.

Selasa, 18 Desember 2018

Penerapan Teknologi Hijau

Oleh: Rofiqoh Awaliyah (@K28-Rofiqoh)

Abstrak Teknologi merupakan salah satu hal penting dalam kegiatan manusia. Pada era globalisasi ini, hal tersebut menjadi perhatian dan pembicaraan masyarakat dunia karena terkait dan menentukan keberlangsungan hidup manusia.

Kata Kunci: Teknologi Hijau

Teknologi adalah sekumpulan pengetahuan ilmiah, mesin, perkakas, serta kemampuan organisasi produksi yang dikelola secara sistematis dan efektif. Teknologi merupakan suatu input produksi yang penting dan dapat diperjual belikan dipasar dunia sebagai suatu komoditas, dapat meliputi barang modal sebagai investasi, tenaga kerja dengan spesialisasitinggi dengan terampil dan informasi. Teknologi merupakan penerapan ilmu pengetahuan untuk tujuan praktis. Dengan kata lain teknologi merupakan penjabaran dilanjut dari ilmu pengetahuan.

Teknologi merupakan salah satu hal penting dalam kegiatan manusia. Pada era globalisasi ini, hal tersebut menjadi perhatian dan pembicaraan masyarakat dunia karena terkait dan menentukan keberlangsungan hidup manusia. Disadari atau tidak, kita sering mengabaikan akibat proses teknologi sudah menjadi masalah yang mendunia. Fakta membuktikan bahwa permasalahan lingkungan semakin lama semakin memburuk. 
Oleh karena itu, harus dicari cara untuk mengatasinya, salah satunya dengan mengembangkan teknologi yang ramah lingkungan. Teknologi Hijau adalah salah satu jawaban untuk permasalahan ini. 

Teknologi hijau di era globalisasi adalah teknologi yang bermanfaat bagi banyak umat manusia dan teknologi tersebut pertama, ramah lingkungan, contohnya minim polusi atau bahkan tidak menimbulkan polusi. Kedua, bersifat sustainable atau berkesinambungan sehinggap pemanfaatan teknologinya dapat dirasakan untuk waktu yang lama, dan Ketiga teknologi dapat diterapkan (applied).

Studi tentang teknologi hijau yang masih terus dikembangkan dan merupakan kecenderungan teknologi di masa datang dan mencakup bidang-bidang, salah satunya adalah Energi terbarukan (renewable energy). 

Energi sangat diperlukan dalam menjalankan aktivitas manusia. Energi surya dapat dimanfaatkan secara langsung tetapi dapat pula dikonversikan menjadi tenaga listrik untuk penerangan dan pemompaan air atau menguraikan air menjadi hidrogen dan oksigen yang nantinya dapat digunakan sebagai bahan bakar yang akrab lingkungan.

Dengan berlimpahnya sumber energi surya yang belum dimanfaatkan secara optimal, sedangkan di sisi lain ada sebagian wilayah Indonesia yang belum terlistriki karena tidak terjangkau oleh jaringan listrik, sehingga Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) dengan sistemnya yang modular dan mudah dipindahkan merupakan salah satu solusi yang dapat dipertimbangkan sebagai salah satu pembangkit listrik alternatif.

PLTS merupakan suatu sistem yang mudah dalam pengoperasiannya, handal dan memerlukan biaya pemeliharaan dan operasi yang rendah menjadikan PLTS mampu bersaing dengan teknologi konvensional pada sebagain besar kondisi wilayah yang terdiri dari pulau-pulau kecil dan tidak terjangkau oleh jaringan listrik dan tergolong sebagai kawasan terpencil. PLTS merupakan teknologi yang ramah lingkungan karena tidak melepaskan polutan seperti halnya pembangkit listrik tenaga fosil.

Kesimpulan
Pada era globalisasi ini teknologi sangat dibutuhkan karena mempermudah aktifitas. Tidak hanya bermanfaat, teknologi tersebut juga harus ramah lingkungan atau tidak merugikan untuk siapapun yang ada didunia ini. Maka dari itu untuk membuatnya kita perlu menerapkan konsep teknologi hijau. Seperti teknologi terbarukan PLTS yang mempunyai konsep menghemat energy fosil namun tidak melepaskan polutan.

Daftar Pustaka
Hidayat, Atep Afia., Muhammad Kholil. 2017. Kimia Industri dan Teknologi Hijau. Jakarta. Pantona Media.
Rahardjo, Irawan dan Ira Fitriana. 2005. ANALISIS POTENSI PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA SURYA DI INDONESIA. http://www.geocities.ws/markal_bppt/publish/pltkcl/plrahard.pdf
Geny, Anggita. 2011. Kecendrungan Teknologi Dimasa Depan. http://d3ipii-d3ipii.blogspot.com/2011/01/teknologi-hijau-green-technology.html
Ajim, Nanang. 2016. Teknologi Hijau di Era Globalisasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.