.

Selasa, 11 September 2018

PENCEMARAN TANAH

PENCEMARAN TANAH



ABSTRAK : Tanah merupakan kmponen yang penting bagi makhluk hidup. Selain untuk menopang organisme, tanah merupakan habitat dari semua organisme darat. Kualitas tanah sangat mempengaruhi organisme di dalamnya. Dan kita harus menghindari adanya pencemaran tanah. Pencemaran tanah adalah suatu kondisi masuknya satu atau banyak benda kimia, fisik, atau biologis ke dalam tanah di mana benda-benda tersebut bisa merusak struktur tanah dan membuat tanaman menjadi sulit untuk beradaptasi. Pencemaran tanah dapat terjadi akibat terjadinya pencemaran air dan udara.

KATA KUNCI : Pencemaran Tanah
Pencemaran tanah terjadi ketika limbah tidak dibuang dengan benar atau dapat terjadi ketika manusia membuang bahan kimia kepada tanah dalam bentuk pestisida, insektisida dan pupuk dalam kegiatan praktek pertanian. Eksploitasi mineral (kegiatan pertambangan) juga telah memberikan kontribusi terhadap kerusakan tanah.

PENYEBAB PENCEMARAN TANAH
Adapun sumber pencemaran tanah dapat dibedakan berdasarkan bentuknya:
1.      Limbah cair
Limbah ini berasal dari indutri ataupun rumah tangga. Limbah cair rumah tangga diantaranya ialah air cucian, minyak goreng buangan, oli bekas, dan cat. Senyawa kimia dalam limbah cair akan masuk ke dalam pori – pori tanah. Limbah cair ini mudah menguap akibat pemanasan sehingga menimbulkan pencemaran udara. Selain itu, sapuan hujan akan membawa senyawa – senyawa limbah cair ke wilayah yang lebih luas. Dengan demikian, akan semakin banyak wilayah daratan yang akan mengalami kerusakan akibat dari pencemaran tanah.
2.      Limbah padat
Selain dalam bentuk cair, sampah - sampah rumah tangga ataupun industri dalam bentuk padatan yang di buang ke tanah dengan sembarangan pun menyebabkan berbagai masalah. Sampah - sampah padat organik (bangkai makhluk hidup atau produk dari makhluk hidup) dapat dengan mudah diuraikan oleh jamur atau bakteri. Namun, sampah - sampah padatan sintesis pada umumnya tidak dapat diuraikan oleh dekomposer (bakteri dan jamur) pada suatu ekosistem. Sehingga, hal ini akan membuat sampah - sampah tersebut menumpuk dan menimbulkan banyak masalah.

DAMPAK PENCEMARAN TANAH

1. Dampak terhadap kesehatan
Pencemaran tanah oleh limbah – limbah industri atau tumah tangga baik cair atau padat dapat menurunkan kualitas lingkungan. Paparan benzena yang terendap di tanah mampu menyebabkan leukimia (kanker sel darah putih). Ada beberapa macam dampak pada kesehatan seperti sakit kepala, pusing, letih, iritasi mata dan ruam kulit untuk paparan bahan kimia. Sehingga pada dosis yang besar, pencemaran tanah ini dapat menyebabkan kematian.

2. Dampak terhadap ekosistem
Kerusakan tanah oleh limbah – limbah tersebut juga akan merusak ekosistem yang ada. Tanah merupakan habitat bagi organisme terestrial (daratan). Bagaimana kelangsungan hidup organisme – organisme ini jikalau tanah tempat tinggal mereka mengalami kerusakan akibat pencemaran. Penguburan sampah – sampah padat yang tidak dapat diuraikan oleh dekomposer, tentu akan membuat kesuburan tanah menurun. Selain itu, mengganggu kehidupan organisme yang hidup di dalam tanah. Tanah yang subur mengandung berbagai macam mineral yang dibutuhkan organisme. Tanah yang tidak subur menyebabkan tumbuhan akan sulit berkembang. Jika hal demikian terjadi maka dapat dipastikan, wilayah dengan pencemaran taah tersebut akan mengalami kekeringan, tandus, dan lainnya.

CARA MENGATASI PENCEMARAN TANAH

1.       Remediasi
Yaitu proses pembersihan (penjernihan kembali) bagian tanah yang telah tercemar.

2.      Bioremediasi
Yaitu pembersihan tanah yang tercemar dengan menggunakan bakteri dan jamur yang mampu merombak tumpahan minak atau lainnya.

3.   Mendaur ulang sampah plastik, kaca, karet dan logam menjadi produk baru yang dapat kembali dimanfaatkan.

KESIMPULAN : Tanah merupakan sumber daya yang berguna bagi kelangsungan makhluk hidup diatasnya. Selain itu, tanah juga berperan dalam menjaga kelestarian sumber daya air dan kelestarian lingkungan hidup secara umum. Oleh karena itu, mulai sekarang, mari kita lakukan tindakan pencegahan pencemaran tanah, agar tanah kita tetap subur dan lestari.

DAFTAR PUSTAKA :
Yueornro, Tewguth. 2015. Pencemaran Tanah (Pengertian, Penyebab, Dampak, dan Cara Mengatasinya). Dan http://www.ebiologi.net/2015/07/pencemaran-tanah-pengertian-penyebab.html (Diunduh pada 11 September 2018)
Fachrunnisa, Andi. 2013. Kimia Lingkungan Pencemaran Tanah. Dan http://organiksmakma3b03.blogspot.com/2013/09/kimia-lingkungan-pencemaran-tanah.html (Diunduh pada 11 September 2018)
Anonim. 2015. Pengertian Pencemaran Tanah. Dan http://www.kakapintar.com/pengertian-pencemaran-tanah-penyebab-dampak-dan-cara-mengatasi/ (Diunduh pada 11 September 2018)






3 komentar:

  1. @J06-Razan
    Terimakasih. Artikel nya sangat bermanfaat. Mungkin lebih dirapihkan sedikit daftar pustakanya. Poin : 78

    BalasHapus
  2. @J13-Silvia
    Terimakasih.Artikel anda sangat bermanfaat dan menarik untuk di baca.Mungkin lebih teliti kembali untuk tulisan nya,dan daftar pustaka nya sedikit di rapihkan

    Poin:78

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.