.

Minggu, 23 September 2018

Energi Gas Alam


Nama:Galang Dwi Saputra
Nim:41618010024
Add caption


Abstraksi:Terbatasnya sumber daya minyak bumi dan gas alam dan meningkatnya kebutuhan minyak bumi dan gas alam dalam negeri sebagai bahan bakar dan bahan baku industri serta masih diperlukannya minyak bumi dan gas alam sebagai devisi negara maka pemanfaatan dan pengelolaan minyak bumi dan gas alam dilaksanakan seefektif dan seefisian mungkin. 

Kata kunci:Energi Gas Alam

Gas kimia adalah:
Gas alam adalah bahan bakar fosil berbentuk gas yang terutama terdiri dari metana CH4. Ia dapat ditemukan di ladang minyak, ladang gas Bumi dan juga tambang batu bara. Ketika gas yang kaya dengan metana diproduksi melalui pembusukan oleh bakteri anaerobik dari bahan-bahan organik selain dari fosil, maka ia disebut biogas. Sumber biogas dapat ditemukan di rawa-rawa, tempat pembuangan akhir sampah, serta penampungan kotoran manusia dan hewan

Komposisi kimia :
Komponen utama dalam gas alam adalah metana CH4 yang merupakan molekul hidrokarbon rantai terpendek dan teringan. Gas alam juga mengandung molekul-molekul hidrokarbon yang lebih berat seperti etana C2H6, propana C3H8 dan butana C4H10, selain juga gas-gas yang mengandung sulfur belerang. Gas alam juga merupakan sumber utama untuk sumber gas helium.

- Metana adalah gas rumah kaca yang dapat menciptakan pemanasan global ketika terlepas ke atmosfer, dan umumnya dianggap sebagai polutan ketimbang sumber energi yang berguna. Meskipun begitu, metana di atmosfer bereaksi dengan ozon, memproduksi karbon dioksida dan air, sehingga efek rumah kaca dari metana yang terlepas ke udara relatif hanya berlangsung sesaat. Sumber metana yang berasal dari makhluk hidup kebanyakan berasal dari rayap, ternak mamalia dan pertanian diperkirakan kadar emisinya sekitar 15, 75 dan 100 juta ton per tahun secara berturut-turut.

Komponen %
Metana (CH4) 80-95
Etana (C2H6) 5-15
Propana (C3H8) and Butana (C4H10) < 5

Nitrogen, helium, karbon dioksida CO2, hidrogen sulfida H2S dan air dapat juga terkandung di dalam gas alam. Merkuri dapat juga terkandung dalam jumlah kecil. Komposisi gas alam bervariasi sesuai dengan sumber ladang gasnya.
Campuran organosulfur dan hidrogen sulfida adalah kontaminan pengotor utama dari gas yang harus dipisahkan . Gas dengan jumlah pengotor sulfur yang signifikan dinamakan sour gas dan sering disebut juga sebagai acid gas gas asam. Gas alam yang telah diproses dan akan dijual bersifat tidak berasa dan tidak berbau. Akan tetapi, sebelum gas tersebut didistribusikan ke pengguna akhir, biasanya gas tersebut diberi bau dengan menambahkan thiol, agar dapat terdeteksi bila terjadi kebocoran gas. Gas alam yang telah diproses itu sendiri sebenarnya tidak berbahaya, akan tetapi gas alam tanpa proses dapat menyebabkan tercekiknya pernapasan karena ia dapat mengurangi kandungan oksigen di udara pada level yang dapat membahayakan.
Gas alam dapat berbahaya karena sifatnya yang sangat mudah terbakar dan menimbulkan ledakan. Gas alam lebih ringan dari udara, sehingga cenderung mudah tersebar di atmosfer. Akan tetapi bila ia berada dalam ruang tertutup, seperti dalam rumah, konsentrasi gas dapat mencapai titik campuran yang mudah meledak, yang jika tersulut api, dapat menyebabkan ledakan yang dapat menghancurkan bangunan. Kandungan metana yang berbahaya di udara adalah antara 5% hingga 15%.
Ledakan untuk gas alam terkompresi di kendaraan, umumnya tidak mengkhawatirkan karena sifatnya yang lebih ringan, dan konsentrasi yang di luar rentang 5 - 15% yang dapat menimbulkan ledakan.

Jenis jenis gas alam:

 - LPG
LPG liquefied petroleum gas adalah gas yang saat ini digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Gas LPG didapatkan dari proses pengolahan minyak bumi yang melalui proses kondensasi. Tujuan gas bumi yang diolah menjadi LPG adalah untuk meringankan pengankutan ke konsumen, hal ini dikarenakan volume gas LPG yang telah melalui proses pencairan akan menjadi lebih ringan volumenya.
Berdasarkan jenisnya, LPG terbagi atas 3 macam, yaitu LPG Propana, LPG Butana dan LPG Mix merupakan campuran dari LPG Propana dan Butana. Perlu diperhatikan adalah jangan sampai LPG tersebut mengalami kebocoran hingga menimbulkan ledakan yang cukup besar yang membahayakan.

