.

Sabtu, 10 Februari 2018

Pencemaran Udara dan Polutan Udara




Oleh : Gilang pratama (@f14-gilang)






Abstrak : Udara merupakan faktor penting kehidupan, namun di era modern ini sejalan dengan perkembangan, perkembangan fisik pusat kota dan industri, serta perkembangan
transportasi, menyebabkan perubahan kualitas udara, dari yang dulunya segar, sekarang kering dan kotor yang mana umumnya disebabkan oleh polusi udara akibat transportasi kendaraan.

Kata kunci : Polusi udara

Menurut Woodford (2014) dalam Hidayat (2017) polusi udara gas (atau cairan dan padatan yang tersebar melalui udara) yang dilepakan dalam jumlah cukup banyak sehingga membahayakan kesehatan manusia dan hewan, menghentikan atau menghambat pertumbuhan tanaman, serta merusak atau menggangu beberapa aspek lain dari lingkungan (termasuk menimbulkan kerusakan banguna, menimbulkan bau yang tidak menyenangkan, dan sebagainya)

Berdasarkan catatan Salim (2002) dalam Hidayat (2017), pencemaran udara adalah masuknya atau dimasukannya zat, energi dan atau komponen lain keudara oleh kegiatan manusi, sehingga mutu udara turun sampai ketingkat tertentu yang menyebabkan atau mempengaruhi kesehatan manusia.

Dampak Terjadinya Pencemaran Udara Terhadap Kehidupan dan Lingkungan : 
      Sebagaimana kita ketahui bersama, pencemaran udara atau perubahan salah satu komposisi udara dari keadaan normal, mengakibatkan terjadinya perubahan suhu dalam kehidupan manusia. Pembangunan transportasi yang terus dikembangkan menyusul dengan permintaan pasar, ternyata, telah mendorong terjadinya bencana pembangunan. Saat ini, kita semua telah mengetahui bahwa pengaruh polusi udara juga dapat menyebabkan pemanasan efek rumah kaca (ERK) bakal menimbulkan pemanasan global atau (global warming) (Sudrajad, 2006).

Dampak Pencemaran Udara Bagi Kesehatan Manusia :
     Dampak pencemaran saat ini merupakan masalah sangat serius yang dihadapi oleh negara-negara industri. Berikut diuraikan dampak pencemaran udara terhadap kesehatan manusia dari beberapa gas pencemar udara.
     a. Dampak pencemar oleh gas karbonmonoksida, CO.
Gas CO yang tidak dapat dikenali baik secara fisika karena tidak berbau, tidak berasa dan tidak berwarna sehingga menyulitkan kita untuk mengantisipasi bahaya keracunan yang ditimbulkan. Gas CO dapat berupa cairan pada suhu - 192o C. Di udara terdapat gas CO yang sangat sedikit, hanya sekitar 0,1 ppm. Di perkotaan yang padat kendaraan bermotor konsentrasi gas CO sekitar 10- 15 ppm yang dapat mengakibatkan turunnya berat janin dan meningkatkan jumlah kematian bayi serta kerusakan otak. Selain itu gas CO dapat mengikat hemoglobin darah mengganti posisi oksigen (COHb) bila terhisap masuk ke paru-paru, mengakibatkan fungsi vital darah sebagai pengangkut oksigen terganggu karena ikatan gas CO dengan hemoglobin darah lebih kuat 140 kali dibandingkan dengan oksigen. Keadaan ini menyebabkan darah menjadi lebih mudah menangkap gas CO dan menyebabkan fungsi vital darah sebagai pengangkut oksigen terganggu.
      b. Dampak pencemar Nitrogen Oksida (Nox) 
Gas nitrogen oksida ada dua macam yaitu: gas nitrogen monoksida (NO) dan gas nitrogen dioksida (NO2). Keduanya mempunyai sifat berbeda dan sangat berbahaya bagi kesehata. Gas NO sulit diamati secara visual karena tidak berbau dan tidak berwarna. Sifat racun gas ini pada konsentrasi tinggi menyebabkan gangguan pada syaraf sehingga menimbulkan kejang-kejang, bila keracunan terus berlanjut mengakibatkan kelumpuhan. Sedangkan untuk gas NO2 empat kalim lebih berbahaya dari pada gas NO. Organ tubuh yang paling peka terhadap gas NO2 adalah paru-paru, paru-paru yang terkontaminasi dengaqn NO2 akan membengkak sehingga penderita sulit bernafas yang dapat mengakibatkan kematian. Pada konsentrasi rendah gas NO2 juga menyebabkan iritasi pada mata yang meyebabkan mata perih dan berair


Daftar Pustaka :


Hidayat, Atep Afia dan Muhammad Kholil, 2017, Kimia Industri dan Teknologi Hijau, Pantona Media Jakarta.

Sudrajad, 2006 Pencemaran Udara Akibat Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor Dalam http://digilib.mercubuana.ac.id/manager/t!@file_artikel_abstrak/Isi_Artikel_796219304065.pdf

Sugiarti, Gas Pencemar Udara Dan Pengaruhnya Bagi Kesehatan Manusia Air Pollutan Gasses and The Influence of Human Healt Dalam http://download.portalgaruda.org/article.php?article=57793&val=4338

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.