.

Minggu, 17 November 2019

PENCEMARAN AIR I

Abstrak

Air memegang peranan penting di dalam kehidupan manusia dan juga makhluk hidup lainnya. Oleh Manusia air dipergunakan untuk minum, memasak, mencuci dan mandi. Di samping itu air juga banyak diperlukan untuk mengairi sawah, ladang, industri, dan masih banyak lagi. Pencemaran air adalah peristiwa masuknya zat, energi, unsur, atau komponen lainnya ke dalam air sehingga menyebabkan kualitas air terganggu. Kualitas air yang terganggu ditandai dengan perubahan bau, rasa, dan warna.

Akibat dari pencemaran air merusak ekosistem yang di dalam maupun di luar kehidupan air terganggu. Pencemaran air juga dapat berdampak bagi kehidupan manusia yang tidak pernah luput dari penggunaan air. Namun pencemaran air dapat diatasi dengan berbagai cara baik dari diri sendiri maupun dari instansi pemerintahan.

Kata kunci: Pencemaran air, penyebab pencemaran air, dampak pencemaran air, cara mengatasi pencemaran air.


       I.            PENDAHULUAN

Pencemaran air adalah masuknya atau dimasukkannya makhluk hidup, zat, energi dan atau komponen lain ke dalam air oleh kegiatan manusia, sehingga kualitas air turun sampai ke tingkat tertentu yang menyebabkan air tidak dapat berfungsi sesuai dengan peruntukannya. Berbagai macam fungsi air sangat membantu kehidupan manusia.

Pencemaran air ini terjadi pada sumber-sumber air seperti danau, sungai, laut dan air tanah yang disebabkan oleh aktivitas manusia itu sendiri. Padahal kemanfaatan terbesar air berasal danau, sungai, lautan dan air tanah yang digunakan untuk irigasi pertanian, bahan baku air minum, bahkan juga berpotensi sebagai objek wisata.


    II.            PERMASALAHAN

1.      Apa yang dimaksud pencemaran air?
2.      Apa faktor-faktor dan dampak pencemaran air?
3.      Bagaimana cara penanggulangan pencemaran air?


 III.            PEMBAHASAN

A.    Pengertian Pencemaran Air
Pencemaran air adalah penyimpangan sifat-sifat air dari keadaan normal, bukan dari kemurniannya. Keadaan normal air masih tergantung pada faktor penentu, yaitu kegunaan air itu sendiri dan asal sumber air. Pencemaran air pada umumnya diakibatkan kegiatan manusia. Besar kecilnya pencemaran akan tergantung dari kualitas dan kuantitas limbah yang dibuang ke sungai, baik limbah padat maupun limbah cair.

B.     Faktor-Faktor Penyebab Pencemaran Air
1.      Faktor Alam
-          Gempa Bumi
Pada saat gempa, bumi akan mengalami pergeseran yang menyebabkan air tanah akan mengalami pegeseran yang menyebabkan air menjadi keruh dan mata air menjadi kering.
-          Tsunami
Setelah terjadi tsunami air laut yang memporak porandakan dataran yang menyebabkan sumber air bersih akan berkurang.
-          Letusan Gunung
Saat gunung meletus akan mengeluarkan material yang mengandung bahan vulkanik yang akan sampai di sumber air bersih yang menyebakan perubahan kondisi air bersih menjadi tercemar.

2.      Faktor Kegiatan Manusia
-          Limbah Rumah Tangga
Limbah rumah tangga seperti air sabun dan cucian yang banyak orang membuangnya secara sembarangan di sungai.
-          Limbah Industri
Zat kimia yang dibuang ke sungai oleh pabrik akan menyebabkan perubahan kondisi air sungai yang baik menjadi tercemar.
-          Limbah Pertanian
Pupuk kimia dan pestisida yang digunakan berlebihan dapat mencemari air tanah.
-          Peternakan
Sisa metabolisme dari hewan ternak yang tidak diolah dan dibuang sembarangan akan mempengaruhi kualitas air dilingkungan perternakan tersebut.
-          Sampah
Sampah yang dibuang sembarangan akan menyebabkan pencemaran air dan dapat mengakibatkan banjir yang merugikan makhluk hidup.

C.    Cara Penanggulangan Pencemaran Air
Pencemaran air dapat ditanggulangi dengan melalui:
-          Perubahan perilaku masyarakat
Untuk mengatasi pencemaran air dapat dilakukan usaha preventif, misalnya dengan tidak membuang sampah dan limbah industri ke sungai.
-          Pembuatan kolam pengolah limbah cair
Upayakan pembuatan kolam pengolahan air buangan secara kolektif, agar limbah tidak langsung dialirkan ke selokan atau sungai. Untuk limbah industri dibersihkan terlebih dahulu baik secara mekanis, kimiawi, maupun biologis.


 IV.            KESIMPULAN

Pencemaran air dapat disebabkan oleh berbagai hal. Salah satunya penyebab pencemaran air adalah aktivitas manusia yang menciptakan limbah pemukiman atau limbah rumah tangga. Selain itu pencemaran air juga disebabkan dari limbah industri yang dibuang sembarangan.

Upaya penanggulangan pencemaran air dimulai dari pengertian yang baik dan perubahan dari masyarakat. Dimulai dengan tidak membuang sampah rumah tangga sembarangan. Sehingga hal tersebut dapat mencegah pencemaran pada sumber air yang ada di sekitar kita.


DAFTAR PUSTAKA

Amalia. 2016. Pencemaran Air di http://dinus.ac.id
Jhonnasis, Jefry. 2018. Penanggulangan Pencemaran Air Bersih di https://www.academia.edu
Unknown. 2011. Pencemaran Air di http://fifteen-15-fifteen.blogspot.com
Unknown. Jurnal Pencemaran Air di https://www.academia.edu
Rukandar, Dadan. Pencemaran Air, Pengertian, Penyebab dan Dampaknya di https://dlhk.bantenprov.go.id
Nurul, Anindya, Dkk. Pencemaran Air di https://www.academia.edu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.