.

Selasa, 13 November 2018

Kenali Pencemaran Lingkungan.

(Gambar 1: Mind Mapping)
Oleh: Denny Farazumar Arief Kelana (@J11-Denny, @ProyekJ07)

ABSTRAK: Pencemaran lingkungan hidup merupakan salah satu masalah lingkungan yang sedang dihadapi dunia saat ini. Pencemaran lingkungan hidup telah ada selama berabad-abad. Meski demikian, mulai menjadi signifikan menyusul revolusi industri pada awal abad ke-19.
Kata Kunci: Pencemaran, Lingkungan, Penanggulangan, Penyebab, Macam.

KENALI PENCEMARAN LINGKUNGAN
Pencemaran lingkungan hidup menurut Santos (1990:44) adalah sebagai kontaminasi habitat, pemanfaatan sumber daya alam yang tidak dapat terurai. Setiap penggunaan sumber daya alam yang melebihi kapasitas alam untuk memulihkan dirinya sendiri dapat mengakibatkan pencemaran lingkungan. Hal ini dapat dibaca dalam buku Santos yang berjudul Managing Planet Earth: Perspectives on Population, ecology and the law.

MACAM-MACAM PENCEMARAN LINGKUNGAN
Macam-macam pencemaran lingkungan yang kita kenal saat ini terbagi ke dalam empat kategori. Tiap jenis pencemaran memiliki sebab dan dampak berbeda terhadap kehidupan kita. Jenis-jenis pencemaran tersebut, yaitu:
  1. Pencemaran Udara, Contoh pencemaran udara yaitu, asap pabrik dan kendaraan atau kebakaran hutan.

  2. Pencemaran Tanah, Contoh pencemaran berupa tumpahan minyak ke tanah.

  3. Pencemaran Air, Contoh pencemaran yaitu, limbah pabrik yang dibuang ke sungai atau parit.

  4. Pencemaran Suara, Contoh pencemaran dapat berupa suara kendaraan atau mesin pabrik yang melebihi ambang batas sehingga bisa merusak fungsi pendengaran.
MACAM-MACAM BAHAN PENCEMARAN LINGKUNGAN

Macam bahan pencemaran adalah sebagai berikut:
  1. Kimiawi, Berupa zat radio aktif, logam (Hg, Pb, As, Cd, Cr dan Hi), pupuk anorganik, pestisida, detergen dan minyak.

  2. Biologi, Berupa mikroorganisme, misalnya Escherichia coli, Entamoeba coli, dan Salmonella thyposa.

  3. Fisik, Berupa kaleng-kaleng, botol, plastik, dan karet.
PENYEBAB PENCEMARAN LINGKUNGAN

Penyebab pencemaran lingkungan hidup dapat berasal dari berbagai sumber. Menurut lembaga konservasi energi, sumber utamanya yaitu dari sektor industri,  transportasi, pertanian, perdagangan, pemukiman atau rumah tangga.
  1. Sektor Industri, Pencemaran dimulai sejak revolusi industri pada abad ke-19 yang menyebabkan pencemaran udara, air dan tanah.
  2. Sektor Transportasi, Pencemaran terjadi karena adanya penggunaan moda transportasi yang menggunakan bahan bakar fosil menyebabkan pencemaran udara karbon dioksida serta meningkatnya emisi karbon di udara.
  3. Sektor Rumah Tangga, Pencemaran terjadi karena sumber kontaminasi lingkungan yang berasal dari konstruksi bangunan di pemukiman penduduk.
  4. Sektor Pertanian, Pencemaran terjadi karena penggunaan pestisida untuk meningkatkan produktifitas pertanian yang menyebabkan terjadinya pencemaran air dan tanah.
  5. Sektor Perdagangan, Pencemaran terjadi karena penggunaan kemasan yang tidak ramah lingkungan seperti plastik.
PENANGGULANGAN PENCEMARAN LINGKUNGAN
Terdapat tiga cara dalam menanggulangi pencemaran lingkungan, yaitu sebagai berikut:

1. Penanggulangan secara administratif.
Penanggulangan secara administratif terhadap pencemaran lingkungan merupakan tugas pemerintah, yaitu dengan membuat peraturan-peraturan atau undang-undang. Beberapa peraturan yang telah dikeluarkan, antara lain sebagai berikut :

a) Pabrik tidak boleh menghasilkan produk (barang) yang dapat mencemari lingkungan. Misalnya, pabrik pembat lemari es, AC dan sprayer tidak boleh menghasilkan produk yang menggunakan gas CFC sehingga dapat menyebabkan penipisan dan berlubangnya lapisan ozon di stratofer.

b) Industri harus memiliki unit-unit pengolahan limbah (padat, cair, dan gas) sehingga limbah yang dibuang ke lingkungansudah terbebas dari zat-zat yang membahayakan lingkungan.

c) Pembuangan sampah dari pabrik harus dilakukan ke tempat-tempat tertentu yang jauh dari pemukiman.

d) Sebelum dilakukan pembangunan pabrik atau proyek-proyek industri harus dilakukan analisis mengenai dampak lingkungan (AM-DAL).

e) Pemerintah mengeluarkan buku mutu lingkungan, artinya standar untuk menentukan mutu suatu lingkungan. Untuk lingkungan air ditentukan baku mutu air , sedangkan untuk lingkungan udara ditentukan baku mutu udara. Dalam buku mutua air, antara lain tercantum batasan kadar bahan pencemar logam berat, misalnya fosfor dan merkuri. Didalam buku mutu udara, antara lain tercantum batasan kadar bahan pencemar, misalnya gas CO2 dan CO. Pemerintah akan memberikan sanksi kepada pabrik yang menghasilkan limbah dengan bahan pencemar yang melebihi standar baku mutu.

2. Penanggulangan secara teknologis.
Penanggulangan pencemaran lingkungan secara teknologis, misalnya menggunakan peralatan untuk mengolah sampah atau limbah. Di surabaya terdapat suatu tempat pembakaran akhir sampah dengan suhu yang sangat tinggi sehingga tidak membuang asap. Tempat tersebut dinamakan insenerator.

3. Penanggulangan secara Edukatif.
Penangkalan pencemaran secara edukatif dilakukan melalui jalur pendidikan baik formal maupun nonformal. Melalui pendidikan formal, disekolah dimasukkan pengetahuan tentang lingkungan hidup tentang lingkungan hidup kedalam mata pelajaran yang terkait, misalnya IPA dan Pendidikan agama. Melalui jalur pendidikan nonformal dilakukan penyuluhan kepada masyarakat tentang pentingnya pelestarian lingkungan dan pencegahan serta penanggulangan pencemaran lingkungan.

Dengan penyuluhan dan pendidikan diharapkan dapat meningkatkan kesadaran baik secara individu maupun secara berkelompok untuk memahami pentingnya kelestarian lingkungan.

DAFTAR PUSTAKA:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.