.

Sabtu, 18 Agustus 2018

Pencemaran Air dan Dampak terhadap Dunia Perikanan


Pencemaran Air dan Dampak terhadap Dunia Perikanan





Disusun Oleh : Kokom Koharochmah (@H22-KOKOM)

Abstrak
Manusia dengan lingkungan harus dapat berjalan berdampingan. Pembangunan adalah salah satunya upaya manusia untuk dapat meningkatkan kesejahteraan hidup, tetapi pembangunan tidak berarti harus abai kemampuan lingkungan dalam mempertahankannya. Pencemaran lingkungan sebagai produk dari pembangunan akan mempengaruhi manusia lagi sebagai agen pembangunan. (Pramono,2008).
Kata Kunci: pencemaran lingkungan, manusia, Pembangunan, Pencemaran Air

Pendahuluan
Pencemaran air lebih banyak disebabkan oleh manusia karena berbagai kegiatan yang dilakukannya seperti pengolahan pabrik dan lainnya. memang ada beberapa pencemaran air yang terjadi karena fenomena alam seperti penyebab gunung meletus, gempa bumi, angin ribut dan lainnya namun jumlahnya lebih sedikit dibandingkan dengan yang dilakukan oleh manusia. (Susatyo Adhi,2008)

Pembahasan
Gejala-gejala yang dapat kita gunakan sebagai pertanda bahwa ikan telah terkena gangguan pencernaran dapat terlihat pada: frekuensi pergerakan insang, dimana jika semakin tinggi menandakan ikan baru saja terpengaruh, dan akan semakin kecil bila pengaruhnya sudah bersentuhan lama; ikan yang sudah terganggu berat akan berenang di permukaan air, ini berkaitan dengan usaha mendapatkan oksigen bagi pernafasan; kepala ikan nampak membesar, tidak proporsional dengan besar tubuhnya; mata akan melesat/ terbenam ke dalam rongga mata (kantung oculi); daging mengalami reduksi yang hebat, terlihat dari tulang-tulang rusuknya (costae) yang menonjol dan strip yang membesar: pada sisik dapat terlihat adanya bintik-bintik hitam atau coklat yang merupakan akibat pengumpulan pigmen kulit (melanophore dan guanophore) sebagai pertanda bahwa kulit mengadakan tanggapan langsung terhadap perubahan lingkungan eksternal.

Daftar Pustaka
Pramono.2008.Pencemaran Air dan dampaknya terhadap Dunia Perikanan.Jurnal http://id.portalgaruda.org/index.php?ref=browse&mod=viewarticle&article=338797 
diakses pada tanggal 18-08-2018
https://www.google.co.id/amp/s/ilmugeografi.com/ilmu-bumi/hidrologi/pencemaran-air/amp 
Diakses pada tanggal 18-08-2018
https://www.google.com/amp/ilmulingkungan.com/amp/apa-saja-dampak-pencemaran-air?espv=1
Diakses pada tanggal 18-08-2018
Ginting,P.2007.Sistem Pengelolaan Lingkungan dan Linbah industri.Yrama Widya.Jakarta
Hidayat, Atep Afia dan M. Kholil. 2017.Kimia Industri dan Teknologi Hijau. Patona Media : Jakarta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.