.

Sabtu, 29 September 2018

ISU LINGKUNGAN SEKITAR INDUSTRI KIMIA

Oleh : @K19-Luthfiah, @ProyekK03
Abstrak
       Industri Kimia mengalami perkembangan yang pesat dalam kurun waktu 1935-1955. Kimia industri memainkan peran penting sebagai ilmu terapan di berbagai bidang yang berpengaruh terhadap berbagai aspek kehidupan manusia mulai dari stabilitas ekonomi, lingkungan dan politik. industri kimia menghasilkan berbagai produk yang dapat dimanfaatkan dalam beragam aspek kehidupan manusia. Industri kimia menimbulkan beragam persoalan lingkungan terbesar, merupakan salah satu pengguna gas alam terbesar, baik untuk bahan baku maupun kebutuhan energi.

Kata Kunci : Industri Kimia, isu lingkungan

     Menurut Hidayat (2008), mengemukakan industri kimia adalah industri yang mengolah bahan baku (bahan mentah) menjadi suatu hasil (produk) dengan memanfaatkan proses-proses kimia. Istilah produk dalam Kimia Industri dihasilkan melalui kegiatan Industri yang menghasilkan zat kimia, dengan bahan baku yang diproses bersumber dari hasil penambangan (contoh : semen), petrokimia, pertanian atau sumber-sumber lain.

       Dalam hal ini Mc. Kibbin (2005) menjelaskan bahwa industri kimia merupakan pengembangan, optimasi dan monitoring proses kimia dasar yang digunakan dalam industri untuk mengubah bahan baku dan prekursor menjadi produk komersial yang berguna bagi masyarakat. Sebagaimana industri lainnya, industri kimia tidak terlepas dari isu lingkungan. 

      Masalah lingkungan yang ditimbulkan sebagai berikut :
  • Pencemaran udara, banyak industri yang mengeluarkan limbah berupa asap. Banyak dari industri tersebut yang mengeluarkan asap sangat tinggi di udara yang tidak hanya sedikit tetapi juga sering hampir atau sepenuhnya 24 jam. Asap tersebut tentu banyak memiliki kandungan berbahaya apabila dihirup terlalu sering.
  • Pencemaran suara, banyak industri juga yang mengeluarkan limbah berupa suara-suara bising yang bisa mengganggu pekerja maupun masyarakat sekitar industri tersebut.
  • Pencemaran air, industri banyak mengeluarkan limbah berupa cairan yang pastinya dikeluarkan ke perairan sekitar industri. limbah cair ini pun dapat menghasilkan efek negatif bagi masyarakat, seperti bau tidak sedap, perubahan suhu, pendangkalan sungai. Air pun menjadi tidak sehat untuk digunakan dapat membuat masalah untuk kesehatan.
  • Pencemaran tanah, Limbah yang dihasilkan industri juga terkadang dibuang ke tanah sembarang dan dapat memengaruhi organisme di tanah tersebut. Dampak yang ditimbulkan seperti tanah tidak subur lagi, sehingga tumbuhan tidak bisa tumbuh lagi.
      Dampak yang ditimbulkan tidak hanya terhadap lingkungan, tetapi juga berdampak pada manusia, seperti masalah kesehatan, adanya pencemaran udara dapat berdampak besar bagi kesehatan warga sekitar karena mereka akan sulit bernapas dengan udara bersih. Berbagai penyakit akan muncul seperti asma, TBC, pneumonia, dan lain sebagainya yang berhubungan dengan pernapasan. 

Begitu juga dengan pencemaran air yang dapat mengganggu kesehatan karena bisa saja warga sekitar menggunakan air yang sudah terkena limbah industri, kemungkinan besar mereka dapat terkena berbagai penyakit kulit, diare, dan sebagainya.

          Isu Lingkungan sekitar industri ini juga dapat dikendaliakan kegiatan atau gerakan seperti :
  • Gerakan Kimia Hijau
  • Gerakan Industri Hijau

Tetapi juga diperlukan kerjasama dengan pihak industri tersebut seperti pemilihan lokasi industri yang jauh dari rumah warga, mengolah limbah sedemikian rupa sebelum dibuang, menanam pohon disekitar industri, dan yang paling penting adalah menjaga kebersihan lingkungan sekitar industri maupun penduduk sekitar. 

     Kesimpulannya, industri kimia memiliki beragam dampak postif maupun dampak negatif yang harus kita ingat adalah bumi harus selalu kita jaga, kita tidak boleh hanya memandang dampak negatif dari industri kimia tetpi juga melihat dampak positif yang sudah dihasilkan dari industri kimia. Lalu siapa yang harus menjaga bumi ini? Kita semua wajib saling menjaga bumi dan lingkungan sekitar demi terciptanya lingkungan yang sehat dan damai.

DAFTAR PUSTAKA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.