.

Selasa, 10 Oktober 2017

PENCEMARAN LINGKUNGAN DI NUSA TENGGARA TIMUR

 @E19-Lestari. @ProyekA06
                                                                                 Oleh: Lestari Febrina tanjung

 



                Pencemaran lingkungan adalah peristiwa masuknya zat, energi, unsur, atau komponen lain yang merugikan ke dalam lingkungan akibat aktivitas manusia yang tidak bertanggungjawab atau karena gangguan alam.
Adapun lingkungan hidup adalah kesatuan ruang dengan semua benda, daya, keadaan, dan makhluk hidup, manusia dan perilakunya yang mempengaruhi kelangsungan hidup dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lainnya. Pencemaran disebuut juga polusi, zat yang dapat menimbulkan polusi yang sering disebut dengan polutan. Suatu zat dapat dikatakan sebagai zat pencemar apabila jumlahnya melebihi batas normal, berada di tempat yang tidak seharusnya, atau berada pada waktu yang tidak tepat.
Berdasarkan sifat zat pencemar, pencemaran dapat dibedakan menjadi 3 macam :
·         Pencemaran kimiawi, yaitu pencemaran yang disebabkan oleh zat-zat kimia
·         Pencemaran fisik, yaitu pencemaran yang disebabkan oleh zat cair, zat padat, dan gas
·         Pencemaran biologis, yaitu pencemaran yang disebabkan berbagai macam mikroba penyebab penyakit.

