.

Selasa, 11 September 2018

BIOKIMIA


BIOKIMIA





Pengertian Biokimia

Biokimia adalah ilmu yang mempelajari proses kimia yang ada kaitannya dengan organisme hidup. Biokimia berhasil menjelaskan proses hidup pada makhluk hidup. Fokus utama biokimia adalah untuk memahami bagaimana molekul biologis menimbulkan proses-proses yang terjadi dalam sel, yang pada akhirnya memberikan pemahaman besar tentang sebuah organisme. Biokimia diterapkan dalam bidang kedokteran, ahli gizi, dan pertanian.

Biokimia berkaitan erat dengan biologi molekuler. Biologi molekuler dapat dianggap sebagai cabang biokimia atau biokimia sebagai alat yang dapat digunakan untuk menyelidiki dan mempelajari biologi molekuler. Biokimia juga berkaitan dengan struktur, fungsi, dan interaksi biologi makromolekul seperti protein, asam nukleat, karbohidrat, dan lipid yang memberikan banyak fungsi yang terkait dengan kehidupan.

Perkembangan Biokimia

Pada awalnya, banyak orang percaya bahwa segala sesuatu yang hidup adalah berasal dari sesuatu yang tak hidup. Kemudian, pada tahun 1828, Friedrich Wöhler menerbitkan sebuah makalah tentang sintesis urea. Hal ini membuktikan bahwa senyawa organik dapat diciptakan.

Pada tahun 1833, Anselme Payen menemukan enzim amilase. Kemudian Eduard Buchner berhasil melakukan proses biokimia yang kompleks di luar sel pada tahun 1896 yaitu fermentasi alkohol di ekstrak sel ragi. Meskipun istilah “biokimia” telah ada sejak tahun 1882, tetapi istilah tersebut baru secara resmi diterima pada tahun 1903. Pada abad ke-20, biokimia berembang pesat seiring dengan penemuan teknologi baru seperti kromatografi, difraksi sinar X, mikroskop elektron, dll. Penemuan teknologi ini memungkinkan penelitian yang lebih rinci tentang berbagai molekul dan jalur metabolik sel seperti glikolisis dan siklus krebs.

Saat ini, penemuan-penemuan biokimia telah digunakan di berbagai bidang, mulai dari genetika hingga biologi molekular dan dari pertanian hingga dokter.

Tujuan Biokimia

Tujuan utama ilmu biokimia adalah memahami secara lengkap semua proses kimia yang berkaitan dengan sel-sel hidup pada tingkat molekular, dan tujuan lainnya yaitu berupaya untuk memahami bagaimana kehidupan dimulai.

Manfaat Biokimia

  • Dalam bidang Pertanian dengan pelestarian Alam dan Lingkungan
Pada dasarnya penerapan biokimia banyak terdapat dalam bidang pertanian. Penggunaan pestisida di bidang pertanian telah kita kenal lama. Pada umumnya pestisida bekerja dengan jalan menghambat enzim yang bekerja pada hama atau organisme tertentu.

Dalam hal ini biokimia berperan dalam meneliti mekanisme kerja pestisida tersebut sehingga dapat meningkatkan selektivitasnya dan dengan demikian dapat dicegah dampak negatif terhadap lingkungan hidup yang dapat ditimbulkannya. Jadi biokimia juga merupakan komponeri penting dalam pengetahuan tentang lingkungan hidup.
Peningkatan kualitas produk dalam bidang pertanian dan peternakan telah dapat diwujudkan dengan menerapkan hasil-hasil penelitian dalam bidang genetika
Ilmu biokimia mempunyai posisi yang kuat dalam bidang kesehataan dan pertanian yaitu :
  1. Dapat meningkatkan kualitas tumbuhan
  2. Dapat memahami kesehatan dan memilihara kesehatan
  3. Memahami dan melakukan penanganan suatu penyakit secara efektif.


  • Bidang Kedokteran dalam Masalah Gizi
Dengan mempelajari biokimia kita mengetahui tentang reaksi-reaksi kimia penting yang terjadi dalam sel. Hal ini berarti kita dapat memahami proses-proses yang terjadi dalam tubuh. Dengan demikian diharapkan kita akan mampu menghindari hal-hal dari luar yang akan mempengaruhi proses dalam sel-sel tubuh, misalnya kita akan dapat mengatur makanan yang akan kita konsumsi sehingga kita memperoleh manfaat dari makanan secara optimal. Contoh lain kita akan mampu menghindari dampak dari suatu lingkungan yang tercemar oleh limbah yang membahayakan kesehatan.

