.

Rabu, 12 September 2018

SORGUM SERBA GUNA

Abstrak
Sorgum(Sorghum bicolor L. Moench) merupakan tanaman serealia yang cukup potensial untuk dikembangkan di Indonesia karena mempunyai adaptasi lingkungan yang cukup luas, khususnya pada lahan marginal. Sorgum merupakan komoditas alternatif untuk pangan, pakan, dan industri. Biji sorgum mempunyai nilai gizi setara dengan jagung, namun kandungan tanin yang tinggi menyebabkan pemanfaatannya masih terbatas.
Kata kunci: Kimia dan sorgum
Sorgum merupakan tanaman pangan penting kelima setelah padi, gandum, jagung, dan barley, dan menjadi makanan utama lebih dari 750 juta orang di daerah tropis setengah kering di Afrika, Asia, dan Amerika Latin. Sorgum sendiri sudah akrab dan dikembangkan beberapa daerah di Indonesia sejak puluhan tahun silam. Sayangnya, komoditas ini nyaris tidak berkembang. Ditengah ketidakseriusan pemerintah, sejumlah komunitas lokal berbasis petani sudah mengembangkannya secara perlahan. Biji sorgum mengandung karbohidrat 73%, lemak 3,5%, dan protein 10% (lebih tinggi dibandingkan beras yang hanya mencapai 6,8%) bergantung pada varietas dan lahan pertanaman.
     Selain itu Penggunaan biji sorgum dalam ransum pakan ternak bersifat suplemen (substitusi) terhadap jagung, karena nilai nutrisinya tidak berbeda dengan jagung. Namun karena kandungan tanin yang cukup tinggi (0,40−3,60%), biji sorgum hanya digunakan dalam jumlah terbatas karena dapat mempengaruhi fungsi asam amino dan protein. Limbah sorgum (daun dan batang segar) dapat dimanfaatkan sebagai hijauan pakan ternak, daun sorgum tidak dapat diberikan secara langsung kepada ternak, tetapi harus dilayukan dahulu sekitar 2−3 jam. Dinas Peternakan (Disnak) Banyuwangi  dan PTPN  XII sudah mengujicobakan limbah sorgum ini pada ternak sapi di Kecamatan Licin milik Pak Syafi’uddin. Ternyata konsumsinya bagus dan kualitas susunya tidak ada perubahan.
   Sorgum sebagai bahan industri, biji sorgum mengandung 65−71% pati yang dapat dihidrolisis menjadi gula sederhana. Biji sorgum dapat dibuat gula atau glukosa cair atau sirup fruktosa sesuai dengan kandungan gula pada biji. Gula sederhana yang diperoleh dari biji sorgum selanjutnya dapat difermentasi untuk menghasilkan alkohol. Alkohol  umumnya dibuat dari biji sorgum yang berkualitas rendah atau berjamur. Produk industri penting dari biji sorgum adalah bir. Selama dekade terakhir, biji sorgum dapat menggantikan barley dalam pembuatan bir. Sifat kimia biji sorgum yang sangat penting dalam pembuatan bir adalah aktivitas diastatik, alfa-amino nitrogen, dan total nitrogen yang dapat larut. Namun, konsentrasi amilopektin yang tinggi dalam pati sorgum menyebabkan pati sangat sulit dihidrolisis.
            Sorgum memiliki banyak manfaat untuk semua mahluk hidup salah satunya untuk manusia dapat mencegah kanker, mengontrol diabetes, meningkatkan daya kognitif, dan banyak lagi. Untuk hewan sendiri salah satunya adalah sebagai pakan hemat yang dapat membuat bobot hewan besar. Kekurangan dari sorgum adalah  kandungan tanin yang tinggi menyebabkan pemanfaatannya masih terbatas dan biji sorgum sulit dikupas sehingga diperlukan perbaikan teknologi penyosohan antara lain dengan menggunakan penyosoh beras yang dilengkapi dengan silinder gurinda batu
            Kesimpulan dari artikel ini sorgum adalah tanaman kecil(serealia) yang memiliki banyak manfaat dan juga memiliki kekurangan  Untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan pengelolaan sistem produksi sorgum secara menyeluruh (holistik) yang mencakup empat dimensi, yaitu wilayah, ekonomi, sosial, dan industri. Untuk di Indonesia sendiri sorgum belum mendapatkan perhatian lebih dari pemerintah.

7 komentar:

  1. Sangat membantu, menambah wawasan, ditunggu artikel selanjutnya...

    BalasHapus
  2. @K29-Aprilia

    Judulnya sudah cukup bagus dan menarik untuk dibuka bagi orang awam. Tata penulisannya sudah baik dan kontennya kurang kutipan, untuk mind map sudah cukup kreatif dan bagus. Isinya bermanfaat 😊. Nilai: 75

    BalasHapus
  3. @K19-Luthfiah
    Mind map menarik dilihat, judul menarik, tata tulis cukup rapi tetapi kurang kutipan isi keseluruhan menarik
    Nilai : 76

    BalasHapus
  4. @k11-musela
    Judulnya kurang greget,tulisannya lumayan rapi,konten kurang,mind map menarik dilihat

    Nilai : 76

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.