat radioaktif dapat menyusup ke dalam tanah dan menimbulkan efek racun
4. Limbah perkotaan : contoh nya limbah rumah tangga dan komersial
5. Limbah industri : contohnya limbah yang dihasilkan pabrik minyak, pabrik kertas, dll.

Akibat Pencemaran Tanah 
Pencemaran tanah dapat menimbulkan berbagai akibat yang negatif untuk kehidupan, yaitu :

1. Dampak bagi kesehatan : akibat yang ditimbulkan tergantung jenis polutan yang masuk dalam tubuh. Timbal dapat menyebabkan kerusakan otak, kerusakan ginjal. Ruam kulit, iritasi mata, kanker, dsb. 
2. Dampak bagi ekosistem : Dapat menyebabkan perubahan metabolisme dari mikroorganisme di lingkungan tanah tersebut. Akibatnya dapat memusnahkan spesies dari rantai makanan yang dapat berpengaruh pada rantai makanan lainnya. 
3. Dampak bagi pertanian : Dapat menyebabkan penurunan hasil pertanian karena perubahan metabolisme tanaman. dampak lainnya terlihat dari tanah yang tidak subur lagi dan dapat menyebabkan erosi.

Solusi Pencemaran Tanah
Pencemaran tanah dapat dicegah dengan melakukan hal-hal kecil dan sederhana seperti dibawah ini:

1. Mengurangi penggunaan pestisida
2. Tidak membuang sampah ke tanah terutama sampah plastik
3. hindari pembelian bahan kemasan karena akan menimbulkan sampah

Jadi, kita sebagai warga negara yang baik wajib menjaga lingkungan salah satunya menjaga tanah kita dari pencemaran tanah. karena tanah sangat berpengaruh pada kelangsungan hidup kita dan juga jika tanah sudah tercemar akan berdampak pula pada kehidupan kita sendiri.

Daftar Pustaka 

Anonim. 2018. Pengertian Pencemaran Tanah Menurut Para Ahli. [online]. (https://satumanfaat.com/pengertian-pencemaran-tanah-menurut-para-ahli-faktor-penyebab-dan-dampaknya-lengkap/ diakses tanggal 15 Oktober 2018)

Anonim. 2017. Pengertian Pencemaran Tanah, Penyebab, Akibat, dan Solusi. [online]. (https://lingkunganhidup.co/pengertian-pencemaran-tanah-penyebab-akibat-solusi/ diakses tanggal 15 Oktober 2018)

Anonim. 2018. Pencemaran Tanah. [online]. (https://pollutiononmyearth.weebly.com/pencemaran-tanah.html diakses tanggal 15 Oktober 2018)

Anonim. 2016. Pencemaran Tanah:Pengertian, Penyebab, Dampak, dan Pencegahan.[online]. (https://ilmugeografi.com/ilmu-bumi/tanah/pencemaran-tanah diakses tanggal 15 Oktober 2018)

Anonim. 2015. Pencemaran Tanah. [online]. (http://materiilmugeografi.blogspot.com/2015/12/pencemaran-tanah.html diakses tanggal 15 Oktober 2018)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.