.

Kamis, 05 Oktober 2017

Dekat Pabrik Dekat Pula Limbah

Dekat Pabrik Dekat Pula Limbah
Oleh:Lucia Debby Gracella Sihombing
@E07-Lucia, @ProyekA06


     1.  Pencemaran Lingkungan
Pencemaran lingkungan adalah perubahan tatanan kehidupan manusia yang disebabkan oleh kegiatan manusia atau proses alam yang menurunkan kondusifitas kehidupan disekitar lingkungan. Peristiwa pencemaran lingkungan disebut polusi. Zat atau bahan yang dapat menyebabkan pencemaran disebut polutan. Suatu zat disebut polutan bils keberadaannya merugikan manusia. Contoh polutan yaitu: Karbondioksida, jika melebihi kadar 0,003%.

2.    Akibat Pencemaran Lingkungan
Beberapa akibat dari pencemaran lingkungan:
1.         Terganggunya keseimbangan lingkungan.
2.         Punahnya berbagai spesies flora dan fauna.
3.         Berkurangnya kesuburan tanah.
4.         Meledaknya pertumbuhan hama.
5.         Menyebabkan terjadinya lubang ozon.
6.         Terjadi pemekatan hayati.
7.         Menyebabkan keracunan dan penyakit.
3.    Contoh Pencemaran Lingkungan
Pencemaran lingkungan sering kita jumpai atau kita ketahui dari berbagai tempat. Contoh pencemaran lingkungan yang terjadi adalah di Sungai Musi Sumatera Selatan. Sungai Musi yang mengalir di sepanjang Kecamatan Lalan Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), kini berubah menjadi keruh, kotor, serta ratusan ikan mati, hal tersebut diduga akibat tercemar limbah pabrik kelapa sawit dan pabrik pengolahan kayu. Selama 10 tahun terakhir, pemerintah Sumatera Selatan (Sumsel) maupun Palembang,  gencar mempromosikan wisata Sungai Musi. Banyak wisatawan berkunjung menikmati sungai di kota tertua di nusantara ini. Sebagian besar kecewa karena mereka disajikan polusi udara di sungai terpanjang kedua di Indonesia ini. Kebanyakan penyebab polusi ini adalah limbah pabrik disekitar bibir sungai maupun yang mengalir dari anak sungai yang juga dicemari oleh limbah pabrik seperti: Tani Pabrik, Sako Raya Pabrik dan pabrik lainnya. Pencemaran sungai ini tentunya sangat merugikan manusia ataupun yang ada disekitar lingkungan. Pencemaran ini pun sangat mencemaskan masyarakat yang berada disekitar Sungai Musi ini, bukan hanya wisata Sungai Musi berkurang, namun sumber air bersih mereka akan hilang. Karena selama ini mereka bergantung pada air bersih yang ada di sungai itu. Pencemaran lingkungan adalah salah satu masalah pemerintahan khususnya bagi pemerintahn yang berada pada daerah yang tingkat polusi udara yang tidak baik dan banyak pabrik.

4.    Cara Penanggulangan  Pencemaran Lingkungan
·         Mendaur ulang barang yang tidak mudah terurai.
·         Membuang sampah pada tempatnya.
·         Membatasi pembuangan limbah pabrik.
·         Menghemat energi.

5.    Daftar Pustaka
Iswahyudi, Yohanes. 2012. Limbah Pabrik di Sungai Musi. Tribun Sumsel. Dalam http://sumsel.tribunnews.com/2012/12/29/limbah-pabrik-di-kabupaten-muba-diduga-cemarkan-sungai-musi. Diunduh 29 Desember 2012.
Wijaya, Taufik. 2014. Berwisata di Sungai Musi Bersama Batubara. Mongabay Indonesia. Dalam http://www.mongabay.co.id/2014/03/05/berwisata-di-sungai-musi-bersama-amoniak-dan-debu-batubara/. Diunduh 05 Maret 2014.
Pranata, Dedy. 2014. Atasi Pencemaran Sungai Musi. Mongabay Indonesia. Dalam http://www.mongabay.co.id/2014/07/15/inilah-cara-pemerintah-palembang-atasi-pencemaran-sungai-musi/. Diunduh 15 Juli 2014.
Anonim. 2016. 7 Dampak Pencemaran Lingkungan. Ilmu Geografi.com. Dalam https://ilmugeografi.com/fenomena-alam/dampak-pencemaran-lingkungan. Diunduh 24 Juni 2016.
Bitar. 2016. Pengertian Pencemaran Lingkungan. Guru Pendidikan. Dalam http://www.gurupendidikan.co.id/pengertian-macam-dan-contoh-pencemaran-lingkungan-beserta-cara-penanggulangannya-lengkap/. Diunduh 21 November 2016.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.