.

Selasa, 19 September 2017

SAMUDERA(GELOMBANG)






                                                                 OLEH:MUHAMAD ALDY FIRDAUSI NOVERI                                                                                                                             
Pengertian Samudera


Sebelum membicarakan lebih lanjut mengenai samudera, maka ada baiknya kita mengenal samudera terlebih dahulu. Sudah dikatakan sebelumnya bahwa samudera sendiri merupakan kumpulan air asin yang sangat luas dan besar. Kumpulan dari beberapa air asin adalah laut (baca: ekosistem laut), dan kumpulan dari beberapa laut yang sambung menyambung menjadi satu kita sebut sebagai samudera. Oleh karena gabungan dari laut- laut maka kita bisa membayangkan sendiri bagaimana luas samudera apabila dibandingkan dengan laut. Samudera lebih luas dan lebih dalam pastinya menyimpan lebih banyak, misteri dan juga keistimewaan. Ada banyak sekali informasi yang bisa kita peroleh dari mempelajari dunia bawah laut yang tidak bisa kita temui di daratan. Bagaimana samudera menyimpan banyak sekali kekayaan alam dan juga menyimpan banyak sekali kegunaan bagi manusia. Samudera juga merupakan titik awal dari adanya siklus air di Bumi, dan merupakan titik dimana hujan turun.
Teori Gelombang
Pada umumnya bentuk gelombang di alam adalah sangat kompleks dan sulit digambarkan secara sistematis karena ketidak-linieran, tiga dimensi dan mempunyai bentuk yang random ( Suatu deret gelombang mempunyai periode dan tinggi tertentu ). Beberapa teori yang ada hanya menggambarkan bentuk gelombang yang sederhana dan merupakan bentuk pendekatan gelombang alam. Ada beberapa teori dengan berbagai derajat kekomplekan dan ketelitian untuk menggambarkan gelombang di alam diantaranya adalah teori airy, Stokes, Gertsner, Mich, Knoidal, dan tunggal. Masing – masing teori tersebut mempunyai batasan keberlakuan yang berbeda – beda. Teori yang paling sederhana adalah teori gelombang linier yang pertama kali ditemukan oleh Airy pada tahun 1845.

Energi Gelombang Laut
Energi gelombang laut adalah satu potensi laut dan samudra yang belum banyak diketahui masyarakat umum adalah potensi energi laut dan samudra untuk menghasilkan listrik. Negara yang melakukan penelitian dan pengembangan potensi energi samudra untuk menghasilkan listrik adalah Inggris, Francis dan Jepang.
Secara umum, potensi energi samudra yang dapat menghasilkan listrik dapat dibagi kedalam 3 jenis potensi energi yaitu energi pasang surut (tidal power), energi gelombang laut (wave energy) dan energi panas laut (ocean thermal energy). Energi pasang surut adalah energi yang dihasilkan dari pergerakan air laut akibat perbedaan pasang surut. Energi gelombang laut adalah energi yang dihasilkan dari pergerakan gelombang laut menuju daratan dan sebaliknya. Sedangkan energi panas laut memanfaatkan perbedaan temperatur air laut di permukaan dan di kedalaman. Meskipun pemanfaatan energi jenis ini di Indonesia masih memerlukan berbagai penelitian mendalam, tetapi secara sederhana dapat dilihat bahwa probabilitas menemukan dan memanfaatkan potensi energi gelombang laut dan energi panas laut lebih besar dari energi pasang surut.
Pada dasarnya pergerakan laut yang menghasilkan gelombang laut terjadi akibat dorongan pergerakan angin. Angin timbul akibat perbedaan tekanan pada 2 titik yang diakibatkan oleh respons pemanasan udara oleh matahari yang berbeda di kedua titik
tersebut. Mengingat sifat tersebut maka energi gelombang laut dapat dikategorikan sebagai energi terbarukan.
Gelombang laut secara ideal dapat dipandang berbentuk gelombang yang memiliki ketinggian puncak maksimum dan lembah minimum. Pada selang waktu tertentu, ketinggian puncak yang dicapai serangkaian gelombang laut berbeda-beda, bahkan ketinggian puncak ini berbeda-beda untuk lokasi yang sama jika diukur pada hari yang berbeda. Meskipun demikian secara statistik dapat ditentukan ketinggian signifikan gelombang laut pada satu titik lokasi tertentu.

