.

Kamis, 05 September 2019

perkembangan ilmu kimia

PERKEMBANGAN ILMU KIMIA




oleh: Arolvo Artya Anggarexo
 (@P12-AROLVO)




Kapan dan di mana awal dari perkembangan ilmu kimia? Perkembangan kimia tidak terlepas dari kemunculan alkimia yang diduga pertama kali muncul di mesir yang selanjutnya berkembang di yunani, romawi, india dan tiongkok. Alkimia berkembang dalam peradaban awal agama islam dengan tokoh-tokoh terkenal seperti ibnu sina dan ibnu hayan. Sedangkan di eropa alkimia berkembang pada zaman pertengahan sampai renaisans (masa kegelapan). Alkimia di mesir awal kemunculannya dihubungkan dengan nama hermes trismegitus, yang berdasarkan legenda menulis 42 buku “ilmu pengetahuan”. perkembangan alkimia selanjutnya berdasarkan publikasi yang dirilis perpustakaan universitas miskatonik antara lain memunculkan nama-nama democraticus, Aristotle, Claudius Ptolemy,synesius, Pelagius, prince khalid ibn yazid, jabir ibnu hayyan, ibnu sina, sampai nama yang muncul pada abat ke 18 seperti jean Jacques manget. Sejarah patut untuk dikenang dan digunakan sebagai pengetahuan penting bagi perkembangan suatu zaman atau kaum. Sedang kimia merupakan suatu bagian penting bagi kehidupan manusia yang juga merupakan proses rekayasa yang membantu percepatan perkembangan teknologi dan membantu terbentuknya semua obat-obatan untuk kesehatan manusia. Sehingga sejarah ilmu kimia menjadi penting untuk diketahui terutama oleh mereka yang bergelut dibidang ilmu kimia. Ilmuan mesir adalah orang pertama yang diyakini sebagai tonggak sejarah penerapan ilmu kimia di dunia yakni pada tahun 3200 sebelum masehi. Ketika itu para ilmuan di mesir berhasil memproduksi tembaga dari bijih dengan bantuan api dan bara dari kayu. Begitupun dengan kaca yang ditemukan oleh orang mesir pada tahun 3000 SM.

Pada 425 SM, teori atom pertama disampaikan oleh Democritus dari yunani. Dimana teori atom adalah teori utama dalam pembentukan senyawa kimia dan golongannya.Tahun 300 SM, menjadi sejarah pertama dalam perkembangan kimia yang mana seorang kimiawan filsuf –unsur pembentuk. Diketahui sekitar 4-100 elemen unsur ditemukan di yunani dan 5 elemen di cina.Dan pada tahun 180 SM, percobaan alchemistry pertama dipublikasikan di Mesir. Dimana sekitar 600 tahun kemudian ilmu ini tersebar hingga ke dunia arab.Pada tahun 900 M, Cina berhasil menemukan bubuk mesiu. Mesiu adalah bahan dasar dari pembuatan senjata api tradisional bahkan hingga sekarang masih sering digunakan. Dimana pada waktu itu banyak ilmuan yang belajarke cina mengenai ilmu mesiu termasuk dari para ilmuan arab.

Pada zaman era globalisasi ini mulai diadakan perdagangan bebas antar negara. Perdagangan ini memicu negara-negara untuk bersaing agar produknya dapat laku terjual di komoditas perdagangan dunia dengan cara menjual produk-produknya ke dunia. Maka produk ini tidak terbatas pula untuk bahan-bahan kimia seperti obat-obatan medis, perlengkapan medis dan peralatan medis.

Kimia adalah salah satu cabang ilmu kimia yang kini menjadi salah satu bidang dengan pertumbuhan tercepat, walau terdapat spesialis di dalam bidang ini, penerapan teknik-teniknya kimiawan percobaan semakin meningkat.

Cabang ilmu kimia Bidang-bidang yang dipelajari dalam keilmuan ini sangatlah luas, sehingga para ahli membaginya menjadi 5 bidang ilmu kimia penting, yaitu:

1. Kimia fisika: studi gabunga fisika dan kimia disebut sebagai kimia fisika, cabang ini berkaitan dengan sifat fisik bersama dengan struktur materi dan energy.
2. Kimia organik: ini adalah cabang ilmu kimia yang berkaitan dengan studi senyawa berbasis karbon,kimia organik terutama berlaku untuk studi tentang perilaku, karakteristik, komposisi dan sifat-sifat senyawa organik.
3. Kimia anorganik:  adalah cabang kimia yang mempelajari sifat dan reaksi senyawa anorganik. Ini mencakup semua senyawa kimia kecuali yang berupa rantai atau cincin atom-atom karbon, yang disebut senyawa organik dan dipelajari dalam kimia organik.
4. Kimia analatik: adalah bidang ilmu kimia yang mempelajari tentang sifat materi,bersama dengan zat komposisi berbeda.
5. Biokimia: adalah cabang kimi yang berkaitan dengan studi tentang proses kimia yang terjadi dalam organisme hidup

Daftar pustaka:

Hidayat, A A; Kholil, Muhammad. 2018. Kimia dan Pengetahuan Ingkungan Industri - Penerbit Wahana Revolusi. Yogyakarta, http://depoknegeriku.blogspot.com/2015/09/sejarah-perkembangan-ilmu-kimia.html, https://agnesdevia.wordpress.com/2012/07/16/perkembangan-ilmu-kimia/, http://www.jurnal.lapan.go.id/index.php/berita_dirgantara/article/view/711/629, https://www.ilmukimia.org/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.