.

Selasa, 10 Oktober 2017

Pencemaran Lingkungan Di Sulawesi Barat

                                                                           oleh : Muhamad Aldy Firdausi Noveri


PENGERTIAN PENCEMARAN LINGKUNGAN
Polusi atau pencemaran lingkungan adalah masuknya atau dimasukkannya makhluk hidup, zat energi, dan atau komponen lain ke dalam lingkungan, atau berubahnya tatanan lingkungan oleh kegiatan manusia atau oleh proses alam sehingga kualitas lingkungan turun sampai ke tingkat  tertentu yang menyebabkan lingkungan menjadi kurang atau tidak dapat berfungsi lagi sesuai dengan peruntukannya
Peristiwa pencemaran lingkungan disebut polusi. Zat atau bahan yang dapat mengakibatkan pencemaran disebut polutan. Syarat-syarat suatu zat disebut polutan bila keberadaannya dapat menyebabkan kerugian terhadap makhluk hidup. Contohnya, karbon dioksida dengan kadar 0,033% di udara berfaedah bagi tumbuhan, tetapi bila lebih tinggi dari 0,033% dapat rnemberikan efek merusak.
Pencemaran Lingkungan adalah peristiwa masuknya zat, unsur, energi, dan komponen yang bersifat merugikan ke dalam lingkungan sebagai akibat perbuatan manusia atau alam. Berdasarkan tempat terjadinya, Pencemaran Lingkungan dibedakan atas Pencemaran Air, Pencemaran Tanah, dan Pencemaran Udara.
Pengertian pencemaran lingkungan menurut menurut UU Pokok pengelolaan lingkungan hidup adalah masuknya atau dimasukkannya makhluk hidup, zat energi dan atau komponen lain ke dalam lingkungan, atau berubahnya tatanan lingkungan oleh kegiatan manusia atau proses alam sehingga kualitas lingkungan turun sampai ke tingkat tertentu menyebabkan lingkungan menjadi kurang atau tidak dapat berfungsi lagi sesuai dengan peruntukkannya.
Jenis-jenis Pencemaran Lingkungan
Ada beberapa jenis pencemaran lingkungan saat ini yang perlu anda ketahui supaya anda bisa mengendalikan pencemaran lingkungan ini
Pencemaran Air
Pencemaran air adalah perubahan zat atau kandungan di dalam air baik itu air yang ada di sungai, danau maupun air di lautan luas bahkan saat ini juga sudah terdapat pencemaran pada air tanah. Penyebab dari pencemaran air ini lebih banyak diakibatkan oleh ulah manusia. Hal ini tentunya sangat berbahaya jika dibiarkan saja dan tidak mendapatkan pencegahan karena air baik itu di dalam sungai, danau, laut dan air tanah merupakan salah satu bagian dari siklus hidrologi. Ada berbagai fungsi dari air yang sangat membantu kehidupan manusia karena selain bisa menjadi sumber dari kehidupan juga mampu membungan segala sedimen dan juga polutan.
Contoh Pencemaran air
Limbah pabrik yang di buang dialiran sungai.
Penyebab Pencemaran Air
Adanya pencemaran air ini bisa disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya adalah seperti yang berikut ini:
  • Adanya peningkatan kandungan nutrient yang terjadi pada air sehingga mengarah pada adanya esutrofikasi
  • Adanya pembuangan sampah organic yang biasanya dihasilkan oleh limbah rumah tangga seperti halnya air comberan yang dibuang begitu saja ke air dapat membuat oksigen di dalam air menjadi berkurang dan terganggu sehingga makhluk hidup air juga akan mengalami gangguan pada kehidupannya serta ruang publik untuk kehidupan. Jika ini terus berlanjut maka akan dapat menyebabkan kerusakan ekosistem air.
  • Industri yang membuang limbahnya secara sembarangan ke dalam air padahal di dalam limbah tersebut terdapat berbagai zat kimia yang sangat berbahaya seperti logam berat, minyak, nutrein, limbah organic dan juga padatan. Seperti halnya pada limbah rumah tangga, limbah industri ini juga memiliki efek termal yaitu mampu menghilangkan oksigen di dalam air yang mampu merusak ekosistem air. Selain itu jika air sudah bercampur dengan limbah zat kimia maka tidak bisa digunakan lagi oleh semua makhluk hidup termasuk manusia karena sudah tidak aman lagi dan memiliki racun di dalamnya.
  • Sampah buangan baik dari rumah tangga atau industri yang menyebabkan terjadinya pencemaran air.
  • Adanya penggunaan bahan peledak seperti bom untuk membunuh ikan yang banyak dilakukan oleh para nelayan juga mampu menimbulkan terjadinya pencemaran air.
Akibat Pencemaran Air
Akibat dari adanya pencemaran air ini diantaranya adalah sebagai berikut ini:
  • Pencemaran dapat menyebabkan banjir
  • Pencemaran air juga dapat menyebabkan erosi tanah serta media lainnya yang sangat berbahaya bagi kehidupan manusia
  • Terjadinya kelangkaan air karena air sudah mengalami pencemaran dan tidak dapat digunakan lagi nantinya
  • Merupakan salah satu sumber penyakit bagi kehidupan makhluk hidup
·         Pencemaran air juga dapat menyebabkan penyebab tanah longsor
  • Selain itu pencemaran air juga bisa menyebabkan rusaknya ekosistem sungai dan perairan lain terutama jika terdapat kandungan logam berat dan bahan kimia yang terdapat di dalam perairan tersebut.
  • Menyebutkan kerugian untuk para nelayan dan berbagai profesi yang berhubungan dengan air.

