.

Sabtu, 03 Februari 2018

Apa itu Industri Kimia

oleh : @F11-ariski

ABSTRAK
Industri adalah suatu kelompok usaha yang menghasilkan produk yang serupa atau sejenis. Sedangkan produk adalah barang atau jasa yang ditawarkan oleh suatu usaha. Industri proses kimia adalah industri yang mengolah bahan baku / bahan mentah menjadi suatu hasil / produk dengan memanfaatkan proses-proses kimia. Proses-proses kimia yang dilakukan dalam industri proses kimia adalah reaksi kimia dan peristiwa kimia fisik.
Kata Kunci : Kimia industri , Petrokimia
Menurut Hidayat dan Kholil (2017) Ada beberapa definisi mengenai industri , antara lain (dihimpun dari berbagai sumber ) :
Seluruh bentuk kegiatan ekonomi yang mengolah bahan baku dan/atau memanfaatkan sumber daya
industri sehingga menghasilkan barang yang mempunyai nilai tambah atau manfaat lebih tinggi , termasuk jasa industri
Usaha atau kegiatan pengolahan bahan mentah atau barang setengah jadi menjadi barang jadi yang memiliki nilai tambah untuk mendapatkan keuntungan.
Bidang yang menggunakan ketrampilan dan ketekunan kerja, dan penggunaan alat-alat dibidang pengolahan hasil-hasil bumi dan distribusinya sebagai dasarnya , oleh sebab itu industri dikenal sebagai mata rantai selanjutnya dari usaha-usaha mencukupi kebutuhan dan yang berhubungan dengan bumi.
Menurut hidayat (2017) dkk dalam Aftalion (2010) industri kimia mengalami perkembangan yang pesat dalam kurun waktu antara 1935-1955, bersama dengan bermunculnya inovasi diberbagai bidang. Permintaan dunia terhadap produk industri kimia hanya terpusat dieropa ,Amerika serikat, dan jepang
Menurut hidayat (2017) dalam Fillaeli (2012) kimia industri merupakan proses yang terjadi dalam industri kimia , perhitungan yang menyertai proses proses berhubungan dengan banyaknya zat yang terlibat , maupun dengan jumlah panas yang disebabkan atau diperlukan dalam suatu proses tertentu yang dibebaskan maupun di perlukan dalam suatu proses tertentu. Dengan unit proses pengolahan meliputi: preparasi (persiapan bahan baku meliputi penyesuaian bentuk fasa, penyesuaian komposisi , penyesuaian kondisi operasional dan transportasi bahan).
Industri proses kimia adalah industri yang mengolah bahan baku / bahan mentah menjadi suatu hasil / produk dengan memanfaatkan proses-proses kimia. Proses-proses kimia yang dilakukan dalam industri proses kimia adalah reaksi kimia dan peristiwa kimia fisik.
Peristiwa kimia fisik antara lain :
  • Pencampuran molekuler bahan-bahan dengan rumus dan struktur molekul yang berlainan.
  • Pengubahan fase, antara lain : penguapan, pengembunan, pengkristalan
  • Pemisahan campuran menjadi zat-zat penyusunnya yang lebih murni
Yang termasuk ke dalam industri proses kimia adalah :
  • Industri kimia dasar: yaitu industri proses kimia yang menghasilkan produk zat kimia dasar, seperti Asam Sulfat (H2SO4) dan Ammonia (NH3)
  • Industri pengolahan minyak bumi atau petroleum refinery:Pada industri ini biasanya dihasilkan komponen-komponen bahan bakar minyak (BBM), seperti : bensin, kerosene, bahan bakar penerbangan, solar, minyak diesel. Di samping itu dihasilkan juga produk-produk selain komponen bahan bakar minyak (non BBM), seperti, pelumas, wax, aspal, solvent maupun produk petrokimia.
  • Industri petrokimia:yaitu industri yang mengolah zat atau bahan yang berasal dari fraksi minyak bumi, seperti : Etilen (C2H4) dan Propilen (C3H6).

  • Daftar pustaka

    Hidayat, Atep Afia., Kholil Muhammad .(2017). Kimia Industri dan Teknologi hijau.  Jakarta : Pantona Media .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.