.

Sabtu, 03 Februari 2018

Pencemaran Lingkungan

 Oleh : Dwi Setiawan
@F06-Dwi











                                       
Abstrak

Sekarang ini iklim Bumi sudah mengalami banyak perubahan, seperti lamanya waktu musim hujan dan panas yang menajdi tidak menentu kapan mulai dan berakhirnya. Hal ini disebabkan oleh kondisi bumi yang semakin lama semakin rusak. Karena saat ini banyak sekali terjadi pencemaran lingkungan, baik di udara, air, maupun tanah yang semuanya diakibatkan oleh ketidakpedulian manusia terhadap kelestarian bumi.
Salah satu pencemaran lingkungan yang patut diwaspadai adalah pencemaran udara atau polusi udara. Keberadaan kendaraan seperti mobil dan sepeda motor yang semakin banyak setiap harinya, merupakan salah satu penyebab semakin bertambah pencemaran udara di bumi kita tercinta.


Kata Kunci: Pencemaran lingkungan

PENCEMARAN LINGKUNGAN

Sebagai seorang manusia, kita patut mensyukuri atas segala nikmat yang diberikan oleh Sang Pencipta. Salah satu cara mensyukuri nikmat adalah dengan tidak berbuat kerusakan di atas muka bumi. Lantas bagaimana jika hal itu sudah terjadi? Terdapat beberapa cara mengatasi polusi udara yang dapat kita lakukan untuk mencegah kerusakan yang semakin parah. Menurut Hidayat dan M.khoil (2017) bahwa, Disisilain planet bumi ini terdapat terdapensi ribuan pembangkit listrik batu bara dan ratusan pembangkit listrik tenaga nuklir, keduanya  berpotensi menmbulkan pencemaran udara, solusinya teknologinya ialah dengan memperhatiakan keberadaan energi terbaharukan, dengan menggunakan sumber energi dari panel surya, turbin angin dan sebagainya. Solusi pencemaran udara ialah dengan menggunakan teknologi bersih.
Berbagai peralatan untuk polutan terus dirintis dan dikembangkan, sebagai contoh mobil dengan sumber energi bensin saat ini telah banyak yang di lengkapi dengan mari kita otomatis, meskipun. Sama seperti teknologi yang telah menyebabkan masalah polusi udara, sehingga dapat memberikan solusi. Mobil dengan mesin konvensional sekarang sudah banyak yang di lengkapi dengan catalytic converter, yang berfungsi mengurangi konsentrasi gas buangan. Teknologi ramah lingkungan, teknologi hijau atau teknologi hemat energi terus dikembangkan, dan secara keselurhan berkontribusi terhadap pengurangan dampak negatif akibat pencemaran.



Daftar Pustaka:

Anonim,2017, https://informazone.com/cara-mengatasi-polusi-udara/

Hidayat dan M.kholil, 2017, buku Kimia industri dan teknologi hijau, pantona media, jakarta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.