.

Minggu, 13 Oktober 2019

Pencemaran Lingkungan


Dibuat Oleh : @N13-Wildan (Wildan Bagus Purnomo)

Abstrak
Pencemaran  dapat  timbul  sebagai  akibat  kegiatan  manusia  ataupun  disebabkan oleh  alam  (misal  gunung  meletus,  gas  beracun).  Ilmu  lingkungan  biasanya membahas pencemaran yang disebabkan oleh aktivitas manusia, yang dapat dicegah dan  dikendalikan.  Karena  kegiatan  manusia,  pencermaran  lingkungan pasti  terjadi. Pencemaran lingkungan tersebut tidak dapat dihindari. Yang dapat dilakukan adalah mengurangi pencemaran,  mengendalikan pencemaran, dan  meningkatkan kesadaran dan  kepedulian  masyarakat  terhadap  lingkungannya  agar  tidak  mencemari lingkngan
Kata Kunci: Pencemaran Lingkungan

I.                     Pendahuluan
Pencemaran lingkungan (Environmental pollution) merupakan efek dari perubbahan yang tidak diinginkan dalam lingkungan, yang secara langsung berpengaruh buruk terhaddap kondusi tumbuhan, hewan dan manusia. Pemanfaatan ilmu dan teknologi untuk meningkatkan kesejahteraan hidup manusia
memberikan efek sampingan terhadap lingkungan. Adanya berbagai macam industri,
banyaknya kendaraan bermotor, penggunaan hasil teknologi di bidang pertanian
(penggunaan insektisida, pestisida, penggunaan pupuk buatan, dan lain-lain) menyebabkan
peningkatan pencemaran lingkungan.
Pencemaran air, udara, dan tanah adalah masuknya zat, energi, makhluk hidup dan
atau komponen lain ke udara atau ke dalam air, ke tanah sehingga berubahnya komposisi air,
udara, tanah oleh kegiatan manusia atau proses alam, sehingga kualitas air, udara, tanah
menurun sampai ke tingkat tertentu yang menyebabkan air, udara, tanah tidak dapat
berfungsi lagi sesuai dengan peruntukannya (Keputusan Menteri Kependudukan dan
Lingkungan Hidup No.02/I/1988).

II.                   Permasalahan
1.       Apa itu polutan?
2.       Kenapa dampak polusi mencapai puncaknya?

III.                 Pembahasan
Pengertian Masuknya atau dimasukkannya makhluk hidup, zat energi dan atau komponen lain ke dalam air/udara dan atau berubahnya tatanan (komposisi) air/udara oleh kegiatan manusia dan proses alam, sehingga kualitas air atau udara menjadi kurang atau tidak dapat berfungsi lagi sesuai dengan peruntukkannya (SK Menteri kependudukan lingkungan hidup No. 2/MENKLH/1988. Dari segi kimia linngkungan Peristiwa penyebaran bahan kimia
dengan kadar tertentu yang dapat merubah keadaan keseimbangan pada daur materi baik keadaan  struktur maupun fungsinya sehingga mengganggu keseimbangan
Berdasarkan sumber.
Pencemaran dilingkungan rumah tangga. Kegiatan rumah tangga biasanya terdiri atas kegiatan memasak,mencuci, dan buang air. Kegiatan-kegiatan tersebut menghasilkan limbah dalam berbagai bentuk, baik padat maupun cair serta organic maupun anorganik.
Pencemaran  lingkungan dari kegiatan industry. Jumlah manusia semakin banyak dan kebutuhan makin beragamjenisnya. Untuk memenuhi tuntutan kebutuhan tersebut,semakin banyak industry dibangun. Kondisi tersebutmembawa dampak terhadap lingkungan berupa munculnya sampah atau limbah yang berjumlah semakin banyak dan bervariasi, terutama sampah atau limbah anorganik yang sulit untuk diurai oleh mikro organisme.
Pencemaran lingkungan dari kegiatan perrtanian. Kegiatan pertanian dimulai dari pemmbukaan lahan hutan, pengolahan lahan, penanaman, pemeliharaan, panen dan kegiatan setelah /pasca panen. Tiap kegiatan tersebut menghasilkan berbagai limbah yang dibuang kelingkungan.
Zat atau bahan yang dapat mengakibatkan  pencemaran di sebut polutan. Syarat-syarat  suatu  zat  disebut  polutan  bila  keberadaannya  dapat  menyebabkan  kerugian terhadap makluk hidup. Contohnya, karbon dioksida  dengan  kadar  0,033% di  udara berfaedah  bagi  tumbuhan,  tetapi  bila  lebih  tinggi  dari  0,033%  dapat  memberikan efek  merusak.  Suatu zat dapat disebut polutan apabila :
1. Jumlahnya melebihi jumlah normal.
2. Berada pada waktu yang tidak tepat.
3. Berada di tempat yang tidak tepat.
Sifat polutan yaitu :
1. Merusak  untuk  sementara,  tetapi  bila  telah  bereaksi  dengan  zat  lingkungan tidak merusak lagi.
2. Merusak  dalam  waktu  lama.  Contohnya  Pb  tidak  merusak  bila konsentrasinya rendah. Akan tetapi dalam jangka waktu yang lama, Pb dapat terakumulasi dalam tubuh sampai tingkat yang merusak.
Sebenernya pencemaran lingkungan terutama disebabkan karena ulah manusia dan sebagai akibatnya juga akan dirassakan oleh manusia baik secara langsung maupun tak langsung.

IV.                Kesimpulan
Untuk  mencegah  terjadinya  pencemaran  terhadap  lingkungan  oleh  berbagai aktivitas  industri  dan  aktivitas  manusia,  maka  diperlukan  pengendalian  terhadap pencemaran  lingkungan  dengan  menetapkan  baku  mutu  lingkungan.  Baku  mutu lingkungan  adalah  batas kadar  yang diperkenankan  bagi  zat  atau  bahan pencemar terdapat  di  lingkungan  dengan  tidak  menimbulkan  gangguan  terhadap  makhluk hidup, tumbuhan atau benda lainnya.

Daftar Pustaka
Hidayat Atep, Kholil Muhammad. 2018. Kimia dan Pengetahuan Lingkungan Indutri. Yogyakarta: Penerbit Wahana Resolusi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.