.

Minggu, 17 November 2019

PENCEMARAN AIR


Muhammad Arifin ( N14-Arifin)

ABSTRAK
Air bersih adalah salah satu kebutuhan primer manusia. Air begitu penting bagi kehidupan karena air merupakan salah satu prasyarat untuk mengukur kualitas hidup manusia. Dalam konteks kualitas hidup, kami bicara secara spesifik dalam kontek kesehatan.

KATA KUNCI : FAKTOR PENYEBAB PENCEMARAN AIR, UPAYA MENGATASI PENCEMARAN AIR YANG DI SEBABKAN OLEH SAMPAH, CARA MENGATASI PENCEMARAN AIR DI SEKITAR LINGKUNGAN KITA.

I.PENDAHULUAN
Dari berbagai masalah yang ada di lingkungan sekitar kita, pencemaran air merupakan salah satu permasalahan yang harus diperhatikan karena pencemaran air dapat mengganggu lingkungan dan juga kehidupan masyarakat.
Disamping itu masyarakat banyak yang kurang menjaga kebersihan air. Kita sebagai masyarakat harus bisa menjaga kebersihan lingkungan kita apalagi dalam hal yang berkaitan dengan air, karena apalagi dalam hal yang berkaitan dengan air, karena air merupakan salah satu sumber kehidupan bagi semua makhluk hidup.

II. PERMASALAHAN
   1.      Faktor apa saja penyebab terjadinya pencemaran air?
   2.      Bagaimanakah cara mengatasi pencemaran air?
   3.      Apa saja yang dilakukan untuk mengurangi pencemaran air di sekitar lingkungan?
I  II. PEMBAHASAN
 Faktor Penyebab Terjadinya Pencemaran Air
Adapun faktor penyebab terjadinya pencemaran air yaitu karena pembuangan sampah di sungai, pembuangan limbah rumah tangga, penggunaan pestisida herbisida dan pupuk tanaman, kebocoran kapal tanker serta penangkapan ikan dengan racun, dinamit dan strom. Dan masih banyak juga faktor lainnya.
Kebanyakan masyarakat jika membuang sampah itu dibuang di sungai dan pembuangan sampah di sungai itu dapat menimbulkan pembusukan dan dapat menyumbat saluran air di sungai tersebut. Seharusnya jika masyarakat ingin membuang sampah itu harus bisa memilih dan memilih antara sampah organik dan anorganik.
 Cara mengatasi pencemaran air yang disebabkan oleh sampah

Sampah dapat menimbulkan permasalahan seperti sarang penyakit, menimbulkan bau busuk dan mengganggu pandangan mata. Oleh sebab itu, buanglah sampah pada tempat yang telah ditentukan. Jangan membuang sampah di sembarang tempat. Tempat penimbunan sampah yang terakhir jangan sampai mengganggu lingkungan kehidupan. Disamping itu, perlu dipikirkan pula cara  pemusnahan sampahnya. 
Cara-cara atau sistem pemusnahan sampah, antara lain sebagai berikut:
   1.      Dengan cara dibakar
Jika kita ingin membakar sampah, kita harus memilih terlebih dahulu mana sampah yang bisa dibakar. Dan saat membakar sampah tersebut kita usahakan agar asapnya tidak sampai mengganggu lingkungan sekitar
   2.      Untuk makanan ternak (babi)
Sampah bisa dijadikan untuk makanan ternak (babi) yaitu sisa sampah berupa sayuran, sisa makanan, dan buah-buahan yang bisa dijadikan untuk makanan dan buah-buahan yang bisa dijadikan untuk makana ternak.
   3.      Untuk bahan pupuk
Sampah dapat digunakan untuk bahan pupuk karena sampah yang membusuk akan menjadi bahan organik dan itu dapat digunakan sebagai pupuk.
       Cara yang dilakukan untuk mengurangi pencemaran air di sekitar lingkungan
Cara untuk mengurangi pencemaran air di sekitar lingkungan adalah banyak sekali misalnya saja dengan cara membuang sampah pada tempatnya, tidak membuang sampah di sungai, gotong-royong membersihkan selokan atau saluran air di sekitar dan masih banyak yang lain.
Salah satu cara yang mudah untuk dilakukan untuk mengurangi pencemaran air adalah masyarakat harus membuang sampah pada tempatnya. Dengan cara itu kita bisa mengurangi tercemarnya air yang dibutuhkan sehingga dengan tidak tercemarnya air, kadar air bisa terpenuhi.
IV. KESIMPULAN
Pada dasarnya pencemaran air memang sangat merugikan bagi semua makhluk maupun kalangan. Pencemaran berarti masuknya makhluk hidup dan zat-zat atau komponen tertentu ke dalam suatu lingkungan hidup. Akibatnya tatanan lingkungan hidup pun berubah. Pencemaran bisa menurunkan kwalitas lingkungan hidup setempat. Namun semua itu dapat diatasi dengan berbagai cara seperti tidak membuang limbah pada sungai, tidak membuang sampah sembarang dan masih banyak lagi.

DAFTAR PUSTAKA
                       -     De Blij, Harm J. 1977. Human Geography Canada : John Wiley & Sons
                       -     Departemen Pendidikan dan Kebudayaan 1993. Laut Kita Jakarta : Dirjen Dikdasmen
                       -     Teladan. 2004.Lembar Kerja Siswa Geogarafi. Mojokerto : CV. Sinar Mulia Pustaka.
                       -     Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Kurikulum 2004.Standar Kompetensi Mata Pelajaran Geografi. Jakarta : Dirjen Dik Das Men
                       - Desa.D.2016. Akses Air Bersih Di Indonesia. https://www.diandesa.org/daily-blog-project-news/akses-air-bersih-di-indonesia/. (akses 16 November 2019)







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.