JENIS PENCEMARAN LINGKUNGAN
Ø  Pencemaran Air
Pencemaran air adalah peristiwa masuknya zat atau komponen lain ke dalam limgkungan perairan sehingga kualitas air menurun. Air yang tercemar adalah air yang telah menyimpang dari keadaan normalny dengan tanda-tanda seperti berikut:
a.       Perubahan suhu air
b.      Perubahan pH
c.       Perubahan warna
Sumber-sumber pencemaran air biasanya berasal dari:
1.       Limbah Industri
2.       Limbah Rumah Tangga
3.       Limbah Pertanian dan Hasil Tambang
Contoh pencemaran lingkungan dalam faktor pencemaran air adalah seperti di NTT sampai ke negara tetangga yaitu Timor Leste. Hal ini dikarenakan terjadinya kebocoran kilang minyak Montara salah satu perusahaan milik Australia. Air laut mulai dari Queensland, Australia hingga laut sekitar NTT telah terjadi pencemaran akibat minyak mentah tersebut. Air laut berubah menjadi putih karena tertutup minyak mentah setebal 15cm (terutama laut Timor).
Karena kejadian ini, para nelayan NTT harus pergi menjala ikan lebih jauh lagi dan membutuhkan waktu yang lebih lama yaitu tiga kali lipat dari sebelumnya. Hasil yang didapat pun tidak sebanyak hasil yang sebelum terjadi pencemaran (biasanya para nelayan dapat menangkap 200 kg saja). Hal ini tentu berdampak negatif bagi para nelayan-nelayan. Dan sekitar 5000 nelayan terpaksa menganggur karena tidak sanggup membeli bahan bakar. Mereka berupaya keras untuk menangani musibah ini dengan cara menanam rumput laut di laut sekitar pulau-pulau yang air lauttnya tercemar.
Hingga saat ini (sejak 5 Oktober 2009) belum ada campur tangan pemerintah untuk mennaggulangi pencemaran tersebut. Adapun tindakan yang dilakukan dari pihak Australia yaitu dengan menabur serbuk di laut (perairan Indonesia) yang tercemar tapi hal hanya memperburuk keadaan karena serbuk tersebut hanya berfungsi menenggelamkan minyak sehingga membuat ikan dan terumbu karang mati. Sedangkan di daerah Australia mereka menanggulanginya lebih baik daripada yang dilakukan di Indonesia. Masyarakat NTT dan sekitarnya sudah mengajukan protes baik ke pemerintah Indonesia tapi seolah-olah hanya dijadikan angin lalu belaka (menurut warga NTT).
Ø  Pencemaran udara
Pencemaran udara adalah peristiwa masuknya atau tercampurnya unsur-unsur berbahaya ke dalam atmosfer yang dapat mengakibatkan terjadinya kerusakan lingkungan, gangguan pada kesehatan manusia, da secara umum menurunkan kualitas lingkungan. Pencemaran udara dapat terjadi dimana-mana, misalnya di dalam rumah, sekolah, kantor atau yang sering disebut sebagai pencemaran dalam ruang (indoor pollution). Penyebab pencemaran udara antara lain:
a.       Industri
b.      Emisi kendaraan bermotor
c.       Limbah rumah tangga
d.      Kabut asap atau smog
e.      Hujan asam
v  Pencemaran tanah
Tanah menjadi tempat hidup tumbuhan karena mangandung mineral-mineral yang sangat diperlukan tumbuhan. Selanjutnya organism-organisme lain termasuk manusia kehidupannya bergantung pada tumbuhan. Jika tanah terkena polusi maka akan mengganggu kehidupan tumbuhan yang nantinya juga merugikan hewan dan manusia.
Pencemaran tanah biasanya disebabkan oleh buangan sampah, misalnya plastic, botol-botol bekas, kaleng, dan bahan-bahan lainnya. Polusi tanah juga terjadi karena adanya sampah-sampah organic dan anorganik, tertuangnya pestisida dalam dosis yang berlebihan. Tumpahan minyak dan merembesnya zat-zat kimia dari tempat penampungan atau limbah industri maupun rumah tangga ke lapisan permukaan tanah.
Contoh pencemaran tanah yang berada di kota Kupang, NTT. Di tengah-tengah upaya pemerintah kota Kupang menjadikan kota Kupang bersih dan hijau, namun bukan berarti kota Kupang luput dari berbagai ancaman polusi. Saat ini, ada sejumlah sumur di wilayah ini sudah terancam pencemaran bakteri e-coli.
Ancaman yang tidak kalah menakutkan yang hingga kini belum disadari adalah limbah bahan berbahaya dan beracun (B3). Limbah B3 merupakan suatu limbah yang digolongkan sebagai limbah yang mengandung bahan berbahaya atau beracun yang sifat dan konsentrasinya, baik langsung maupun tidak langsung, dapat merusak atau mencemarkan lingkungan hidup atau membahayakan kesehatan manusia. Yang termasuk limbah B3 antara lain adalah bahan baku yang berbahaya dan beracun yang tidak digunakan lagi karena rusak, sisa kemasan, tumpahan, sisa proses dan oil atau minyak pelumas bekas.
Pantauan pos Kupang, sejumlah bengkel di Kupang hanya menyimpan oli bekas pada tong-tong atau drum-drum bekas. Proses penyimpanan dilakukan seadanya saja.



DAMPAK PENCEMARAN LINGKUNGAN
                Beberapa hal yang menyebabkan pencemaran terhadap lingkungan antara lain adalah sebagai berikut :
v  Pembuangan limbah pabrik langsung kea lam yang tidak diolah terlebih dahulu
v  Asap pabrik yang dapat mencemari udara
v  Penggunaan inseksisida yang berlebihan
v  Pembuangan air detergen yang tidak ramah lingkungan secara langsung ke tanah
v  Penggunaan alat-alat listrik yang dapat memicu gas rumah kaca
v  Penggunaan bahan-bahan pembersih yang mengandung bahan kimia berbahaya

DAFTAR PUSTAKA
Rezot.Kang 2016. Pengertian dan macam-macam pencemaran lingkungan. Materiku86.co.id.dalam
( 13 Agustus 2016)
Anonim.2012. Kota kupang terancam pencemaran limba B3. Kupang.tribunnews.com. dalam
(16 Januari 2012)
Fatma.Desy 2017. 7 dampak pencemaran lingkungan bagi kehidupan. Ilmugeografi.dalam
 (09 Mei 2017)
Anonim. 2011. Sumber-sumber pencemaran lingkungan. Kiarapedes2.blogspot.co.id.dalam
(16 Januari 2011)
Wilhan.2010. Pencemaran air laut di NTT. Wordofwilhan.blogspot.co.id.dalam
( 28 Januari 2010)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.