.

Selasa, 14 November 2017

Bahaya Kadmium


  @E16-Tania, @proyekA07


Apa itu kadmium?

Kadmium merupakan suatu logam sangat beracun yang secara umum dijumpai di tempat kerja industri. Kadmium pada umumnya terdapat dalam kombinasi dengan kalor atau belerang. Bahan pangan yang kaya kadmium dapat meningkatkan konsentrasi kadmium dalam tubuh manusia, contohnya hati, jamur, kerang, coklat bubukdan rumput laut kering. Eksposur ke tigkat kadmium secara signfikan lebih tinggi terjadi ketika orang-orang merokok. Penelitian terkini menyebutkan bahwa logam beracun kadmium dapat dibawa ke dalam tubuh oleh seng yang terikat dalam protein (dalam hal ini adalah struktur protein yang mengandung rantai seng). Seng dan kadmium berada dalam satu grup dalam susunan unsur berkala, mempunyai bilangan oksidasi yang sama (+2), jika terionisasi akan membentuk partikel ion yang berukuran hampir sama. Dari banyak kesamaan tersebut, maka kadmium dapat menggantikan rantai seng dalam banyak sistem biologi (organik). Ikatan kadmium dalam zat organik mempunyai kekuatan 10 kali lebih besar dibandingkan dengan seng jika terikat dalam zat organik. Sebagai tambahan, kadmium juga dapat menggantikan magnesium dan kalsium dalam ikatannya dengan struktur  zat organik.

Kegunaan kadmium
1.Kadmium juga digunakan untuk elektrolisis
2.  Bahan pigmen untuk industri cat
3. Enamel atau plastik
4. Terdapat dalam pembuatan beberapa jenis baterai
5. Pekerjaan galangan kapal
6. Industri kontruksi
7.  Industri pertanian

Karakteristik kadmium

Kadmium adalah logam berwarna putih perak, lunak, mengkilap, tidak larut dalam basa, mudah bereaksi, serta menghasilkan kadmium oksida bila dipanaskan. Kadmium membentu Cd2+ yang bersifat tidak stabil. Kadmium memiliki nomor atom 40, berat atom 112,4, titik leleh 321◦c, titik didih 767◦c dan memiliki masa jenis 8,65g/cm3. Logam kadmium memiliki karakteristik berwarna putih keperakan seperti logam alumunium, tahan panas, tahan terhadap korosi. Logam kadmium biasanya selalu dalam bentuk campuran dengan logam lain terutama dalam pertambangan timah hitam dan seng. Pengolahan biji logam.

Bahaya kadmium
1. Mengakibatkan kanker payudara
2. Gangguan pernafasan
3. Gagal ginjal
4. Diare
5. Sakit perut
6. Muntah-muntah parah
7. Kegagalan reproduksi bahkan infertilitas
8. Kerusakan pada sistem saraf pusat 
9. Kerusakan pada sistem kekebalan tubuh
10.Gangguan psikologis
11. Kerusakan DNA atau perkembangan kanker

Daftar pustaka
Festri, Istarani 2014. Studi Dampak Arsen (As) Dan Kadmium (Cd) Terhadap Penurunan Kualitas Lingkungan. Id.portalgaruda.org. dalam http://id.portalgaruda.org/index.php?ref=browse&mod=viewarticle&article=149298. Di unduh 16 maret 2014.
Ansarikimia 2014. Keracunan Kadmium. wawasanilmukimia.wordpress.com. dalam https://wawasanilmukimia.wordpress.com/2014/02/15/keracunan-kadmium/. Diunduh 15 Februaru 2014.
Lala 2012. Toksikologi Kadmium.tralalaikrima.blogspot.co.id. dalam http://tralalaikrima.blogspot.co.id/2012/04/makalah-toksikologi-tentang-kadmium-cd.html. Diunduh 7 April 2012

Admins 2014. Logam Berat Berbahaya Untuk Kesehatan.www.mausehat.com. dalam http://www.mausehat.com/mengapa-logam-berat-berbahaya-untuk-kesehatan/. Diunduh 30 September 2014.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.