.

Senin, 03 Desember 2018

Pencemaran Air

Faisal Rafi Prayogo
(@K06-Faisal)

    Pencemaran adalah masalah serius yang dihadapi oleh penduduk bumi. Pencemaran itu sendiri merupakan fenomena yang relatif baru dalam sejarah planet bumi. secara serentak berbagai jenis pabrik dimana-mana yang membawa konsekuens tersendirii berupa pencemaran, termasuk pencemaran air itu sendiri. Pencemaran air adalah jika satu atau beberapa zat telah masuk ke dalam air atau perairan sehingga menimbulkan gangguan terhadap organisme yang ada.

Kata Kunci : Pencemaran, Pencemaran Air

    Berdasarkan catatan World Wild Fund (WWF) bahwa, pencemaran oleh bahan kimia beracun telah mengancam kehidupan dipalnet bumi, baik di lautan maupun daratan, mula daerah tropis sampai kutub, semuanya sudah terkontaminasi. Jika air sudah terkontaminasi zat berbahaya, maka air tersebut sudah tidak bisa dipakai lagi seperti untuk minum, mandi, irigasi pertanian,
    Sumber pencemaran air dapat dilihat dari : 1)Limbah Rumah Tangga, sampah yang dibuang ke sungai; 2)Limbah Industri, yang sisa limbahnyadibuang ke sungai; 3)Limbah Pertanian, limbah yang berasal dari pupuk dan pestisida yang dapat mencemari air yang terkandung dalam tanah; 4)Limbah Kendaraan, oli yang dapat mencemari air. karena hal tersebut dampak yang akan dialami yaitu : menurunnya kesuburan tanah, keseimbangan lingkungan terganggu, punahnya organisme dan membludaknya hama.
    Pencemaran air sangat mengganggu kehidupan kita sehari-hari. karena dampak yang ditimbulkannya secara langsung kepada kita. untuk mengurangi atau menanggulangi pencemaran air dapat dilakukan hal berikut seperti : 1)Menempatkan daerah industri yang jauh dari pemukiman; 2) Mengawasi penggunaan zat kmia dan pestisida; 3)Mencegah penggundulan hutan dan lakukan reboisasi; 4)Mencegah pembuangan sampah sembarangan. mungkin itu yang bisa kita lakukan untuk mencegah pencemaran air di lingkungan sekitar agar dampak yang diakibatkannya berkurang.
    mulailah dari dalam diri kita untuk menjaga lingkungan sekitar agar pencemaran apapun tidak akan berdampak pada kita seperti hal membuang sampah ditempat, itu merupakan hal kecil yang dapat mengurangi pencemaran di lngungan sekitar.

DAFTAR PUSTAKA 
Hidayat, Atep Afia dan Kholil, Muhammad. 2018. "Kimia dan Pengetahuan Lingkungan Industri" Cetakan 1. Yogyakarta. Penerbit Wahana Resolusi.
Nurlita, Shafira. 2018. Dengan artikel "Penyebab Pencemaran Air Beserta Solusi Untuk Mengatasi" dan https://thegorbalsla.com/pencemaran-air/ . Diakses pada 3 Desember 2018.
Anonim. 2018. Dengan artikel "Pencemaran Air" dan https://pollutiononmyearth.weebly.com/pencemaran-air.html . Diakses pada 3 Desember 2018.
Anonim. 2016. Dengan artikel "Pencemaran Air : Pengertian, Sumber, Jenis dan Akibat" dan https://ilmugeografi.com/ilmu-bumi/hidrologi/pencemaran-air . Diakses pada 3 Desember 2018.
Damayanti, Nina Afria. 2018. Dengan artikel "Pencemaran Air" dan https://www.academia.edu/9895965/pencemaran_air . Diakses pada 3 Desember 2018.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.