.

Selasa, 19 November 2019

Upaya Pencegahan dan Penanggulangan Pencemaran Air

SATRIA HOTMA HIZKIA
@N19-SATRIA





Upaya Pencegahan dan Penanggulangan Pencemaran Air

Kata Kunci : Pencemaran Air, Upaya, Penanggulangan, Pencegahan.
1.      Pendahuluan
Pencemaran air dapat memberikan dampak yang sangat merugikan terhadap manusia, hewan maupun lingkungan serta ekosistem disekitarnya. Pencemaran air dapat mengakibatkan gangguan kesehatan, kerusakan lingkungan serta terganggunya keseimbangan ekosistem.  Begitu besar dampak yang ditimbulkan oleh pencemaran air terhadap kelangsungan makhluk hidup dan ekosistem di permukaan bumi, sehingga tindakan pencegahan dan penanggulangan pencemaran air penting untuk dilakukan.

Woodford mengemukakan tiga strategi terkait penanggulangan pencemaran air, yaitu melalui strategi pendidikan, hukum dan ekonomi. Proses pencegahan terjadinya pencemaran lebih baik daripada proses penanggulangan terhadap pencemaran yang telah terjadi. Namun keduanya tetap perlu dilakukan agar air tetap terjaga kualitasnya.

2.      Permasalahan
2.1  Apa bukti nyata dari penerapan strategi woodford ?
2.2  Apa upaya pencegahan terhadap pencemaran air ?
2.3  Apa upaya penanggulangan terhapda pencemaran air ?

3.      Pembahasan
3.1  Strategi Woodford

-       Pendidikan
Penerapan pendidikan lingkungan secara formal dan non formal. Ilmu lingkungan sudah dikaji dari jenjang pendidikan strata satu sampai doktoral. Dari pengkajian ilmu lingkungan, tentunya akan ada fokus pada air juga. dengan demikian diharapkan ada kesadaran akan pencemaran air.

-       Hukum
Peraturan mengenai lingkungan yang berlaku global, mulai dari konvensi internasional untuk pencegahan pencemaran dari kapal (1978); Konvensi PBB tentang hukum laut atlantik (1998).

-       Ekonomi
Prinsip pencemar membayar. Contoh kasus kapal tanker Exxon Valdez yang menumpahkan minyak di Teluk Alaska, maka pemilik perusahaan diwajibkan membayar ganti rugi sekaligus membersihkan tumpahan minyak di sepanjang wilayah yang terkontaminasi.


3.2  Upaya Pencegahan
-       Menempatkan daerah industri atau pabrik jauh dari daerah perumahan atau pemukiman
-       Pengawasan terhadap penggunaan jenis–jenis pestisida dan zat–zat kimia lain yang dapat menimbulkan pencemaran
-       Memperluas gerakan penghijauan
-       Tindakan tegas terhadap perilaku pencemaran lingkungan
-       Memberikan kesadaran terhadap masyaratkat tentang arti lingkungan hidup sehingga manusia lebih lebih mencintai lingkungan hidupnya    
3.3  Upaya Penanggulangan
-       Mengelola penggunaan detergen dengan baik
Detergen merupakan salah satu produk yang mengandung banyak zat kimia yang sulit terurai sehingga beresiko menyebabkan pencemaran air. Oleh sebab itu, dalam menggunakan detergen untuk mencuci pakaian.
-       Pembuatan kolam stabliisasi
Di kolam stabilisasi ini air limbah diolah secara alami. Ini dilakukan untuk menetralisasi zat-zat pencemar sebelum dialirkan ke sungai.
-          Mengolah limbah cair dari industri atau pabrik
Pabrik atau industri merupakan salah satu sumber penyebab pencemaran air. Oleh karena itu, mengelola limbah cair yang dialirkan ke sungai atau lainnya adalah hal yang penting untuk diperhatikan. Anda sendiri bisa menetralkan, mengendapkan, atau menyaring limbah tersebut sebelum dialirkan ke sungai, danau, atau bahkan laut.
-       Pengelolaan Excrexta (Human Excreta).
Pengelolaan ini dapat ditemukan dalam septic tank yangbisa diolah dengan cara anaerobik menjadi biogas. Setelah itu bisa dimanfaatkan sebagai sumber gas untuk rumah tangga.
-          Membuat perencanaan AMDAL (Analisis Mengenai Dampak Lingkungan)
Upaya yang terakhir adalah menerapkan perencanaan AMDAL dengan baik. Upaya ini wajib dipertimbangkan ketika melakukan pembangunan berskala besar seperti pembangunan kawasan industri. Dengan mendapatkan analisis dampak lingkungan dari pembangunan industri tersebut, pihak yang membangun industri terkait bisa menerapkan upaya penanggulangan yang tepat agar tidak terjadi pencemaran air.




Referensi

      Hidayat, Atep Afia. Muhammad Kholil. 2018. Kimia dan Pengetahuan Lingkungan                                           Industri. Yogyakarta: Wahana Resolusi.

      Andhika. 2018. Cara Untuk Menanggulangi Pencemaran Air.

      https://www.dictio.id/t/bagaimana-cara-penanggulangan-pencemaran-air/109997/3.

      Heryansyah, Tedy Rizka. 2018. Penyebab, Dampak, dan Cara Penanggulangan                                               Pencemaran air.

      Setiawan, Hayyan. 2016. Tindakan Pencegahan dan Penanggulangan Air.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.