Biokimia mempunyai peranan dalam memecahkan masalah gizi, penyakit-penyakit akibat dari kurang gizi terutama pada anak-anak. Adapun salah satu penyebab dari kekurangan gizi adalah asupan makanan, infeksi penyakit. Seperti halnya yang telah di jelaskan di atas dengan mengetahui reaksi-reaksi apa saja yang terjadi dalam tubuh kita, kita dapat mengatasi kekurangan gizi dan kita akan dapat mengatur makanan yang akan kita konsumsi sehingga kita memperoleh manfaat dari makanan secara optimal. Serta kita mampu menghindari dampak dari suatu lingkungan yang tercemar oleh limbah yang membahayakan kesehatan.

  • Bidang Farmasi dalam Farmakologi dan Toksikologi Obat
Biokimia juga dapat menjelaskan hal-hal dalam bidang farmakologi dan toksikologi karena dua bidang ini berhubungan dengan pengaruh bahan kimia dari luar terhadap metabolisme. Obat-obatan biasanya mempengaruhi jalur metabolik tertentu, misalnya antibiotik penisilin dapat membunuh bakteri dengan menghambat pembentukan polisakarida pada dinding sel bakteri. Dengan demikian bakteri akan mati karena tak dapat membentuk dinding sel.

  • Bidang Keperawatan dalam menangani Pasien
Hasil penelitian biokimia turut menentukan diagnosis, prognosis dan pengobatan penyakit Pendekatan biokimia sering menjadi unsur fundamental untuk menjelaskan sebab penyakit dan merancang terapi yang tepat  Penggunaan berbagai pemeriksaan biokimia laboratorium secara bijaksana merupakan komponen integral dalam penegakan diagnosis dan pemantauan hasil terapi.

  • Bidang Kesehatan
Dengan dimanfaatkannya biokimia dalam bidang kesehatan kita dapat dapat memahami kesehatan dan memilihara kesehatan kita agar terhindar dari berbagai penyakit yang ada. Jika kita sudah terkena penyakit kita juga bisa memahami dan melakukan penanganan suatu penyakit secara efektif. Selain itu Biokimia juga dapat menjelaskan hal-hal dalam bidang farmakologi dan toksikologi karena dua bidang ini berhubungan dengan pengaruh bahan kimia dari luar terhadap metabolisme. Lalu dalam kasus Obat-obatan biasanya mempengaruhi jalur metabolik tertentu, misalnya antibiotik penisilin dapat membunuh bakteri dengan menghambat pembentukan polisakarida pada dinding sel bakteri. Dengan demikian bakteri akan mati karena tak dapat membentuk dinding sel.

  • Bidang Peternakan dan Perikanan
Biokimia sangat berperan penting dalam ilmu peternakan dan Perikanan, karena proses yang berlangsung dalam pemeliharaan fungsi tubuh dan produktifitas ternak dan perikanan akan maksimum. Jika proses pencernaan berlangsung optimal. Proses pencernaan baruberlangsung optimal jika ezim-enzim yang di butuhkan tersedia dalam jenis dan jumlah yang tepat. Dengan memahami reaksi-reaksi enzimatis yang terjadi dalam saluran pencernaan kita dapat meningkatkan efisien reaksi, misalnya dengan member addiktifpakan berupa enzim pemecah cellulose kepada pakan broiler berkandungan serat relative tinggi.

Selain itu Biokimia juga bias di lakukan diwujudkan dengan menerapkan hasil-hasil penelitian dalam bidang genetika. Rekayasa genetika pada waktu ini telah dilaksanakan dan memberikan hasil yang menggembirakan.

Daftar Pustaka




5 komentar:

  1. @J17-Bayu
    Mind map dan isi artikel sudah baik, tapi untuk referensi kurang dapat dipertanggung jawabkan. Mohon untuk kedepannya referensi didapat dari jurnal, buku, atau artikel ilmiah yang dapat dipertanggungjawabkan.
    (78)

    BalasHapus
  2. @J18-Ivan
    Terimakasih untuk artikelnya, artikel ini sangat bagus dan menarik. Tetapi saya berharap artikel ini bisa dikutip dari sumber-sumber terpercaya seperti jurnal dan buku referensi

    BalasHapus
  3. @K27-Lulu. Artikel sudah bagus hanya saja tidak ada kata kuncikunci.
    Nilai 80

    BalasHapus
  4. @K12-Aris
    penulisan baik dan mind map cukup bagus
    nilai:79

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.