Pencemaran Udara
Jenis pencemaran lingkungan lainnya adalah pencemara udara. Pencemaran udara merupakan suatu kondisi dimaa terdapat berbagai substansi zat baik itu fisik, kimia dan juga biologi yang terdapat di dalam lapisan atmosfer bumi. Jika jumlah substansi tersebut melebihi batas maka bisa menyebabkan bahaya bagi para makhluk hidup di dalamnya serta dapat mengaggu estetika dan kenyamanan kehidupan di muka bumi ini.
Penyebab pencemaran udara ini berbeda-beda baik oleh kegiatan manusia atau memang sebuah fenomena alam. Berbagai jenis pencemaran udara misalnya adalah polusi cahaya, panas radiasi dan polusi suara. Area terjadinya pencemaran udara ini bisa dalam kisaran regional lokal hingga pada global. Pencemaran udara dapat terjadi dalam sebuah ruangan tertutup maupun dalam area yang terbuka.
Jenis-jenis Polutan Penyebab Pencemaran Udara
  • Karbon monoksida dari hasil pembakaran sampah
  • Karena zat oksida sulfur
  • Gas CFC yang biasanya terdapat di dalam gas buangan akhir pabrik dan industri
  • Hidrokarbon
  • Adanya senyawa organic vaolatil di dalam tumbuhan yang mampu menjadi polutan pada atmosfer udara
  • Partikulat
  • Radikal bebas
  • Oksida nitrogen
Dampak Pencemaran Udara
1. Berdampak  pada kesehatan
2. Berdampak  pada tanaman
3. Hujan asam
4. Efek rumah kaca
5. Kerusakan lapisan ozon

Pencemaran Tanah

Jenis pencemaran lingkungan yang ke tiga adalah pencemaran tanah, dimana pencemaran ini terjadi karena adanya zat atau bahan kimia yang ada di dalam tanah dan biasanya terjadi karena hasil dari ulah manusia sehingga mengubah struktur dan kandungan tanah yang masih alami. Ada banyak hal yang membuat bahan kimia ini masuk ke dalam tanah misalnya saja kebocoran limbah kimia cair hasil dari pabrik industri tertentu, adanya penggunaan pestisida pada tanaman yang masuk ke dalam lapisan tanah, adanya kecelakaan pengendara yang mengangkut minyak sehingga bahan kimia yang ada di dalam minyak tumpah ke dalam tanah, serta pembuangan sampah yang langsung ditimbun ke dalam tanah tanpa dilakukan penguraian dulu sebelumnya.
Dampak pencemaran tanah
Berdampak pada ekosistem
Berdampak pada petanian


