.

Senin, 15 Oktober 2018

PENIPISAN LAPISAN OZON



Penipisan lapisan ozon

Lapisan ozon adalah lapisan di atmosfer pada ketinggian 20−35 km di atas permukaan Bumi yang mengandung molekul-molekul ozon. Konsentrasi ozon di lapisan ini mencapai 10 ppm dan terbentuk akibat pengaruh sinar ultraviolet Matahari terhadap molekul-molekul oksigen. Peristiwa ini telah terjadi sejak berjuta-juta tahun yang lalu, tetapi campuran molekul-molekul nitrogen yang muncul di atmosfer menjaga konsentrasi ozon relatif stabil.
Ozon sendiri merupakan suatu gas yang terdapat di atmosfer secara alami, atau ada di atmosfer (baca: fungsi atmosfer) dengan sendirinya. Sehingga lapisan ozon diartikan sebagai lapisan yang mengandung banyak gas ozon. Ozon ini merupakan suatu gas yang mengandung unsur- unsur kimia. Unsur- unsur kimia yang terdapat dalam lapisan ozon ini terdiri dari tiga macam atom oksigen atau O. Karena memiliki kandungan O dalam jumlah banyak inilah lapisan ini diberi nama sebagai lapisan ozon. Atom oksigen ini mempunyai warna biru dan juga berbau kuat.
Gas- gas ozon ini di atmosfer Bumi terdapat pada dua lapisan, yakni di lapisan troposfer dan juga di lapisan stratosfer. Di lapisan troposfer, gas- gas ozon ini hanya terdapat dalam prosentase kecil, yakni hanya 10%. Sedangkan 90% lainnya terdapat di lapisan stratosfer. Lapisan tropisfer sendiri berada di sekitar 10 hingga 16 km dari permukaan Bumi, sementara lapisan stratosfer berada di sekitar 50 km dari puncak lapisan troposfer. 

Manfaat lapisan ozon  :
  • ·         Mengatur porsi sinar ultraviolet yang masuk ke permukaan Bumi
  • ·         Melindungi Bumi dari sinar ultraviolet
  • ·         Menyerap sinar ultraviolet
  • ·         Melindungi Bumi dari benda- benda langit yang jatuh
  • ·         melidungi Bumi dari jatuhnya benda- benda langit. 
  • ·         Menjaga kestabilan suhu di Bumi, sehingga pemanasan global pun bisa berkurang
Dampak penipisan lapisan ozon          :
ü  Menyebabkan kanker kulit pada manusia
ü  Menyebabkan penyakit katarak pada manusia
ü  Melemahkan sistem imunitas pada badan
ü  Memusnahkan hasil pertanian
ü  Memusnahkan kehidupan laut
ü  Menyebabkan pemanasan global
ü  Mencairnya es di kutub- kutub Bumi
ü  Naiknya permukaan air laut

Penyebab penipisan lapisan Ozon :
1.Penggundulan hutan
Penggundulan hutan berrati mengurangi jumlah pohon yang berfungsi sebagai penetralisir udara yang ada di Bumi. Ketika hutan- hutan digunduli maka proses penetralisasi udara akan sulit dilakukan. Selain itu produksi karbon akan sulit dikendalikan, hal itu akan menyebabkan cepatnya proses penipisan lapisan ozon.

2.Banyaknya asap pabrik
Tidak hanya asap kendaraan saja, asap barik juga akan menyebabkan terjadinya penipisan lapisan ozon. Asap pabrik juga mnegandung gas- gas berbahaya yang menyebabkan suhu Bumi memanas dan akan menyebabkan penipisan  pada lapisan ozon.

3.Penggunaan AC dan hair dryer secara besar- besaran
AC dan hair dryer adalah 2 benda elektronik yang akan memproduksi banyak sekali gas  CFC. Penggunaan benda tersebut akan memicu pemanasan suhu Bumi sehingga pada akhirnya akan menyebabkan tipisnya lapisan ozon.

3.Bahan- bahan rumah tangga yang mengandung zat berbahaya
Bahan- bahan rumah tangga, seperti pembersih rumah tangga banyak yang mengandung bahan- bahan kimia. Bahan- bahan kimia ini akan menyumbang pencemar bagi udara yang pada akhirnya akan menyebabkan penipisan lapisan ozon.

4.Penggunaan pestisida yang berlebihan
Pestisida adalah cairan pembasmi hama yang biasa digunakan dalam pertanian. Pestisida ini mengandung berbagai bahan kimia yang akan menyebabkan penipisan pada lapisan ozon.


DAFTAR PUSTAKA
Anonym.2016. 10 Penyebab Penipisan Lapisan Ozon dan Efek Rumah Kaca. https://ilmugeografi.com/fenomena-alam/penyebab-penipisan-lapisan-ozon-dan-efek-rumah-kaca. (diakses  13 October 2018)
Anonym.2016. Lapisan Ozon : Pengertian, Letak, Fungsi  dan Dampaknya. https://ilmugeografi.com/ilmu-bumi/meteorologi/lapisan-ozon. ( dikases 13 October 2018)





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.