- CNG
CNG compressed natural gas merupakan gas bumi yang telah dipampatkan ditekanan yang tinggi agar volumenya menjadi lebih rendah dari keadaan standarnya. Di Indonesia istilah CNG lebih dikenal dengan istilah BBG bahan bakar gas. Adapun tujuan dari pemampatan ini adalah supaya menghasilkan lebih banyak gas yang nantinya dapat ditransportasikan tiap satuan volume vesselnya.
Pada proses transportasi gas alam yang kemudian terbentuk CNG membutuhkan setidaknya 3 fasilitas yang diantaranya adalah fasilitas pengiriman, fasilitas transportasi dan fasilitas penerima. Dalam kehidupan sehari-hari CNG dimanfaatkan sebagai bahan bakar pengganti kendaraan ringan hingga menengah.

Manfaat Gas Alam:

1. Gas Alam sebagai Bahan Bakar untuk Kendaraan
Saat ini sumber bahan bakar untuk kendaraan menggunakan bahan ba  diolah menjadi berbagai jenis seperti bensin dan solar. Pemakaian bensin dan solar   menimbulkan masalah kerusakan alam yang lebih besar. Pemakaian bensin dan solar meningkatkan produksi emisi gas kaca yang menimbulkan masalah polusi udara. Pemakaian gas alam sebagai pengganti bensin dan solar bisa mengurangi polusi. Gas alam untuk bahan bakar berbagai jenis kendaraan dapat dibentuk dalam material CNG atau LNG.

2. Gas Alam sebagai Sumber Pembangkit Listrik
Gas alam pada dasarnya memiliki sifat yang sangat bersih bahkan lebih bersih dari sumber minyak dan batubara. Daya pembangkit listrik yang banyak digunakan di Indonesia bersumber dari air. Jika sumber air di bumi terus menerus dipakai maka kemungkinan juga akan berkurang. Sementara manusia juga memakai air untuk proses kehidupan yang lain. Sebagai alternatif pengganti maka gas alam bisa dijadikan sumber pembangkit listrik.


3. Gas Alam untuk Kesehatan Lingkungan
Sumber kehidupan manusia dipengaruhi oleh udara yang kita hirup. Kualitas udara yang buruk akan memberikan pengaruh untuk kesehatan. Sementara itu gas alam yang memiliki sifat bersih bisa mengurangi emisi dari pemakaian bahan bakar lain dalam kehidupan. Gas alam tidak bisa menghasilkan asap sehingga sangat aman untuk kualitas udara. Proses ini telah membantu lingkungan agar selalu bersih dan aman dari berbagai jenis zat polutan.
Peyimpanan dan transportasi
Polyethylene gas main being laid in a trench.
Metode penyimpanan gas alam dilakukan dengan Natural Gas Underground Storage, yakni suatu ruangan raksasa di bawah tanah yang lazim disebut sebagai salt dome yakni kubah-kubah di bawah tanah yang terjadi dari reservoir sumber-sumber gas alam yang telah depleted. Hal ini sangat tepat untuk negeri 4 musim. Pada musim panas saat pemakaian gas untuk pemanas jauh berkurang low demand, gas alam diinjeksikan melalui kompresor-kompresor gas kedalam kubah di dalam tanah tersebut. Pada musim dingin, di mana terjadi kebutuhan yang sangat signifikan, gas alam yang disimpan di dalam kubah bawah tanah dikeluarkan untuk disalurkan kepada konsumen yang membutuhkan. Bagi perusahaan operator penyedia gas alam, cara ini sangat membantu untuk menjaga stabilitas operasional pasokan gas alam melalui jaringan pipa gas alam.


Wiayah Persebaran Gas Alam Diindonesia :
- Arun, Nangroe Aceh Darussalam
Arun Natural Gas Liquefaction atau PT. Arun NGL merupakan perusahaan penghasil gas alam cair di Indonesia. Perusahaan Arun ini sangat berjaya, bahkan pada tahun 90-an kilang Arun ini merupakan perusahaan penghasil LNG terbesar di dunia. PT. Arun ini merupakan anak perusahaan dari Pertamina. Perusahaan ini berlokasi di Lhokseumawe, Aceh Utara. Perusahaan ini mempunyai 6 unit pengolahan namun hanya 2 yang dioperasikan karena menipisnya cadangan gas alam

 - Bontang, Kalimantan Timur
wilayah Bontang yang berada di Kalimantan Timur juga merupakan salah satu penghasil gas alam yang terkenal di Indonesia sejak zaman dahulu. perusahaan gas alam yang ada di Bontang adalah Badak NGL.

- Tangguh, Papua
Tangguh LNG merupakan perusahaan gs alam yang terkenal di Indonesia dan berlokasi di Papua, tepatnya di Teluk Bintuni. Tangguh LNG melengkapi pengilangan gas yang ada di Indonesia.

- Pulau Natuna
Pulau Natuna selain terkenal dengan tambang minyak, juga merupakan daerah penghasil gas alam diIndonesia. namun gas alam yang ada di pulau Natuna ini belu bisa digarap sepenuhnya karena berbagai hal. bahkan kabarnya pulau Natuna adalah penyimpan gas alam terbesar di dunia.

Daftar Pustaka:

Anonim.(2018),Gas Alam
https://id.wikipedia.org/wiki/Gas_alam
Auliali.(2015),Jenis-Jenis Gas Alam
Yuli Yana.(2018),Manfaat Gas Alam Manusia Dan Kehidupan
Desy Fatma.(2017),Wilayah Persebaran Gas Alam Dindonesia


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.