.

Jumat, 13 September 2019

Bahan Bakar Fosil


OLEH :
Muhamad Arifin ( N14-Arifin )

ABSTRAK
Sebagian besar fosil yang ditemukan dapat berumur paling muda 10.000 tahun, dan paling tua 3,5 miliar tahun. Fosil juga bisa sebesar Seismosaurus, dan bisa juga sekecil amoeba. Fosil dapat berupa mamut beku Siberia yang ditemukan lengkap dengan rambutnya, atau bisa juga hanya berupa jejak. Fosil dapat berisi material dari organisme aslinya, atau tidak berisi sama sekali.
Kata Kunci : Awal mula bahan bakar fosil, keuntungan bahan bakar fosil, Komposisi bahan bakar fosil

I. PENDAHULUAN
Fosil adalah sisa-sisa atau bukti kehidupan yang terjadi waktu geologi sebelumnya / purba. Pada dasarnya semua fosil yang ada memberi kita petunjuk tentang dunia masa lalu atau lampau. Fosil ini adalah minyak bumi yang tergolong energy tidak terbarukan karena proses nya pembentukannya berlangsung jutaan tahun.

II. Permasalahan
Apa keuntungan bahan bakar fosil dalam kehidupan sehari hari?
Mengapa fosil tergolong energy tidak terbarukan ?

III. PEMBAHASAN

Asal Mula Fosil

Istilah bahan bakar fosil sudah santer terdengar sebagai salah satu biang keladi terjadinya pemanasan global, namun yang kita belum memahami adalah asal mereka dan bagaimana mereka dibentuk sehingga bermanfaat bagi manusia.
Penggunaan bahan bakar fosil seperti minyak bumi,gas alam dan batu bara sangat diperlukan manusia untuk melanjutkan kehidupannya agar lebih nyaman dan baik, karena energiyang dihasilkannya. Tanpa peran minyak bumi, gas alam dan batubara kegiatan manusia dalam bidang transportasi, pertanian, peternakan, pariwisata, kuliner dan kegiatan ekonomi lainnya akan terhambat dan kembali ke jaman purba.
Sejak revolusi industri disaat ditemukannya mesin uap dilanjutkan dengan beroperasinya kereta api, mobil dan pesawat terbang bahan bakar fosil menjadi sumber energi utama dalam menggerakkan roda kehidupan manusia. Namun pemanfaatan energi bahan bakar fosilyang berlebihan menghasilkan gas karbondioksida (CO2) yang menjadi salah satu gas efek rumah kaca yang menghalangi panas matahari untuk dipantulkan keluar angkasa tapi terjebak di bumi sehingga suhu bumi menjadi lebih panas.

Keuntungan Bahan Bakar Fosil Bagi Manusia
Kehidupan manusia tidak bisa lepas dari apa yang kita sebut dengan energi fosil. Aktivitas apapun memerlukan energi, namun energi fosil-lah yang selama ini kita gunakan. Sadar atau tidak energi fosil yang sudah sangat lama mengisi hidup kita butuh jutaan tahun dalam prosesnya agar bisa diolah, dan setelah diolah kemudian bisa kita gunakan seperti sekarang.
Energi fosil seperti minyak dan gas merupakan contoh energi fosil yang sudah sangat umum. Kendaraan bermotor yang kita lihat di jalanan, kapal di lautan, pesawat terbang di udara pada umumnya menggunakan energi fosil sebagai sumber tenaganya. Penjual gorengan di manapun, rumah makan, restoran, dan sebagainya pada umumnya menggunakan gas dan minyak sebagai sumber tenaga, yang artinya menggunakan energi fosil dalam kegiatannya. Untuk itu kita harus sadar betapa pentingnya energi fosil dalam kehidupan kita sehari-hari.

Komposisi Bahan Bakar Fosil
Minyak bumi (petroleum) adalah hidrokarbon cair yang berasal dari sisa tumbuhan dan hewan di lautan. Minyak bumi terbentuk akibat: 1) Pembusukan sisa makhluk hidup oleh mikroorganisme. 2) Terpendamnya sisa makhluk hidup di dalam lapisan kulit bumi. 3) Peningkatan suhu dan tekanan mengubah sisa makhluk hidup menjadi minyak bumi. 4) Minyak bumi masuk ke dalam pori-pori tanah dan terkonsentrasi di daerah yang kedap. Minyak bumi berasal dari lautan, dan berada di darat akibat pergerakan lempeng bumi. Batu bara adalah hidrokarbon padat yang berasal dari sisa tumbuhan yang membentuk batuan sedimen yang dapat terbakar. Gas alam adalah hidrokarbon gas yang berasal dari sisa tumbuhan dan hewan di lautan, dan terbentuk bersamaan dengan minyak bumi. Komposisi bahan bakar fosil:
-        Bahan bakar fosil Komposisi Minyak bumi · alkana (n-heptana, n-oktana dan isooktana) ·  sikloalkana (siklopentana dan sikloheksana) · benzena · sedikit alkena, S, N dan O
-          Batu bara · hidrokarbon suku tinggi · sedikit S
-          Gas alam · alkana (metana, etana, propana dan butana) · CO2, H2S, He C.

IV. KESIMPULAN
        Masih banyak energi yang bisa di gantikan peranya dari bahan bakar fosil dan lainnya. Sumber energy yang pantas dan layak di gunakan yang di katakana sebagai sumber energy alternative. Oleh karena itu juga kita harus melestarikan atau menajaga sumber energy tersebut untuk di gunakan di masa yang akan dating

Daftar Pustaka
Admin.2014. Fosil. https://www.cekkembali.com/fosil/4/. ( akses 10 September 2019)
Hidayat.A.A, dan Muhammad kholil.2018. Kimia dan Pengetahuan Lingkungan Industri.Yogyakarta: Wahana Resoulusi
Permadi, I. 2018.Asal Muasal Bahan Bakar Fosil.
Ayu, N. 2014. Energi Fosil. https://novelaayu.wordpress.com/2014/04/19/energi-fosil/. ( akses 10 September 2019)
Anonim. 2013. Minyak Bumi Kimia. https://materi78.files.wordpress.com/2013/06/mbumi_kim4.pdf. ( akses 11 September 2019)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.