.

Selasa, 19 November 2019

PENCEMARAN UDARA


ROMA WIBERO (@N04-ROMA)

PENCEMARAN UDARA

ABSTRAK
Udara sangat penting bagi kehidupan yang ada di bumi, Saat ini banyak tempat-tempat yang udaranya sudah mulai tercemar, karena ulah segelintir manusia yang kurang bertanggung jawab terhadap kelestarian lingkungan, karena yang merusak lingkungan itu umumnya manusia, jarang sekali atau tidak mungkin misalnya hewan sampai merusak lingkungan hidup.

PENDAHULUAN
Pencemaran udara di perkotaan merupakan permasalahan yang sangat penting dan memerlukan perhatian khusus dari pemerintah.1 Jumlah kendaraan di Indonesia tahun 2016 mencapai 124.215 juta unit, naik 10-15 %. Jumlah kendaraan meningkat 6 juta unit setiap tahunnya.2 Berdasarkan Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah kendaraan pada tahun 2011 yaitu 68.839.341 unit.3 Menurut WHO menyatakan bahwa pencemaran udara merupakan risiko gangguan kesehatan terbesar di dunia diperkirakan data tahun 2016 sekitar 6,5 juta orang meninggal tiap tahun akibat paparan polusi udara.

PEMBAHASAN

     PENGERTIAN
Pencemaran udara adalah suatu kondisi dimana kehadiran satu atau lebih substansi kimia, fisik atau biologi di atmosfer dalam jumlah yang membahayakan. Berbahaya kesehatan manusia, hewan, dan tumbuhan, menggangu estetika dan kenyamanan, atau merusak property. Polusi udara merupakan salah satu jenis dari pencemaran lingkungan hidup selain pencemaran lingkungan hidup selain pencemaran tanah, pencemaran air, pencemaran udara.

Pencemaran udara adalah perusakan terhadap kualitas udara. Kerusakan kualitas ini disebabkan oleh berbagai sumber, baik sumber biologis maupun non bioligis. Polusi udara dapat bersumber dari berbagai macam, antara lain : asap kendaraan motor, asap pabrik, limbah industri, limbah rumah tangga dan lain lain. Beberapa sumber ini juga menjadi sumber pencemaran tanah.

 SUMBER PENCEMARAN UDARA
Sumber pencemaran udara terdiri dari dua sumber, yaitu :
A.      Sumber pencemaran udara alamiah, misalnya akibat letusan gunung berapi. Bisa juga berupa kebakaran hutan, nitrifikasi dan dentrifikasi biologi.
B.      Sumber pencemaran udara berasal dari manusia. Sumber pencemaran jenis ini misalnya dari transportasi, emisi pabrik. Zat penyebab pencemaran udara yang bersumber dari kegiatan manusia antara lain karbon monoksida (co), oksida sulfur.

DAMPAK PENCEMARAN UDARA
Pemanasan Global, sudah bukan masalah baru lagi bagi kita. Setiap tahunnya suhu bumi mengalami peningkatan dan itu terjadi di seluruh bagian bumi. Seiring meningkatnya polusi udara, maka tidak heran jika suhu udara juga mengalami kenaikan. Saat ini es yang berada di kutub sudah mencair akibatnya volume air laut ikut mengalami kenaikan dan ada kemungkinan pulau – pulau kecil akan tenggelam
Hujan asam, akan timbul saat tingkat keasaman berada di bawah 5,5 dan hal ini disebabkan oleh belerang dan nitrogen yang bereaksi dengan oksigen hingga menghasilkan nitrogen dioksida. Selanjutnya beraksi kembali saat bertemu dengan uap air hingga akhirnya terbentuk asam sulfat dan asam nitrat.
             
              CARA MENGATASI POLUSI UDARA
Gunakan Transportasi Umum
Mendorong lebih banyak orang untuk menggunakan moda transportasi umum menjadi lebih banyak, akan mampu untuk mengurangi polusi. Juga, cobalah untuk menggunakan mobil dengan cara yang lebih bijak. Jika Anda dan rekan Anda berasal dari wilayah yang sama dan memiliki rencana yang sama, maka Anda bisa mengajak mereka berangkat bersama-sama dengan satu mobil sehingga lebih hemat energi, uang, dan mengurangi polusi udara.

Reboisasi Hutan
Reboisasi merupakan kegiatan untuk menanam kembali hutan yang pohon-pohonya telah habis ditebang. Kegiatan semacam ini sangat perlu dilakukan, karena mengingat dalam kesehariannya manusia banyak memanfaatkan kayu sepeti untuk membuat kertas, perabot rumah tangga, membangun rumah, dan masih banyak lagi. Hal ini menjadi begitu penting karena hutan dapat membuat udara bersih yang banyak mengandung oksigen.
 Memahami Konsep Daur Ulang
Berlaku bijaklah dalam memilah barang-barang untuk dibuang, jangan terlalu mudah membuah barang-barang yang tidak berguna bagi Anda. Karena dalam kenyataannya barang-barang tersebut masih bisa digunakan lagi untuk hal lain. Misalnya Anda dapat menggunakan toples bekas untuk menyimpan sereal atau makanan.
Menggunakan Sumber Energi Bersih
Ada banyak sumber energi alternatif yang ramah lingkungan. Seperti sumber energi bersih yang berasal dari matahari, angin, dan panas bumi. Sumber energi ini dapat diperbarui sehingga akan lebih aman digunakan dan mengurangi polusi yang timbul akibat pembakaran bahan bakar fosil untuk menghasilkan energi listrik.

DAFTAR PUSAKA
Amaliana A. Analisis Risiko Kesehatan Lingkungan Paparan Nitrogen Dioksida (NO2) Pada Pedagang Kaki Lima di Terminal Pulogadung Jakarta Timur. 2016. 3.
Roza V, Mirna I, Anita S. Korelasi Antara Konsentrasi Particulate Matter (PM10) di udara dan  Kandungan Timbal (Pb) Dalam Rambut Petugas SPBU di Kota Pekanbaru. Jurnal Dinamika Lingkungan. 2015;2(1):52-60.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.