.

Senin, 11 November 2019

PENCEMARAN AIR

PENCEMARAN AIR
Oleh : Adi Lesmana(@P20-ADI)







Abstrak
Pencemaran air dapat memberikan dampak yang sangat merugikan terhadap manusia, hewan maupun lingkungan serta ekosistem disekitarnya. Pencemaran air dapat mengakibatkan gangguan kesehatan, kerusakan lingkungan serta terganggunya keseimbangan ekosistem.  Begitu besar dampak yang ditimbulkan oleh pencemaran air terhadap kelangsungan makhluk hidup dan ekosistem di permukaan bumi, sehingga tindakan pencegahan dan penanggulangan pencemaran air penting untuk dilakukan. Berikut ini akan dijelaskan mengenai tindakan pencegahan dan penanggulangan pencemaran air, agar air sebagai kebutuhan vital bagi makhluk hidup tetap terjaga kebersihannya.

Kata kunci : pencemaran air

              I  .  Pendahuluan

Air adalah komponen yang penting bagi kehidupan. Makhluk hidup di muka bumi ini tak dapat terlepas dari kebutuhan akan air. Air merupakan kebutuhan utama bagi proses kehidupan di bumi. Apabila tidak ada air, maka tidak ada kehidupan. Namun, apabila kualitas dan kuantitas nya tidak mencukupi, maka harus ada solusi yang tepat. Air yang bersih didambakan setiap orang, baik untuk keperluan hidup sehari-hari, untuk keperluan industri, untuk kebersihan sanitasi kota, maupun untuk keperluan pertanian dan lain sebagainya

            II .  Permasalahan

Dari latar belakang yang sudah ditulis, maka dapat disimpulkan bahwa permasalahan saat ini adalah kualitas dan kuantitas air untuk kebutuhan hidup sehari-hari.

III . Pembahasan

Pencemaran air adalah masuknya komponen yang bercampur dengan air sehingga menurunkan kualitas air. Komponen tersebut antara lain adalah unsur, energi, dan zat lainnya.Pencemaran air antara lain adalah pencemaran air laut, pencemaran air tanah, air sungai, dan air danau

Penyebab Pencemaran Air

Apa saja penyebab pencemaran air? Pencemaran air disebabkan oleh berbagai jenis sampah dan limbah. Berikut adalah jenis-jenis penyebab pencemaran air beserta penjelasannya.
1. Limbah Rumah Tangga
Dari hal yang kecil, limbah rumah tangga juga bisa menyebabkan polusi air. Limbah rumah tangga ini bisa berupa air sabun, sampah rumah tangga dan sebagainya yang terkesan sepele, tapi memiliki dampak kerusakan yang cukup besar pada air.
2. Limbah Industri
Limbah pabrik atau industri juga menjadi salah satu faktor penyebab pencemaran air yang paling besar. Biasanya limbah industri ini langsung dibuang ke perairan tanpa diolah terlebih dahulu, sehingga dapat menyebabkan air menjadi tercemar.
3. Sektor Pertanian
Kegiatan pertanian juga dapat menghasilkan limbah yang mencemari air. Limbah pertanian ini berasal dari pupuk kimia dan pestisida yang digunakan untuk memelihara tanaman. Hal ini juga mencemari air yang terkandung di dalam tanah.
4. Penggunaan Bahan Peledak Untuk Menangkap Ikan
Faktor penyebab pencemaran air berikutnya adalah penggunaan bahan peledak untuk menangkap air. Cara ini memang dilarang, tapi masih sering dipraktekkan, sehingga dapat menyebabkan pencemaran air serta dapat merusak ekosistem air.
5. Detergen
Detergen juga menjadi penyebab pencemaran air. Penggunaan detergen dan pembuangan limbah detergen langsung ke dalam air akan menyebabkan pencemaran air. Maslaah yang timbul selain air yang tercemar adalah dapat mematikan ikan-ikan dan organisme air lainnya.

Penyebab Pencemaran Air
Penyebab pencemaran air dikategorikan menjadi dua, yaitu sumber kontaminan langsung dan tidak langsung. Sumber langsung merupakan efluen yang keluar industri. Sumber tak langsung adalah kontaminan yang memasuki badan air dari tanah, air tanah atau atmosfir berupa hujan.
Cara Menanggulangi Pencemaran Air
Penanggulan pencemaran air di Indonesia telah diatur melalui Peraturan Pemerintah Nomor 82 tahun 2001 tentang pengelolaan kualitas dan pengendalian pencemaran air. Salah satu upaya pemerintah dalam pengendalian pencemaran air adalah melalui Program Kali Bersih (PROKASIH). Program ini bertujuan untuk mengurangi berat limbah cair serta dilakukan secara bertahap untuk mengendalikan beban pencemaran dari sumber lainnya. Namun, mencegah lebih baik daripada mengobati. Oleh karena itu, masyarakat harus mampu memperluas gerakan penghijauan, menindak tegas terhadap pelaku pencemaran lingkungan, memberikan kesadaran  terhadap masyarakat tentang arti lingkungan hidup sehingga manusialebih mencintai lingkungan hidupnya.
IV.             Kesimpulan dan Saran
Air merupakan komponen yang paling penting dalam hidup kita. Tanpa air, makhluk hidup tidak bisa bertahan hidup. Oleh karena itu kita harus mencegah serta menanggulangi pencemaran udara dengan cara gerakan penghijauan, menindak tegas terhadap pelaku pencemaran lingkungan, memberikan kesadaran  terhadap masyarakat tentang arti lingkungan hidup.
V.                Daftar Pustaka


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.