.

Jumat, 06 September 2019

Apa itu kimia?




 Oleh : Auliyah Pertiwi (@P02-AULIYAH)






Kimia adalah  ilmu yang mempelajari sifat, komposisi dan struktur zat (yang disebut unsur dan senyawa), perubahan yang dialaminya, dan energi yang dilepaskan atau diserapnya selama proses berlangsung. Setiap zat, baik itu alami ataupun buatan, terdiri dari satu atau lebih jenis atom yang sekarang jumlahnya telah mencapai 118, yang disebut unsur. Walau atom ini, pada gilirannya, tersusun dari partikel-partikel yang lebih dasar lagi, mereka adalah balok pembangun dasar zat kimia; tidak ada kuantitas oksigen, air raksa atau emas, misalnya, yang lebih kecil daripada atom zat tersebut. Karena itu, kimia tidak membahas dunia sub atomik namun membahas sifat dari atom dan hukum yang mengatur kombinasinya dan bagaimana pengetahuan dari sifat-sifat ini dapat dipakai untuk tujuan tertentu. Adapun beberapa ahli yang mencoba memberikan definisi terhadap kimia, antara lain diartikan sebagai ilmu alam yang secara khusus mempelajari tentang perubahan materi, yang meliputi perubahan secara kimia dan fisika. 

Dalam hal ini perubahan materi dapat dipelajari melalui perubahan energi yang menyertai perubahan materi. Ada juga pendapat yang menyatakan bahwa kimia merupakan ilmu yang mempelajari komposisi dan sifat materi serta berbagai perubahan yang dialaminya. Sebagaimana cabang sains lainnya kimia juga berupaya mengungkapkan fakta tentang materi. Adapun pemahaman tentang materi ialah apapun yang menempati ruang dan mempunyai massa. Dengan demikian pada dasarnya kimia mengupas-tuntas mengenai materi dan perubahannya. Dalam perspektif kimia materi dapat berubah menjadi materi yang lebih sederhana atau kompleks. Hal itu karena materi meliputi zat murni atau koalisi dari beberapa zat murni (campuran). Contoh sederhana perubahan materi dari besi murni menjadi besi berkarat dianggap sangat merugikan, karena dapat mengurangi sifat penting yang ada pada materi tersebut.

Menurut egayoza (2013), Kimia berhubungan dengan interaksi materi yang dapat melibatkan dua zat atau antara materi dan energi, terutama dalam hubungannya dengan hukum pertama termodinamika. Kimia tradisional melibatkan interaksi antara zat kimia dalam Reaksi Kimia, yang mengubah satu atau lebih zat menjadi satu atau lebih zat lain. Kimia tradisional juga menangani analisis zat kimia, baik di dalam maupun di luar suatu reaksi, seperti dalam spektroskopi. Semua materi normal terdiri dari atom atau komponen-komponen subatom yang membentuk atom; proton, elektron, dan neutron. Atom dapat dikombinasikan untuk menghasilkan bentuk materi yang lebih kompleks seperti ion, molekul, atau kristal. Secara lengkap, ilmu kimia adalah ilmu yang mempelajari tentang :
1.    Susunan Materi
Mencakup komponen-komponen pembentuk materi dan perbandingan tiap komponen tersebut.
2.    Struktur Materi
Mencakup struktur partikel-partikel penyusun suatu materi atau menggambarkan bagaimana atom-atom penyusun materi tersebut saling berkaitan.
3.    Sifat Materi
Mencakup sifat fisis (wujud dan penampilan) dan sifat kimia. Sifat suatu materi yang dipengaruhi oleh susunan dan struktur dari materi.
4.    Energi menyertai perubahan materi
Menyangkut banyaknya energi yang menyertai sejumlah materi dan asal usul energi itu.

      Kimia sebenarnya merupakan ilmu yang sangat penting dan begitu menarik. Bagaimana tidak, tubuh manusia saja tersusun atas beragam organ, organ meliputi berbagai kelenjar, kelenjar tersusun atas jaringan, jaringan meliputi sel; sel terbentuk oleh beragam komponen sel; sedangkan komponen sel meliputi berbagai materi seperti asam amino, dan sebagainya. Di sisi lainnya kebutuhan hidup manusia tidak terlepas dari beragam materi seperti pangan, sandang dan papan. Begitu pula interaksi antar manusia, antar institusi perusahaan, bahkan institusi negara didominasi oleh transaksi materi dalam beragam bentuknya.
      
    Setiap materi yang ada terdiri dari materi bahkan tubuh kita sendiri. Kimia terlibat dalam segala hal yang kita lakukan, mulai dari menanam dan memasak makanan hingga membersihkan rumah dan tubuh kita untuk meluncurkan pesawat luar angkasa. Kimia adalah salah satu ilmu fisika yang membantu kita untuk menggambarkan dan menjelaskan dunia kita.

Daftar pustaka

Hidayat, A A; kholil, Muhamad. 2018. Kimia dan Pengetahuan Lingkaran Industri. Yogyakarta: Penerbit  Wahana Resolusi.

Dalam http://news.gunadarma.ac.id/2017/09/apa-itu-kimia/ (diunduh 23 september 2017)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.