Sulawesi Barat adalah provinsi hasil pemekaran dari provinsi Sulawesi Selatan. Provinsi yang dibentuk pada 5 Oktober 2004 ini berdasarkan UU No. 26 Tahun 2004. Ibukotanya ialah Mamuju. Luas wilayahnya sekitar 16,796.19 km². Suku-suku yang ada di provinsi ini terdiri dari Suku Mandar (49,15%), Toraja (13,95%), Bugis (10,79%), Jawa (5,38%), Makassar (1,59%) dan suku lainnya (19,15%).
Pencemaran di Sulawesi Barat
Pencemaran air di Sulawesi Barat
Penambangan tidak ramah lingkungan yang menyebabkan rusaknya tebing-tebing sungai dan penurunan dasar Sungai Mandar di Desa Palece dan Lekopadis, Kecamatan Tinambung, Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat (Sulbar), terus terjadi.
Tak hanya merusak secara fisik, warga setempat kini juga terkena imbasnya. Mereka mulai kesulitan menemukan ikan endemik sungai yang sama dengan nama etnis sukunya, yakni Mandar.
Pantauan Liputan6.com, degradasi dasar sungai dan longsornya tebing sungai mengakibatkan air sungai menjadi keruh dengan tingkat padatan terlarut lumayan tinggi. Padahal, air sungai itu oleh leluhur Suku Mandar biasa diminum langsung tanpa dimasak.
Pencemaran tanah di Sulawesi Barat
Matra, Sulbar (ANTARA News) - Warga Kabupaten Mamuju Utara, Sulawesi Barat, meminta LSM lingkungan mengusut kasus pencemaran yang ditimbulkan oleh ribuan hektar lahan sawit, utamanya bagi PT Astra Agro Lestari yang menggarap lahan perkebunan sawit terbesar di Matra.

Warga Kecamatan Sarudu, Sukirman di Matra, Minggu, berharap agar LSM yang memiliki kaitan terhadap pencemaran lingkungan untuk segera melakukan penelitian dan membuktikan bahwa selama ini pencemaran lingkungan yang terjadi pada sebagian besar wilayah di Matra merupakan dampak pencemaran perkebunan sawit.
Pencemaran udara di Sulawesi Barat
Kementerian Lingkungan Hidup mengingatkan agar pemerintah Provinsi Sulawesi Barat, melakukan upaya pencegahan pencemaran udara dengan cara mendorong lahirnya peraturan daerah (Perda).
    
"Salah satu hal yang patut didorong pemerintah daerah saat ini yakni membuat peraturan daerah (perda) tentang ambang batas baku mutu emisi gas buang kendaraan bermotor," kata Kasubbid Pemantauan dan Pengawasan Transportasi Air dan Udara KLH, Rachmat Ultari di Mamuju, Minggu.

DAFTAR PUSTAKA
Anonim. 2016. Sulawesi Barat. Wikipedia. Indonesia.
https://id.wikipedia.org/wiki/Sulawesi_Barat
( 15 Februari 2016 )

Dini.Filzah. 2012. Hasil Pengamatan Pencemaran Air . Welcome To My Blog. Dalam  http://fildzahdiniatikah.blogspot.co.id/2012/06/hasil-pengamatan-pencemaran-air.html

( 24 Juni 2012 )
Anonim. 2015. Pengertian Pencemaran Lingkungan (Pengertian Lengkap). Belajarbagus.net. dalam http://www.belajarbagus.net/2015/02/pengertian-pencemaran-lingkungan.html
( 4 Februari 2015 )
Yusran.Ahmad. 2017. Air sungai mandar semakin sulit diminum. Liputan 6.com. dalam http://regional.liputan6.com/read/2904969/air-sungai-mandar-semakin-sulit-diminum-langsung
( 31 Maret 2017 )
Anonim. 2013. Sulbar diminta lakukan pencegahan pencemaran udara. Tribun news.com. dalam http://jateng.tribunnews.com/2013/06/23/sulbar-diminta-lakukan-pencegahan-pencemaran-udara
( 23 Juni 2013 )






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.