Manfaat Energi Gelombang Laut

Energi gelombang laut untuk pembangkit listrik yang lainnya yaitu dapat memanfaatkan pasang surut air laut. Jika pasang, maka gelombang air laut akan besar dan jika surut maka sebaliknya. Dengan memanfaatkan gelombang laut ini sebagai pembangkit listrik, dapat dilakukan secara hydroelectric.
Sebagai pembangkit listrik dapat dibuat menyerupai bendungan beda yang akan memanfaatkan air laut untuk memutar turbin sebagai alat untuk menghasilkan energi listrik. Sebenarnya ada kekurangan yang terdapat dalam pembangkit listrik dengan memanfaatkan gelombang ini yaitu pembangkit listrik hanya dapat menghasilkan listrik selama ombak mengalir masuk dan mengalir keluar. Hal tersebut hanya terjadi kurang lebih 10 jam dalam sehari.


FUNGSI LUAR BIASA DARI GELOMBANG LAUT

1. Menjaga Kestabilan Suhu Dari Iklim Dunia

Jelas bahwa ombak lautan tidak dapat terjadi tanpa angin. Mula-mula menyebabkan riak di permukaan laut dan kemudian gelombang, Gelombang membantu meminimalkan suhu ekstrem di planet ini, memindahkan air dingin dari kutub, sementara pada saat yang sama bergerak air hangat dari khatulistiwa ke arah yang dingin.
 2. Melalui Permukaan Ombak, Terjadi Pertukaran Gas
Di permukaan gelombang laut, pertukaran gas terjadi dimana oksigen keluar dan karbon dioksida masuk ke dalam permukaan gelombang laut tersebut
 3. Meningkatkan kemampuan adaptasi dan kekuatan dari Makhluk hidup
Karena gelombang pecah di pantai, makhluk yang ada di laut harus lebih kuat dan lebih beradaptasi untuk bertahan tidak terbawa oleh ombak ke pantai. Tanpa gelombang, tidak akan ada sebagian spesies yang hidup di laut.
 4. Meningkatkan Adanya Keanekaragaman Hayati
Gelombang laut yang disebabkan oleh angin dan ombak memungkinkan penghuni laut agar larva/telur mereka diangkut dengan jarak yang jauh, sehingga muncul spesies baru dari hasil evolusi dan adaptasi dari makhluk laut yang terbawa gelombak laut tersebut

5. Gelombang Laut Membantu Adanya Hubungan Simbiosis Mutualisme 

Sementara gelombang Laut yang mengikis karang dengan terus menerjang pada mereka, organisme laut telah beradaptasi dengan ini dan menempel ke karang-karag tersebut sehingga disini membantu adanya penundaan pengikisan batu karang tersebut dalam hal ini terjadi hubungan simbiosis sejati.
 6. Gelombang Laut Membantu Membuat Pantai
Pantai diciptakan oleh pasir yang dibawa naik dari dasar laut oleh ombak, yang juga mencuci pasir dan dibersihkan. Pasir diaduk dan tersuspensi dalam air yang memungkinkan untuk diangkut ke pantai oleh ombak.

DAFTAR PUSTAKA
Aray.2017.gelombang laut sebagai alternatif energy.alpensteel.com dalam http://www.alpensteel.com/article/119-106-energi-laut-ombakgelombangarus/2153--gelombang-laut-sebagai-alternatif-energy (diakses19september2017)
Fatma.desy.2017. Samudera Atlantik : Pengertian, Letak, dan Karakteristik.ilmugeografi.com dalam https://ilmugeografi.com/ilmu-bumi/samudera/samudera-atlantik (diakses19september2017)
Rohman.Ali.Muhamad.2013. Gelombang Laut dan Manfaatnya.blogspot.co.id dalam http://alirohman11.blogspot.co.id/2013/03/gelombang-laut-dan-manfaatnya.html (diakses19september2017)
Riski,rahmat.2008. Jenis – jenis Gelombang Air. Rahmatriski.com dalam https://rahmatriski.com/2008/07/19/jenis-jenis-gelombang-air/ (diakses19september2017)

Krisna.ika.2014. PEMANFAATAN GELOMBANG LAUT SEBAGAI ENERGI ALTERNATIF PEMBANGKIT LISTRIK DI INDONESIA.blogspot.co.id. dalam http://lperwitasari.blogspot.co.id/2014/07/pemanfaatan-gelombang-laut-sebagai.html (diakses19september2017)






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.